8 Sifat Orang Betawi, Tegas tapi Penyayang, lho!

Indonesia adalah negeri yang memiliki beragam suku budaya yang terbentang dari sabang sampai merauke. Tiap daerah memiliki suku yang berbeda, hal ini menjadikan Indonesia semakin unik dan kaya adat istiadat serta warisan budaya leluhur. Meski ada pembagian sifat manusia berdasarkan bulan lahir dan sifat berdasarkan zodiak, namun perbedaan suku ini jika diperhatikan juga membuat karakter dan sifat orangnya juga berbeda. Contohnya saja, suku batak dikenal keras, sementara suku sunda dikenal lembut dan ramah. Nah, bagaimana dengan suku betawi?

Orang betawi adalah mereka yang merupakan penduduk asli Jakarta. Namun kini mereka orang-orang betawi sudah banyak tersebar ke berbagai daerah lainnya dan hidup berbaur dengan penduduk dari suku-suku lainnya di Indonesia. Nah, berikut adalah beberapa sifat orang betawi yang perlu kamu ketahui sekaligus menarik untuk disimak. Ya, mungkin saja kamu akan berhubungan baik dengan orang betawi ini. Tapi kalau gebetan kamu adalah orang India, pelajarilah sifat-sifat pria India.

1. Religius

Orang betawi dikenal lebih religius dan taat pada agama Islam yang mayoritas dianut oleh suku ini. Terlihat dari banyaknya orang betawi yang mengadakan acara-acara keagamaan seperti pengajian, menjalankan tradisi-tradisi keislaman, bahkan banyak juga grup-grup marawis, qasidah dan kesenian Islam lainnya yang ditekuni orang betawi.

2. Terkenal Menjunjung Sopan Santun

Meski tinggal di daerah ibukota yang banyak mendapat pengaruh berbagai budaya luar, namun orang betawi terkenal santun kepada orang tua. Tak peduli usianya telah dewasa, mencium tangan orang tua tetap dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada orang-orang yang lebih tua.

3. Memiliki Sifat Toleransi yang Tinggi

Seperti yang bisa kita lihat, orang betawi yang tanah kelahirannya menjadi ibu kota besar negara harus hidup berdampingan dengan banyak suku bangsa dan budaya. Dengan segala perbedaan tersebut mereka bisa hidup berdampingan dengan rukun, tak peduli perbedaan suku hingga keyakinan yang dianut tetangga. Orang betawi bisa menerima segala perbedaan berkat sifat toleransinya yang tinggi.

4. Senang Berbagai pada Sesama

Satu lagi sifat orang baik yang patut kita tiru adalah sifat mereka yang senang berbagai dengan sesama. Terlihat dari kebiasaan orang betawi yang gemar bersilaturrahmi dengan siapa saja yang mereka kenal. Budaya silaturrahmi ini seakan sudah mendarah daging dalam diri orang betawi yang juga senang bergaul dengan siapa saja.

5. Tegas dan Berpendirian

Pernah dengan dialeg asli orang betawi? Mungkin sebagian dari kita merasa mereka adalah orang yang galak dan keras. Padahal tidak tidak juga kok. Justru cara merekaa berbicara ini juga bisa menunjukkan sifat mereka yang tegas da berpendirian kuat.

6. Penyayang

Dibalik pembawaan orang betawi yang keras dan tegas, namun sebenarnya mereka memiliki sifat penyayang. Terlihat dari sifat mereka yang berbagi dengan sesama. Bukankah itu menunjukkan suatu kepedulian dan juga kasih sayang terhadap sesama? Karena itu, jangan nilai seseorang dari tampang luarnya saja ya.

7. Apa Adanya dan Suka Berterus Terang

Sifat orang betawi yang juga harus kamu tahu adalah sifat apa adanya. Ia akan mengekspresikan apa yang ia rasakan apa adanya. Begitu juga dengan apa yang mereka katakan. Sebagian kita yang bertemu orang betawi dengan sifat seperti ini akan melihat bahwa mereka ceplas ceplos dan tak bisa mengontrol sikap dan perasaan.

Memang begitulah adanya sifat asli orang betawi ini. Jadi, jika ada orang betawi yang marah karena kesalahanmu, jangan marah. Justru mereka demikian agar kamu sadar dengan kesalahan sendiri dan bisa memperbaiki diri.

8. Jiwa Sosial yang Tinggi

Orang betawi selain penyayang dan blak-blakan, mereka juga dikenal memiliki sifat welas asih dan sosial yang tinggi. Mereka mau berbagi untuk orang lain meski ia harus mengorbankan sedikit apa yang mereka miliki. Sifat sosial mereka tentu masih berhubungan dengan sifat toleransi yang mereka miliki.

Itulah 8 sifat orang betawi yang perlu kita ketahui. Jadi, saat bertemu dengan orang betawi, jangan salah menilai dari luar saja ya. Sepertinya ciri-ciri teman yang baik dan tulus ada pada diri orang-orang betawi ya? Karena apa yang kita lihat sepintas tidak akan menjelaskan hal yang sebenarnya.

Begitu pula dengan ciri-ciri orang baik hati yang tidak bisa diketahui dalam sekejap mata. Selain itu, simak juga cara merubah sifat yang kurang baik menjadi baik seperti membuang sifat manusia yang tidak pernah puas dan ciri-ciri orang sukses menurut tanggal lahir yang menarik sekali untuk disimak. Para pria, simak juga nih seperti apa sifat wanita yang lahir bulan Februari.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan