Kenali 9 Sifat Generasi Milenial Masa Kini

Generasi yang lahir pada era dan zaman yang berbeda memiliki perbedaan-perbedaan dari segi sifat dan gaya hidup. Gen-x yang merupakan generasi sebelum milenials tidak hidup dengan fasilitas teknologi digital dan komunikasi yang baik. Sementara para milenials hidup dalam masa dimana media digital dan komunikasi terus berkembang yang terus memfasilitasi dan menyokong segala kebutuhan generasi ini. Tanpa disadari sifat dari generasi milenials juga dipengaruhi oleh perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus dalam pembaharuan. Berikut kenali beberapa sifat generasi milenial masa kini.

  1. Memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Kemudahan dalam mengakses media digital membuat kaum milenial memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Semua informasi yang ingin ia ketahui bisa ia dapatkan dalam waktu singkat. Kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dunia itu mampu menjawab semua rasa keingintahuan mereka dan akan terus muncul keingintahuan lainnya seiring bertambahnya ilmu yang mereka dapatkan secara instan melalui internet.

  1. Memiliki sifat konsumtif.

Membeli dan memiliki barang produksi terbaru sudah menjadi kebiasaan bagi kaum milenial. Kecenderungan dalam menyukai nilai materialistislah yang  menjadi penyebab gaya hidup konsumtif pada mereka. Mereka suka menimbun barang karena setiap ada barang baru ia akan membelinya yang pada akhirnya tidak memiliki manfaat. Meski tahu demikian, sifat ini masih saja melekat dan sulit untuk dikendalikan karena selalu tergiur dengan produk di online shop yang menawarkan kemudahan dalam berbelanja. Salah satu cara mengendalikan diri dalam berbelanja adalah dengan mengetahui bahaya hidup boros yang bisa menggiring pada kemiskinan dan masa depan suram.

  1. Jarang menabung dan berinvestasi.

Sifat konsumtif yang dimiliki generasi milenial membuat mereka jarang untuk menabung. Uang yang mereka miliki habis untuk memenuhi gaya hidup yang diatas rata-rata. Bisa mengikuti tren menjadi prioritas utama dalam mencari uang dibanding menabung dan berinvestasi untuk masa depan. Mereka lebih senang menyimpan uang demi bisa traveling ke tempat-tempat wisata menarik yang instagramable. Mendapat pengalaman seru dan berkesan seakan menjadi tujuan hidup mereka. Dengan demikian para milenials harus banyak tahu cara mengatasi masalah keuangan dengan baik.

  1. Ketergantungan pada akses internet dan produk digital.

Jaringan internet lemot dan mati menjadi masalah besar bagi mereka. Bagaimana tidak, sebagian besar aktivitas sehari-hari mereka dihabiskan dengan bermain game online, membuka media sosial, menonton video streaming yang bagi mereka lebih menarik dari pada menonton TV. Belum lagi mereka yang harus memesan ojek atau taxi online untuk berpergian dan jasa delivery yang jelas membutuhkan akses internet. Untuk berkomunikasi pun lebih mengandalkan data internet atau WIFI untuk chattingan dan video call.

  1. Lebih cerdas dan bisa menguasai banyak hal.

Generasi ini tumbuh dengan fasilitas pendidikan yang baik dan rata-rata mereka mengenyam pendidikan tinggi. Jelas pendidikan yang layak membuat mereka tumbuh menjadi generasi cerdas dengan banyaknya suntikan ilmu pengetahuan dari berbagai bidang. Pendidikan non akademis juga banyak mereka dapatkan hanya dengan belajar secara otodidak melalui buku dan internet. Tak heran mengapa generasi milenial mampu menguasai beberapa bidang pekerjaan.

  1. Lebih suka bersosialisasi di dunia maya.

Generasi milenial lebih senang bersosialisasi di dunia maya dibanding dengan lingkungan sekitarnya. Mereka aktif dibeberapa grup dan jejring sosial namun cenderung cuek dengan lingkungan sekitarnya. Hal ini sedikit banyaknya juga mempengaruhi etika dan tata krama dalam kehidupan sehari-hari. Bermain gadget lebih diutamakan dibanding bertegur sapa atau membantu orang-orang sekitar. Bahkan media sosial menjadi cara cepat mendapatkan pacar bagi mereka yang jomblo.

  1. Percaya diri dan narsis.

Mereka terbilang narsis dan memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Mereka suka berbagai foto dan video yang mereka miliki dengan teman-teman di dunia maya. Mereka juga tidak malu mengekspresikan diri dan kemampuannya melalui video yang di unggah sendiri. Juga lebih berani dalam menyampaikan opini dan pendapat.

  1. Lebih santai dan fleksibel.

Kaum milenial cenderung lebih santai dan fleksibel dalam menjalani hidup. Mereka kurang suka keterikatan yang membuat waktu mereka tersita lebih banyak. Keseimbangan antara bekerja dan bersantai cukup penting karena begitulah gaya hidup mereka. Meski terbilang santai, mereka tergolong bergerak cepat dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

  1. Suka berkreasi dan kreatif.

Generasi ini terbilang suka berkreasi dengan hobi yang mereka tekuni. Banyak karya yang dihasilkan generasi milenial yang membuat banyak orang berdecak kagum menikmati hasilnya. Hal itu juga karena kreatiftas mereka mendapat tempat di tengah masyarakat serta kemudahan dalam mengenalkan hasil karya dan ide mereka ke seluruh penjuru.

Demikianlah 9 sifat generasi milenial yang menarik di masa kini yang banyak dijumpai pada sebagian besar masyarakat berusia muda. Apakah kamu juga termasuk bagian dari generasi milenial? Ketahui melalui ciri-ciri generasi milenial pada kaum muda masa kini.

, ,
Oleh :
Kategori : Gaya Hidup