5 Fakta Unik Perayaan Valentine di Indonesia

Tidak kurang dari 30 hari banyak masyarakat Indonesia akan merayakan valentine. Valentine secara rutin dilaksanakan atau dirayakan pada 14 Februari. Hari ini juga dikenal dengan sebutan hari kasih sayang dimana pasangan akan saling menunjukkan rasa sayangnya satu sama yang lain. Banyak yang menyiapkan hadiah untuk pacar di hari Velentine yang juga dijadikan sebagai bukti cinta.

Kita juga sering mendapatkan informasi seputar sejarah valentine dan keharamannya yang secara rutin akan diinformasikan. Sebenarnya hal seperti ini memang bermanfaat karena perayaan Velentine sudah mulai berlebihan. Banyak orang yang seolah-olah menjadikan perayaan Velentine sebagai perayaan kasih sayang yang paling puncak.

Khusus di Indonesia, ada beberapa fakta menarik seputar perayaan Velentine di negara tercinta ini. Apa saja fakta unik tersebut? Berikut ini akan kami informasikan kepada kamu semua tentang apa saja fakta unik perayaan Velentine di Indonesia.

1. Hadiah

Fakta perayaan hari Velentine di Indonesia akan kami buka dengan membahas seputar hadiah. Hadiah terindah untuk wanita biasanya akan diberikan pada momen ulang tahun. Namun terkadang wanita juga mendapatkan hadiah yang tak kalah berkesan di hari Velentine. Padahal hari Velentine bukan berarti harus saling bertukar hadiah.

Namun kenyataannya di Indonesia hari ini dimaknai dengan saling bertukar hadiah. Banyak pasangan yang saling bertukar hadiah antara satu dengan yang lainnya. Hadiah tersebut juga bisa dijadikan sebagai bukti bahwa mereka benar-benar saling mencintai.

Jadi, hadiah spesial bukan hanya diberikan pada hari-hari spesial seperti ulang tahun. Namun ketika hari Valentine pun banyak pasangan yang melakukan hal seperti ini. Apakah kamu salah satu dari itu?

2. Coklat Valentine

Fakta unik yang kedua adalah berkaitan dengan coklat. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa pemberian coklat sebagai hadiah Velentine berawal dari Richard Cadbury. Dia lah yang menjadi pencetus awal pemberian hadiah kotak Valentina yang dimulai pada 1868 dimana dia memberikan kepada wanita yang dia cintai.

Bahkan Richard Cadbury sengaja membuat coklat yang memang edisi khusus untuk Valentine. Sejak saat itulah banyak orang yang menjadikan coklat sebagai lambang Valentine. Tidak jarang orang rela membeli coklat dengan harga yang mahal untuk diberikan kepada seseorang yang dicintainya.

Selain itu, coklat juga bisa menjadi salah satu cara menghilangkan galau karena putus cinta. Maka tidak heran jika sampai sekarang coklat selalu melambangkan romantisme, kesenangan, dan kebahagiaan. Anda akan melihat banyak sekali pasangan yang membawa coklat untuk hadiah kasih sayang atau Valentine.

3. Banyak simbol hati

Fakta unik perayaan Valentine di Indonesia yang ketiga adalah berkaitan dengan simbol Valentine itu sendiri. Mungkin kamu sudah tahu bahwa banyak orang berpendapat bahwa coklat merupakan simbol Valentine. Namun sebenarnya masih ada simbol yang lainnya. Adapun simbol tersebut adalah hati.

Mengapa hati? Karena dahulu banyak yang meyakini bahwa jiwa seseorang bersemayam di hati mereka. Selain itu, hati juga melambangkan ketulusan atau perasaan yang tulus. Sementara itu, warna hati juga identik dengan merah. Mengapa tidak menggunakan warna lain? Padahal hati dengan warna lain pun tidak kalah menarik.

Untuk menjawab hal ini, warna merah adalah warna yang paling romantis. Artinya, merayakan Valentine tidak mesti harus bersama pasangan atau orang yang kita cintai. Kita bisa merayakan Valentine bersama sahabat maupun keluarga.

4. Menghabiskan waktu bersama dalam waktu yang lama

Pernahkah kamu melihat beberapa pasangan menghabiskan waktu bersama di malam kasih sayang? Sama dengan tahun baru, malam Valentine tidak jarang dimanfaatkan oleh pasangan khususnya yang masih pacaran untuk menghabiskan waktu bersama. Padahal hal seperti ini dilarang dan malah bisa menimbulkan hal-hal yang berbahaya bagi pasangan tersebut.

Yang mereka lakukan bahkan bisa menjadi salah satu akibat hamil di luar nikah. Semua orang tentu tidak ingin hal seperti ini terjadi. Apalagi hari Valentine bukan berarti mereka harus menghabiskan waktu bersama apalagi sampai melebihi batasan-batasan atau melakukan hal-hal yang dilarang agama.

Lalu bagaimana seharusnya? Jika memang hari Valentine diyakini sebagai hari kasih sayang, maka tidak perlu melakukan hal-hal berlebihan. Cukuplah saling berucap tanpa perlu keluar bersama apalagi jika hanya berduaan. Cukup sampaikan ucapan kasih sayangmu melalui media sosial yang kamu miliki.

5. Menikah di hari Valentine

Fakta unik perayaan Velentine di Indonesia adalah menjadikan hari Valentine tersebut sekaligus sebagai tanggal pernikahan. Apakah hal seperti ini dilarang? Tentu saja tidak. Asakan tidak meyakini bahwa hari tersebut akan membuat hubungan lebih langgeng dibandingkan menikah di hari lain.

Menikah di hari Valentine memang memberikan keunikan tersendiri. Mereka menikah pada hari yang banyak orang menganggapnya sebagai hari kasih sayang. Menikah di hari Valentine juga membuat kita tidak mudah lupa tanggal pernikahan. Meskipun mungkin yang dilupakan adalah tahun pernikahannya.