Simak 5 Penjelasan Mengenai, Apa Itu Influencer Instagram?

Apa itu influencer instagram? Jawabannya tidak jauh berbeda dengan pertanyaan apa itu social media influencer dan apa itu beauty influencer. Hanya ada sedikit perbedaan pada ketiga pertanyaan tersebut. Sejatinya seorang influencer itu harus memiliki minimal 3.000 followers aktif pada akun media sosial pribadinya. Itu adalah salah satu syarat untuk menjadi seorang influencer yang bisa berpenghasilan di beberapa akun media sosial seperti instagram. Cukup banyak pemilik akun instagram yang sukses menjadi influencer dan membuat banyak orang tergiur untuk mengikuti jejaknya. Berikut penjelasan mengenai apa itu influencer instagram.

  1. Mereka adalah pemilik akun yang sukses dan aktif di instagram.

Seorang influencer instagram adalah orang yang memiliki akun instagram dengan memiliki pengikut minimal tiga ribu pengikut. Akun tersebut mereka manfaatkan untuk mencari penghasilan yang bisa di dapat dengan hanya membuat postingan mengenai produk tertentu. Influencer yang sukses di instagram akan mendapat banyak keuntungan dan akan dicari oleh pihak yang membutuhkan jasa mereka untuk pemasaran. Tentu ada syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi seorang influencer terpilih. Setidaknya mereka bisa mempengaruhi ribuan followers untuk membeli produk atau menggunakan sebuah jasa yang dipromosikan.

  1. Influencer instagram memiliki kemampuan mempengaruhi sekian banyak pengikutnya.

Kelebihan dari influencer instagram adalah mereka memiliki kemampuan dalam mempengaruhi penilaian orang lain terhadap suatu produk atau opini. Pendapat, opini dan review mereka akan direspon dengan baik oleh pengikutnya. Dengan pernyataan yang mereka publikasikan, banyak orang yang memberikan respon positif seperti mencoba melakukan hal yang sama dengan tips yang diberikan influencer atau tertarik dengan poduk yang digunakan oleh influencer dalam sebuah video tutorial. Seorang influencer juga dikenal dengan kejujurannya dalam memberikan penilaian menurut pengalaman pribadinya. Itulah mengapa banyak influencer instagram mendapat tawaran dari endorsement untuk memberikan penilaian terkait produk mereka guna menjangkau konsumen dan meningkatkan penjualan produk tersebut.

  1. Instagram adalah tempat mereka mempromosikan produk.

Mereka menggunakan instagram sebagai media untuk mempromosikan suatu produk dari brand tertentu. Mengapa instagram? Karena instagram adalah media sosial yang berbasis gambar sehingga lebih efisien dalam memasarkan produk dan juga konten terlihat lebih menarik secara visual. Terbukti dengan banyaknya platform dan pelaku bisnis yang memanfaatkan media sosial instagram untuk melancarkan dan mengenalkan bisnis mereka. Jika lebih diteliti lagi, akun instagram memang kurang cocok digunakan sebagai akun pribadi yang menampilkan swafoto atau foto selfie. Apalagi foto yang diunggah sangat tidak instagramable, kecuali seorang publik figur yang memiliki banyak penggemar.

  1. Satu postingan di instagram mereka akan mendapat bayaran mahal.

Seorang influencer instagram yang sukses akan mendapatkan bayaran mahal hanya dari satu postingan saja. Seorang influencer yang memiliki 3.000-an hingga 10.000 followers bisa mendapat bayaran sebesar Rp 950.000 hingga Rp 1.200.000 per postingan produk yang mereka unggah. Sementara mereka dengan akun yang memiliki 50.000 hingga 100.000 juta followers, satu portingannya saja bisa dihargai Rp 4,5 juta hingga 6,5 juta rupiah. Penghasilan yang sangat menggiurkan bukan? Tak heran cukup banyak orang yang mencoba menjadi seorang influencer dengan mulai meniti karir dengan cara jadi selegram instagram atau belajar cara jadi seorang youtuber dengan tujuan yang sama karena penghasilan dari youtube juga tidak kalah dengan instagram ini.

  1. Para influencer instagram mampu membidik target pasar dengan tepat.

Para pebisnis tahu bahwa lewat para influencer ini mereka bisa menentukan target pasar secara tepat, cepat dan efesien. Kenapa? Karena para influncer instagram biasanya akan memiliki followers sesuai dengan bidang yang ia tekuni. Seperti influencer dalam bidang fashion, akunnya akan di-follow oleh orang yang juga menyukai dunia fashion mode dan menjadikan sang influncer ini sebagai trendsetter-nya. Sehingga ia akan mengikuti setiap fashion style dari si influencer ini. Dari sini bisa ditentukan target pasarnya adalah wanita, direntang usia 18 hingga 40-an misalnya. Dan para pebisnis yang berkecimpung dalam industri mode akan memilih influencer ini karena para pengikutnya sesuai dengan target pasar dari produk fashion. Demikianlah kenapa influencer ini laris untuk menjalankan stategi pemasaran. Hal ini juga berkaitan dengan sifat generasi milenial yang melek digital dan memiliki sifat konsumtif terhadap produk – produk baru.

5 hal diatas telah menjelaskan apa itu influencer instagram yang saat ini tengah melejit didunia marketing digital dan terkenal memiliki penghasilan besar. Seorang influencer ini biasanya memulai karir dari menjadi seorang blogger atau vlogger yang memang memiliki ketertarikan dalam bidang tertentu. Jadi mereka yang sukses juga melalui proses yang tidak mudah. Ketahui juga penyebab gaya hidup konsumtif di era digital ini yang juga menjadi salah satu ciri-ciri generasi milenial.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup