10 Ciri-Ciri Generasi Milenial pada Kaum Muda

Generasi milenial adalah mereka yang lahir pada tahun 1980-an hingga tahun 2000 yang dinamakan juga dengan generasi Y dan Echo Boomers. Nama milenial untuk generasi ini dicetuskan oleh penulis bernama William Strauss dan Neil Howe. Kehadiran generasi milenial sangat mempengaruhi media komunikasi dan penggunaan teknologi digital dunia. Mereka juga tumbuh dengan karakteristik yang berbeda dari generasi sebelumnya, Gen-X. Berikut adalah ciri-ciri generasi milenial pada umumnya.

  1. Melek dengan kemajuan media dan teknologi digital.

Generasi milenial hidup di era kemajuan teknologi yang amat pesat. Mereka yang lahir pada zaman ini sangat mengenal dengan baik yang namanya teknologi. Mereka memiliki kemampuan untuk mengikuti perkembangan zaman dan teknologi dengan baik. Mereka bisa mengenal dunia dengan gadget yang ada di tangan mereka. Mereka mengetahui dengan cepat berbagai informasi dari belahan dunia dengan mudah.

  1. Gaya hidup serba instan.

Gaya hidup yang serba mudah dan instan sudah menjadi ciri-ciri generasi milenial paling umum. Berkat teknologi yang ada mereka bisa memenuhi kebutuhan dengan sekali akses. Segala kebutuhan seperti daftar belanjaan, makanan, transportasi, pembayaran tagihan, obat-obatan dan hampir seluruh kebutuhan generasi ini bisa dipenuhi dengan sekali akses, yakni melalui gadget yang dimilikinya. Semua serba instan dan mereka tidak perlu menghabiskan waktu dan tenaga untuk mendapatkan semua keperluannya.

  1. Lebih kritis dalam menyikapi informasi baru.

Generasi ini tidak akan menerima suatu informasi dengan menerimanya mentah-mentah. Ia bersikap lebih kritis terhadap segala informasi yang ia dapat. Ia akan mencari lebih banyak tentang suatu berita dan mengecek kebenerannya.

  1. Menyukai hal-hal baru dan pengalaman baru.

Mereka yang lahir pada generasi ini tergolong menyukai tantangan dan hal-hal baru. Mereka akan sangat antusias dengan berbagai perubahan. Traveling ke tempat-tempat yang belum di jamah dan hunting makanan dan resto dengan menu baru dan unik merupakan hobi generasi milenial. Menciptakan suatu ide menarik dan peluang baru juga merupakan bakat dari mereka yang masuk dalam golongan generasi milenial.

  1. Wajib punya akun di media sosial.

Memiliki media sosial sudah menjadi suatu keharusan bagi kaum milenial ini. Media sosial menjadi tempat multifungsi bagi mereka. Mulai dari menyambung silaturrahmi, mendapat dan berbagai informasi hingga tempat mereka mencoba mencari pemasukan dengan berjualan online. Mereka

  1. Memiliki sifat konsumtif dan juga produktif.

Sifat konsumtif terhadap barang baru menjadi ciri-ciri generasi milenial yang paling kentara. Cara berbelanja online dengan sekali klik dalam genggaman menjadi salah satu pemicu utama sifat konsumtif mereka. Penyebab gaya hidup konsumtif karena mereka membeli barang bukan lagi karna kebutuhan, tapi karena keinginan memiliki produk yang sedang tren dikalangan generasi ini. Padahal mereka sangat menyadari bahaya hidup boros namun mengabaikan tips mengatur keuangan rumah tangga. Disisi lain, kebanyakan dari generasi ini juga tergolong produktif. Mereka mampu menghasilkan inovasi baru dan lahir menjadi pebisnis dan pengusaha sukses dengan ide kreatif yang dimilikinya. Mereka mampu menciptakan sesuatu yang unik bernilai tinggi.

  1. Gadget menjadi benda paling penting.

Gadget tidak bisa dipisahkan dari diri mereka. Satu hari saja tanpa gadget akan membuat mereka uring-uringan. Bisa dibilang mereka sudah ketergantungan gadget. Mereka juga selalu ingin memiliki gadget keluaran terbaru agar tidak ketinggalan. Mereka juga akan mencari banyak hal yang mereka inginkan dari gadget. Mulai dari film terbaru, lagu terbaru, resep masakan, tutorial make up sebagai cara berpenampilan menarik, tips gaya hidup sehat hingga tutorial lainnya. Dengan kata lain gadget bagaikan jendela dunia bagi mereka.

  1. Lebih ekspresif dan berani.

Ciri-ciri generasi milenial lainnya adalah mereka lebih bisa mengekspresikan diri. Ia bebas dalam mengeluarkan pendapat dan opini dan juga bebas dalam mengeksplor bakat yang mereka miliki. Mereka juga lebih berani dalam unjuk diri untuk mendapatkan hak dan menyalurkan keinginan mereka.

  1. Bersifat individual.

Bisa kita lihat kemana pun pergi generasi muda sibuk dengan aktivitasnya masing-masing. Lebih mementingkan gadget yang mereka genggam. Mereka menjadi kurang peduli dengan lingkungan sekitar mereka berada. Mereka juga tidak peduli dengan orang tua yang berada disebelah mereka.

  1. Selalu update.

Generasi ini juga selalu update dan mendapatkan berbagai informasi dari kejadian terkini dengan cepat. Hal ini karena mereka selalu membagikan segala informasi dan berita yang di dapat dengan cepat melalui akun media.

Dari 10 ciri-ciri generasi milenial diatas mungkin kita juga termasuk di dalamnya dan menjadi bagian dari generasi milenial. Menjadi melek teknologi juga memiliki sisi negatif jika itu ada ditangan generasi muda yang belum cukup umur. Seperti dampak negatif KPOP misalnya yang menjadi pengaruh besar dalam pola tingkah laku generasi muda yang tidak tahu cara mengendalikan diri dalam menyaring budaya luar.

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup