11 Cara Menghilangkan Rasa Curiga Terhadap Suami Wajib Dipahami Istri

Hallo girls, kembali lagi di artikel cintalia.com. Kali ini, cintalia.com akan membahas topic yang berbeda nih. Kalau untuk sebelum-sebelumnya cintalia banyak membahas mengenai hubungan pacar, tips mendapatkan pacar, tips kehidupan dan sejenisnya. Nah kali ini, artikel yang cintalia tulis akan disesuaikan dengan bulan baik yang banyak digunakan oleh pasangan-pasangan muda untuk menikah.

ads

Pernikahan memang indah ya girls, banyak diantara kita yang lahir di tahun 90-an satu persatu mulai menikah dan mendapatkan pasangan sesuai dengan kehendak masing-masing. Disini cintalia akan membantu kalian pasangan-pasangan muda maupun yang telah lama berumah tangga untuk dapat selalu menjaga keharmonisan. Salah satunya yakni dengan cara menghindari rasa curiga yang berlebihan terhadap suami. Girls, informasi ini sebaiknya kalian simak baik-baik sebagai pembelajaran. Semoga berguna ya. (Baca juga: Cara Menjaga Rumah Tangga Yang Baik)

  1. Sibukkan Diri Anda Dengan Hal Positif

Tips pertama yang harus anda lakukan adalah, menyibukkan diri dengan hal-hal yang positif. Girls, menjadi ibu rumah tangga itu bukanlah suatu hal yang buruk, namun jika kalian terus-terusan mencurigai suami anda yang sedang bekerja atau sedang sibuk dengan rekan kerja lawan jenis nya hal ini malah akan membuat suami anda tidak dapat bekerja dengan baik, reputasi nya pun juga akan menurun. Anda wajib untuk mencari kesibukkan yang positif jika anda memang murni seorang ibu rumah tangga, seperti memiliki sambilan online shop, menjadi penulis, dan kegiatan positif lainnya.

  1. Kehidupan Sinteron dan Kehidupan Nyata Harus Anda Bedakan

Poin kedua yang harus anda lakukan adalah sebisa mungkin membedakan antara sinetron dan kehidupan nyata. Jika anda sering menonton sinetron, secara tidak sadar pikiran-pikiran dan perilaku negatif dari segala hal yang anda tonton akan masuk dan mengubah pola piker maupun cara bersikap anda terhadap suami. Karakter seseorang yang terbentuk karena seringnya menonton sinetron dengan drama-drama berlebihan justru harus dihindari karena tidak baik untuk hubungan rumah tangga. Paling tidak, anda harus pintar-pintar membedakan, mana yang harusnya dipikirkan dengan logika tanpa sifat dan sikap kekanak-kanakan mana yang dapat anda serap ilmunya untuk dapat membuat hubungan anda semakin harmonis. (Baca juga: Penyebab Keluarga Tidak Harmonis)

  1. Menjadi Seorang Pemaaf

Poin Ketiga yakni anda wajib menjadi seseorang yang pemaaf. Berlapang dadalah atas segala hal yang memberatkan pikiran dan kehidupan anda. Setiap orang pasti pernah melakukan kesalahan, bahkan seringkali suami anda melakukan kesalahan secara berulang-ulang. Ketidaksesuaian dengan harapan anda inilah yang harus anda lapang dada kan. Mungkin ada solusi terbaik untuk menyamakan pendapat atau membuat suami anda tidak melakukan kesalahannya lagi. Sebagai seorang istri, pasti akan banyak tersedia kata maaf untuk seorang suami. Maklumilah setiap kegagalan dan kesalahan yang diperbuat oleh suami anda. Maka anda akan menjadi seseorang yang lebih bijak dalam mengambil keputusan dan solusi pemecahannya.

  1. Mengendalikan Pemikiran dan Kontrol Diri

Poin berikutnya adalah dengan cara mengontrol diri anda sendiri dari berbagai macam pikiran. Pikiran negatif yang dapat merusak pikiran anda akan segala hal baik yang dimiliki oleh suami anda akan menjadi semakin sering anda rasakan jika tidka dikontrol oleh diri anda sendiri. Oleh karena itu, perlu bagi anda untuk mendewasakan diri dan pikiran anda.


Jika pada suatu ketika anda terbawa emosi, kontrol emosi anda dan pikirkan cara terbaik untuk membicarakan permasalahan tanpa adanya pertengkaran dan emosi. Karena suami andapun juga merupakan seseorang yang dapat diajak berbicara jika lawan bicaranya tenang dan tidak emosional.

  1. Jangan Pernah Membanding-bandingkan Pasanganmu Dengan Lainnya

Poin kelima merupakan poin penting berikutnya yang dapat membuatmu semakin bertambah curiga jika tidak mengontrol dan mengendalikannya dengan baik. Membanding-bandingkan pasangan si A dengan si B, membandingkan pasangan orang lain dengan pasangan anda. Nah ini merupakan suatu contoh yang sangat wajib untuk dihindari. Setiap orang memiliki pembeda. Suami anda berbeda dengan pasangan lain yang anda lihat dan anda bandingkan.

Kesibukan yang berbeda, pikiran yang berbeda, pekerjaan yang berbeda, cara pikir yang berbeda, kehidupan yang berbeda dan latar belakang yang berbeda pula. Jadi anda akan salah besar jika memiliki pikiran curiga hanya karena membandingkan beberapa pasangan yang anda ketahui. Perjuangan berbeda yang dilalui oleh setiap pasangan akan secara otomatis membentuk pribadi dan kedekatan hubungan pasangan itu sendiri. Jadi disarankan untuk anda menghindari pikiran membanding-bandingkan dan buatlah keseruan-keseruan kecil untuk mengindari suasana tegang di rumah tangga anda, karena suami anda sangat benci dibanding-bandingkan

  1. Toleran Dalam Berpikir

Poin keenam ini hampir sama dengan sifat memaafkan yang ada pada poin ketiga, namun sifat toleran ini biasanya berhubungan lebih kepada memberikan waktu terhadap pasangan untuk menjelaskan segala kondisi rumit yang terjadi. Sebuah komunikasi sangat diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan pelik. Jadi untuk anda, sebagai seorang istri wajib untuk menanyakan detail kejadian namun jangan menuntut hingga memojokkan seorang suami, karena suami anda akan sangat tidak nyaman untuk menceritakan dengan jelas jika telah terpojok. Jadilah penyabar dan toleran, dengarkan segala penjelasan dan berbaikanlah dengan keadaan dan suami anda.

  1. Berpikirlah Jauh Kedepan

Ketika anda merasa sangat emosi karena suami anda sulit untuk dihubungi, dan hari sudah larut malam. Anda pasti akan merasa sangat kesal dan marah. Banyak hal yang mungkin saja terjadi di dalam perjalanan suami anda menuju ke rumah. Selain anda harus berpikir positif, anda juga wajib untuk berpikir jauh kedepan. Memperkirakan jika jam-jam macet memang akan sangat memungkinkan suami anda telat pulang. Berpikiran jauh kedepan juga akan membantu anda untuk tidak tersulut emosi jangka pendek yang malah akan menjerumuskan anda pada pemikiran negatif.

  1. Hibur dan Kenali Diri Anda

Jika anda telah mengenali diri anda, maka andapun juga akan dengan mudah mengambil sikap terhadap apa yang telah anda pikirkan. Mengenali diri anda merupakan seorang pencemburu dan pencuriga, berarti disini anda wajib untuk menghibur diri dengan kata-kata positif dan juga hal positif lainnya. Menghibur diri dengan memasak masakan kesukaan suami anda juga merupakan pengalihat pikiran negatif berkat pengenalan diri anda.

Mengenali diri sama halnya dengan mencari jati diri dan menyadari diri bahwa diri sendiri sering berpikiran negatif. Dengan begitu, jika anda sedikit saja berpikiran negatif, maka pengenalan diri anda akan sangat paham karena anda sendiri yang memulai curiga, maka anda pula yang harus menyelesaikannya dengan tanpa masalah yang berlarut-larut.

  1. Hindari Tuduhan-tuduhan Negatif Kepada Pasangan Anda

Pasangan anda merupakan manusia yang juga memiliki kebebasan untuk bergaul. Sudah seharusnya bagi anda seornag istri untuk memberikan kepercayaan kepada suami selama dia tidak berada di sisi anda. Jika anda memiliki rasa curiga dan cemburu kepada pasangan anda, jangan pernah sekali-kali anda menuduh pasangan anda dengan tuduhan yang bukan-bukan. Ungkapkanlah dengan cara yang baik, komunikasikan dengan nada rendah yang tidak memicu emosi kedua belah pihak. Dengan begitu, suami anda pun akan semakin paham dan menghargai perasaan anda jika memang pergaulannya terlalu lewat batas.

  1. Percayalah Pada Pasangan Anda

Memberikan kepercayaan pada seseorang memang bukanlah suatu hal yang mudah, namun kalau anda diposisi seorang istri hal ini sudah menjadi kewajiban bagi anda. Mempercayai suami merupakan kewajiban seorang istri, karena suami pun juga sebaliknya, suami menanggung segala beban pekerjaan, dan mencari nafkah hanya untuk menghidupi anda dan keluarga anda. Jadi rasa saling percaya merupakan hal wajib.

Anda tidak mungkin dapat memantau setiap gerak-geriknya, kemana perginya suami anda dan juga pembicaraan apa yang sedang suami anda lakukan. Yang bisa anda lakukan hanya percaya. Jika anda dapat dipercaya oleh suami anda, maka suami andapun akan terbentuk dengan menjadi seseorang yang penuh tanggung jawab dan dapat dipercaya oleh anda.

  1. Bergaulah Dengan Lingkungan Yang Baik

Biasanya, ada suatu masalah timbul disebabkan karena kondisi lingkungan yang kurang mendukung. Begitu juga dengan isu tidak sedap yang beredar. Jika anda merupakan seorang ibu rumah tangga tanpa pekerjaan sampingan, anda wajib untuk mencari kesibukan disela-sela kesibukan rumah tangga harian anda. Karena jika anda tanpa kesibukan dan menjadi seseorang yang suka berkumpul dengan ibu-ibu rumah tangga yang lain, maka di lingkungan tersebut akan sering tercipta suasana tidak enak karena adanya pemikiran negatif dari ibu rumah tangga satu kepada ibu rumah tangga yang lainnya. 


Oleh karena itu, sebaiknya anda menghindari lingkungan yang tidak baik, yang sering menyebarkan gossip tidak benar dan membuat rumah tangga seseorang atau rumah tangga anda menjadi berantakan. Ciptakan keyakinan dan ubahlah gaya hidup anda agar lebih kreatif dan bermanfaat bagi terciptanya rumah tangga yang harmonis.

Informasi dan tips mengenai cara menghilangkan rasa curiga terhadap suami telah diulas tuntas pada sebelas poin diatas. Cintalia berharap, anda dapat mengambil hikmah agar informasi ini dapat berguna bagi anda yang memiliki permasalahan terhadap kecurigaan.

Baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Curiga Terhadap Pasangan

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 30th, October 2017 / 03:23 Oleh :
Kategori : Suami Istri