11 Cara Menghadapi Orang Cuek dan Egois Paling Mudah

Dalam kehidupan sehari – hari kita selalu bertemu, bersosialisasi dan berhubungan dengan masyarakat sekitar baik sekedar menyapa saja, berteman atau memang karena ada suatu keperluan. Sebanyak orang yang kita temui dan bergaul dengan mereka pastinya mereka semua memiliki sifat yang berbeda dan beragam pula. Ada yang memang memiliki sifat yang baik, pandai bergaul dan peduli dengan keadaan sekitar dan ada pula yang memiliki sifat cuek pada diri sendiri dan lingkungan di sekitarnya.

ads

Bahkan mungkin kita pernah berhubungan dengan orang yang memiliki sifat cuek ini, ia tidak peduli dan tidak mau tau dengan apa pun yang sedang terjadi di sekitarnya dan dia juga melakukan hal yang ia inginkan sesuka hatinya tanpa memikirkan akibat yang ditimbulkannya yang mungkin saja mengganggu orang lain. Hal ini tentu akan membuat kita merasa jengkel melihat wataknya tersebut. Tapi apakah yang harus kita lakukan terhadap orang yang demikian? Haruskah kita marah – marah padanya? Coba lakukan beberapa tips berikut.

  1. Lakukan pendekatan dengan orang tersebut.

Jika kita harus terpaksa berurusan dengan orang tersebut hingga ke depannya. Tentu akan membuat kita terus merasa jengkel dan kesal saat berhadapan dengannya. Bicara dan berlaku seenaknya tanpa memikirkan perasaan orang lain adalah sifat si orang cuek. Coba lakukan beberapa pendekatan padanya agar komunikasi kita bisa lancar dengannya.

  1. Pandai – pandailah dalam mengambil hatinya.

Untuk menarik perhatian seseorang agar sedikit peduli dengan kita, kita harus pandai mengambil hatinya agar ia bisa lebih mendengarkan kita. Seperti mencari hobi yang sama dengannya, itu akan membuat ia mulai tertarik untuk lebih dekat dengan kita karena ia merasa memiliki kesamaan.

  1. Sabar dalam menghadapi sikapnya.

Orang cuek cenderung melakukan hal seenak hatinya, sabarlah dalam menghadapinya karena mau diperingatkan seperti apa pun ia belum tentu menggubris dan mau mendengar ucapan kita.

  1. Jangan mengguruinya.

Jika ia melakukan kesalahan atau sesuatu yang membuat orang lain marah, memang wajar bagi kita sebagai temannya untuk menasehatinya agar tidak berbuat demikian, tapi kita harus tahu cara yang tepat untuk memberitahunya tanpa terkesan mengguruinya.

  1. Jangan terlalu mengaturnya.

Jangan mentang – mentang kita sudah dapat mengambil hatinya lantas kita beranggapan bisa mengatur segala sesuatu untuknya. Orang cuek biasanya keras kepala dan susah di atur, dan jika mencoba mengatur hidupnya maka siap – siaplah akan kena semprot olehnya.

  1. Jangan bersikap keras padanya.

Kita tidak bisa memaksakan kehendak kita ke si orang cuek ini karena biasanya mereka tidak mau tau dan tidak mau pusing terhadap orang lain. Jika kita tetap bersikeras ia akan balik marah pada kita tanpa memikirkan dulu perasaan kita.

  1. Jangan berharap dia akan berubah dengan mudah

Merubah sifat dan tabiat seseorang itu tidak mudah, apalagi tabiatnya yang keras kepala itu akan sangat sulit dan hampir mustahil di lakukan. Jadi jangan terlalu banyak berharap akan perubahan ini akan segera datang pada diri si cuek.

  1. Ubahlah ia secara perlahan.

Sifat cuek memang hampir mustahil untuk di ubah, namun bukan berarti kita tidak bisa merubahnya sama sekali. Cobalah untuk merubah sikapnya secara perlahan saja tanpa ia sadari, bisa dengan memberi sedikit masukan – masukan yang mana tahu bisa mengenai hatinya.


  1. Tegur ia dengan cara yang halus.

Jika orang yang berwatak keras diperlakukan dengan keras pula, maka hasilnya adalah pertengkaran. Jika ingin memperingatkan dia akan kelakuannya yang tidak baik, tegur saja secara halus dan katakan padanya bahwa itu tidak baik. Didengarkan atau tidak, yang jelas kita sudah mencoba memperingatkannya.

  1. Jangan terlalu menghakiminya.

Jangan buru – buru menghakiminya dan terus menyudutkannya atas apa yang telah diperbuatnya. Karna itu justru akan membuat kita makin kesal karna ia tetap tidak akan peduli dengan kesalahan yang telah ia perbuat.

  1. Jadi pendengar yang baik.

Meskipun cuek bukan berarti dia tidak butuh pendengar yang baik, jadilah kita orang yang dapat menjadi tempat ia berkeluh kesah dan mencurahkan segala isi hatinya. Jika ia bisa terbuka dengan kita, berarti ia juga akan mau mendengarkan beberapa hal dan masukan dari kita. Disini kita bisa memberikan saran yang baik sedikit demi sedikit dan di momen ini kita bisa memberitahunya beberapa cara menghilangkan sifat cuek yang melekat padanya.

Memang menghadapi orang cuek itu terkadang mengesalkan dan menjengkelkan, tapi mau tidak mau kita harus menghadapinya karna kita hidup diantara mereka, bahkan mungkin si cuek ini berada di tengah keluarga kita yang harus berurusan dengan mereka setiap hari. Oleh karena itu kita harus tahu cara menghadapinya agar tidak stres sendiri karna ulahnya.

, ,
Oleh :
Kategori : Teman