Inilah 10 Alasan Wanita Takut Menikah dan Memilih hidup Melajang

Setiap wanita biasanya sangat mendambakan sebuah pernikahan. Mungkin memang sudah naluriah para wanita ini menginginkan pernikahan. Selain itu, faktor lain juga ikut memengaruhi wanita untuk segera menikah. Bisa itu desakan orang tua, usia, kewajiban menikah dalam islam, dan lain sebagainya.

ads

Namun, tahukah kamu kalau tidak semua wanita ingin menikah? Beberapa di antaranya malah merasa takut untuk melakukannya. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Berikut alasan wanita takut menikah dan memilih hidup melajang.

1. Trauma disakiti oleh pria

Ini adalah alasan yang cukup sering diutarakan wanita ketika memutuskan tidak ingin menikah. Rasa trauma yang teramat dalam telah membuatnya takut terhadap makhluk yang bernama pria. Trauma tersebut didapatkan karena kekerasan secara fisik maupun secara mental. Akibatnya, wanita tersebut tidak percaya lagi dengan pria.

2.  Tidak ingin dikekang oleh suami

Bagi perempuan karir biasanya belum terlalu memikirkan untuk menikah. Mengapa bisa seperti itu? Sebab mereka bisa melakukan apapun yang dia mau tanpa ada yang mengekang. Nah, jika menikah, maka dia akan selalu berpikir untuk harus mengabdi kepada suami atau tetap melanjutkan karirnya. Lalu bagaimana jika suami melarangnya untuk bekerja? Pemikiran-pemikiran semacam itu akan selalu diingat oleh wanita karir. Apalagi jika karirnya sedang di puncak, mungkin pernikahan hanyalah angan-angan saja.

3. Lebih memilih mengurus keluarga

Alasan berikutnya adalah lebih sibuk untuk mengurus keluarganya. Beberapa wanita juga bekerja demi kelangsungan hidup keluarganya. Bisa itu karena orang tuanya maupun saudaranya yang sakit sehingga mereka sangat bergantung sekali dengannya. Jika menikah, dia takut kewajiban anak perempuan kepada orang tua setelah menikah tidak bisa lagi dilakukan lagi.  Oleh sebab itu, dia memilih untuk tidak memikirkan pernikahan dan memilih bagaimana cara membahagiakan orang tua.

4. Sudah mandiri

Mempunyai jabatan tinggi di perusahaan, secara finansial tidak ada masalah, dan berpendidikan tinggi. Wanita yang sudah memiliki hal-hal-semacam itu sudah dikatakan mandiri. Saking mandirinya, wanita-wanita semacam itu sudah tidak membutuhkan sosok pria di kehidupannya. Itupun belum ditambah wanita tersebut sudah mendedikasikan hidupnya untuk bekerja. Maka dari itu pernikahan sudah bukan lagi target hidupnya.

5. Lebih banyak berteman dengan wanita yang melajang

Pengaruh lingkungan juga dapat membuat seseorang berubah. Ketika berkumpul dengan para wanita yang masih belum menikah dan mereka terlihat bahagia, maka kamu pun akan berpikir kalau mereka dapat bahagia meskipun belum menikah. Itupun belum ditambah cerita dari masing-masing wanita tersebut yang ternyata adalah korban kekerasan dari pria. Makin malaslah kamu untuk menikah.

6. Takut mengalami kegagalan

Ketika dua insan memutuskan untuk menikah, maka itu merupakan keputusan yang bukan main-main. Sebab pernikahan adalah puncak dari bersatunya cinta sejati dua insan manusia. Maka dari itu, adalah hal yang wajar jika pernikahan membutuhkan kesiapan baik secara mental maupun fisik.

Nah, beberapa wanita yang belum siap secara mental akan memikirkan matang-matang untuk menikah. Sebab dia takut mengalami kegagalan dalam membina rumah tangga apalagi sampai mengalami tanda-tanda perceraian dalam rumah tangga. Gagal dalam pernikahan tidak semudah minta putus dengan pacar. Banyak hal yang harus dipertimbangkan. Oleh sebab itu, dia tidak mau buru-buru untuk menikah.

7. Belum menemukan calon yang cocok dengannya

Bisa jadi wanita tersebut belum menikah karena belum menemukan calon yang pas dengannya. Biasanya ini dialami oleh wanita karir. Sebab kriteria calon pengantin untuk wanita karir biasanya harus sama derajatnya dengan dia. Jika masih belum menemukan calonnya, maka sudah bisa ditebak kan ?


8. Tekanan orang tua

Tekanan orang tua juga bisa membuat kamu jadi tidak ingin menikah. Contohnya, ketika kamu sudah menemukan calon yang cocok denganmu, akan tetapi orang tua melarangnya. Hal tersebut tentu saja membuatmu geram. Kecuali jika calonmu itu tetap “keukueh” dan berusaha melakukan cara meluluhkan hati orang tuamu itu beda lagi ceritanya. Bagaimana kalau calonmu itu menyerah dan kamu sudah dijodohkan dengan pilihan orang tuamu? Keputusan yang biasanya diambil adalah sendirian dan tidak membahas penikahan.

9. Kelainan seksual

Seperti yang sudah diketahui kalau di Indonesia, hubungan sejenis sangat dilarang. Tahukah kamu kalau manusia yang memiliki kelainan seksual itu masih ada? Hanya saja orang-orang ini lebih banyak menutup dirinya, dan lebih memilih untuk tidak menikah dengan alasan mengejar karir, trauma, dan sebagainya.

10. Pernikahan itu merepotkan

Hampir sama dengan poin-poin sebelumnya, Wanita yang sudah mandiri tidak begitu menginginkan pernikahan. Sebab hal-hal semacam mengurus rumah tangga, mengurus anak maupun suami adalah hal-hal yang sangat merepotkan. Maka dari itu, buat wanita yang berpikir seperti itu akan memilih untuk menunda pernikahan.

Itulah wanita takut menikah dan memilih hidup melajang. Pernikahan memang adalah sebuah awal dari kehiupan yang baru untuk pasangan hidup. Keputusan apakah wanita ingin menikah atau hidup melajang itu merupakan keputusan yang mereka ambil. Sebab orang yang merasakan kebahagiaan adalah mereka sendiri, bukan orang lain. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi yang bermanfaat untuk kamu semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Wanita