14 Ciri ciri Laki Laki Sejati yang Layak Dijadikan Suami

Sosok lelaki selalu identik dengan sifat yang maskulin dan cara berfikir logis yang selalu nampak dalam kesehariannya. Namun kemudian hal tersebut sering kali tergeser karena adanya perubahan zaman yang membuat sifat seseorang tak selalu bisa dikaitkan dengan gender yang Ia sandang. Sebagai contoh nyata, kini ada banyak sosok laki-laki yang tega melakukan kekerasan bahkan hingga membunuh pasangannya hanya karena masalah yang cukup sepele. Banyaknya kejadian tersebut membuktikan bahwa ada banyak nilai dan norma yang kemudian mulai bergeser karena adanya banyak faktor yang terjadi di dalam sistem masyarakat kita saat ini.

ads

Sebagai seorang yang juga hidup di dalam masyarakat sosial, Anda sebaiknya mulai belajar untuk mengetahui ciri-ciri mana saja yang menunjukan bahwa seorang lelaki memiliki sifat dan sikap yang baik ataukah tidak. Secara umum, ada beberapa gambaran dan ciri—ciri laki-laki sejati yang dapat dijadikan sebagai patokan apakah lelaki tersebut layak untuk disebut sebagai seorang lelaki sejati.

1. Menghargai Wanita Secara Fisik dan Mental

Sosok lelaki sejati dapat dibuktikan bila Ia mampu menghargai wanita baik dari segi fisik maupun mental wanita tersebut. Menghargai dari segi fisik dapat dimaksud sebagai menjaga seorang wanita dengan tidak melecehkan wanita tersebut dan merendahkan fisik seorang wanita. Seorang lelaki sejati akan menghargai seorang wanita bukan karena keelokan fisiknya saja, namun dilandasi karena ketulusan hati yang dimiliki oleh lelaki tersebut.

Tak hanya dari segi fisik saja, namun seorang lelaki bisa dikatakan sebagai seorang lelaki sejati bila Ia mampu menghargai wanita dari segi mentalnya juga. Dalam hal ini dapat diartikan ketika seorang lelaku tidak pernah membentak seorang wanita meskipun mereka sedang menghadapi permasalahan yang cukup pelik. Hal yang akan dilakukan oleh seorang lelaki sejati bila sedang menghadapi permasalahan dengan seorang wanita ialah membicarakannya secara baik-baik tanpa menggunakan bahasa verbal yang kasar. Bentuk penghargaan terhadap wanita dan sesama merupakan sebuah bukti bila lelaki tersebut merupakan seorang lelaki sejati. Tentu saja, ia akan senantiasa memiliki sifat laki-laki dewasa di dalam dirinya.

2. Berani Mengambil Peran Sebagai Sosok Pemimpin

Sosok seorang lelaki sejati juga dapat dilihat dari sikap leadership yang Ia miliki. Seorang lelaki sejati tentu berani untuk mengambil peran sebagai sosok seorang pemimpin dan panutan untuk orang-orang di sekitarnya. Sikap tersebut sebenarnya merupakan sebuah sikap alamiah yang merupakan sifat dasar dari seorang lelaki. Tentu Anda patut berbangga apabila lelaki di sekitar Anda meerupakan seorang lelaki yang dapat dijadikan sebagai panutan dan teladan untuk orang-orang di sekitarnya.

DI sisi lain, kini mulai banyak sosok lelaki yang tidak dapat dijadikan panutan dan justru sering kali tidak patut dicontoh oleh orang-orang di sekitarnya. Pergeseran tersebut bisa terjadi juga karena adanya pengaruh dari luar yang membuat lelaki tidak lagi memiliki sifat yang dapat dijadikan sebagai sosok pemimpin. Bila seorang lelaki dapat memiliki sifat lelaki dengan kepemimpinan dan leadership yang tinggi, tentu Ia layak disebut sebagai sosok lelaki sejati.

3. Menghormati Keluarganya

Sosok lelaki sejati juga dapat dilihat ketika Ia mampu untuk menghargai keluarganya, terutama orang tuanya. Sifat positif semacam itu dapat menunjukkan bahwa lelaki tersebut memiliki sifat yang sangat positif dan layak disebut sebagai lelaki sejati. Menghargai keluarga adalah sebuah sikap yang harus dimiliki oleh para lelaki yang layak untuk dihormati.


Ciri tersebut akan sangat telrihat bila di sebuah keluarga, anak lelaki senantiasa menghargai orang tuanya ataupun seluruh keluarga lainnya. Nilai yang ditanamkan dalam keluarga tersebut berhasil membuat sang anak bertumbuh menjadi seorang lelaki sejati yang layak untuk diperjuangkan.

4. Bertanggung Jawab

Sosok lelaki sejati juga dapat dilihat dari sikap dan rasa bertanggung jawab yang Ia miliki dalam kehidupan sehari-hari. Seorang lelaki sejati tidak akan lari dari setiap permasalahan yang Ia hadapi. Namun sebaliknya Ia selalu menghadapi seluruh konsekuensi yang harus Ia tanggung dari sebuah permasalahan. Dalam hal ini, sikap berpikir logis sangatlah dibutuhkan oleh sosok lelaki tersebut.

Rasa tanggung jawab yang dimaksud juga berlaku bahkan ketika seorang lelaki melakukan kesalahan baik disengaja ataupun tidak disengaja. Ia tidak akan pernah sungkan untuk meminta maaf kepada pihak-pihak yang bermasalah dengan dirinya. Tentu saja hal ini mencerminkan bahwa lelaki tersebut adalah sosok lelaki sejati. Seorang lelaki sejati juga tidak takut untuk mengambil tanggung jawab untuk melindungi orang-orang di sekitarnya dan menjadi pemimpin yang baik dalam keluarga.

Meskipun perkembangan dan perubahan jaman masih terus terjadi, namun sikap seorang lelaki sejati sebaiknya tetap dijaga supaya dapat menjadi sosok panutan untuk orang-orang di sekitarnya. Kenali beberapa ciri ciri laki laki sejati supaya Anda selalu memiliki pandangan yang luas terhadap orang-orang di sekitar Anda.

,
Oleh :
Kategori : Pria