30 Cara Menghilangkan Rasa Galau Karena Putus Cinta

Galau karena putus cinta biasanya juga akan membuat kamu menjadi kesepian hanya karena telah ditinggal oleh sang kekasih. Oleh karena itu, cobalah untuk mencari teman sebanyak-banyaknya agar rasa kesepian tidak lagi dirasakan. Di samping itu, teman yang banyak akan membuatmu untuk memperluas pergaulan.

ads
  1. Sering Menghabiskan Waktu Dengan Teman dan Keluarga

Galau karena putus cinta yang membuat kamu kesepian juga dapat dihilangkan dengan cara lebih sering menghabiskan waktu bersama orang-orang terdekat, seperti keluarga dan teman-teman. Karena dengan demikian, kamu akan menyadari bahwa masih banyak orang-orang yang senang dengan keberadaanmu.

  1. Bercerita (Curhat)

Cara yang satu ini bisa dikatakan sebagai salah satu cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa galau akibat putus cinta. Karena dengan curhat, kamu dapat bertukar pikiran dengan orang lain tentang apa yang kamu rasakan dan alami mengenai putus cintamu. Cobalah bercerita atau curhat dengan teman terdekatmu, siapa tahu kamu akan memperoleh solusi dari masalah putus cintamu sehingga kamu pun tidak menjadi galau.

  1. Jangan Mengungkapkan Kesedihan di Dunia Maya

Mengungkapkan kesedihan tentang putus cinta di dunia maya, seperti FB, twitter, dan semacamnya, justru malah akan menambah kegalauan yang kamu alami. Karena itu dapat memungkinkan munculnya komentar yang semakin membuat kamu menjadi galau. Oleh karena itu, janganlah mengungkapkan kesedihan putus cintamu di dunia maya.

  1. Liburan

Liburan atau berwisata juga bisa kamu lakukan untuk cara menghilangkan galau saat putus cinta. Dengan catatan, hindarilah memilih tempat liburan atau wisata yang mengandung kenangan bersama mantan kekasih. Karena bisa jadi malah akan mengbangkitkan kembali kesedihan putus cinta sehingga galau bukannya hilang, tetapi semakin menjadi-jadi.

  1. Introspeksi Diri

Pasca putus cinta merupakan waktu yang baik untuk digunakan sebagai sarana introspeksi diri daripada sekedar digunakan untuk bergalau-galau ria. Hal ini berguna untuk mengajari kamu bangaimana cara menghargai diri sendiri dan orang lain. Sehingga apabila nantinya telah siap menjalin hubungan kembali bersama orang lain, maka kesalahan-kesalahan sebelumnya tidak akan kembali terulang.

  1. Mencari Hobi Baru

Ketahuilah bahwa galau karena putus cinta juga akan menyerap energi yang kamu punya. Oleh karena itu, daripada energimu terbuang sia-sia hanya untuk bergalau-galau ria lebih baik digunakan untuk mencari hobi baru yang positif. Selain itu, hobi tersebut juga bisa dijadikan sarana untuk melupakan dan menghilangkan rasa galau karena putus cinta.

  1. Putus Kontak untuk Sementara

Memutus kontak untuk sementara dengan mantan kekasih merupakan cara yang juga bisa dilakukan untuk menghilangkan kegalauan. Cobalah untuk sementara waktu tidak berhubungan dengan mantan kekasih, apalagi sampai ketemuan. Tahanlah dirimu terlebih dahulu untuk menghubungi atau mengemuinya walau hanya sedekar untuk meminta maaf tentang kesalahan-kesalahan yang pernah kamu perbuat selama menjalin asmara dengannya.

  1. Memaafkan

Memaafkan diri sendiri maupun pasangan karena kesalahan-kesalahan selama berhubungan hingga mendatangkan putus juga bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa kegalauan. Cobalah untuk kembali membangun rasa percaya diri setelah putus cinta yang kamu alami sehingga apabila nantinya memang sudah siap menjalin hubungan lagi bersama orang lain, kamu sudah tidak lagi berpikiran tentang mantan kekasihmu yang sebelumnya.

  1. Teriak dan Menangis

Teriak dan menangis juga bisa dijadikan sarana untuk meluapkan rasa kesedihan karena putus cinta yang menyebabkan kegalauan. Cara ini juga terbukti ampuh selain curhat, di mana untuk menangis biasanya lebih banyak dilakukan oleh kaum wanita. Meskipun kaum pria sebenarnya juga sah-sah saja apabila hendak menangis untuk meluapkan perasaan, tetapi memang terkadang tertutupi dengan kegengsiannya. Sedangkan berteriak juga biasa dilakukan untuk meluapkan kegalauan yang dialami sehingga menjadi berkurang dan hilang. Kebiasaan ini biasanya dilakukan oleh pria maupun wanita di tepi pantai atau puncak-puncak pegunungan, bahkan teriak di dalam air sekalipun.

  1. Hindari Teman Terdekat Mantan Sementara

Menghindari teman terdekat mantan untuk sementara juga merupakan cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kegalauanmu. Hal ini dikarenakan teman terdekat mantan terkadang akan membahas dan cenderung menyalahkanmu mengenai putus cinta yang kamu alami bersama sang mantan, yang tak lain adalah temannya. Sedemikian sehingga akan membuatmu semakin tidak nyaman karena selalu diingatkan dengan masalah putus cinta yang kamu alami.

  1. Menuliskan Curahan Hati

Mencurahkan kegalauan karena putus cinta dengan menulis juga bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa galau tersebut. Karena ini juga bisa dijadikan ajang untuk meluapkan isi hati seperti halnya curhat dan menangis. Bahkan apabila kamu lebih kreatif, tulisan curahan hatimu bisa kamu jadikan puisi dan novel yang kemudian diterbitkan. Itu merupakan salah satu prestasi bagimu.

  1. Membuang atau Menyimpan Barang-Barang Kenangan

Barang-barang kenangan yang dulu diberikan sang mantan juga dapat menimbulkan kegalauan pasca putus cinta. Oleh karena itu, bila perlu buang atau simpanlah barang-barang kenangan yang dulunya adalah pemberian mantan kekasih maupun barang-barang yang sekiranya dapat mengingatkanmu kepadanya, seperti pakaian atau sepatu couple misalnya. Tapi kalau misalkan barang itu tidak membuatmu galau, maka tak perlulah dibuang atau disimpan, taruhlah saja di tempat yang semestinya. Kalau dibuang pun tentu sayang sekali atau mubadzir.

  1. Buat Daftar Kejelekan Mantan

Cara ini memang bisa dibilang adalah cara yang kenak-kanakan. Tetapi cara ini terkadang memang dilakukan oleh sebagian orang yang galau karena putus cinta, di mana cara ini ternyata memang ampuh untuk menghilangkan kegalauannya. Contohnya seperti kebiasaan marah-marahnya yang tanpa sebab sehingga membuatmu tidak terlalu menyesal telah putus cinta dengannya dan ini merupakan cara melupakan rasa sakit hati.

  1. Berdoa

Berdoa merupakan cara religius yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa galau karena putus cinta. Bahkan bisa jadi dengan berdoa, kamu dibantu oleh-Nya untuk berani membukakan hati bagi orang lain.

  1. Membuka Hati Untuk Orang Lain

Membuka hati untuk orang lain juga merupakan cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan rasa galau karena putus cinta. Yang mana, arti dari membuka hati di sini ialah kamu berani untuk mencari seseorang yang lain atau kamu berani untuk memberikan kesempatan kepada orang yang ingin mendekatimu dan menjadikanmu sebagai kekasihnya.

  1. Menghapus Riwayat Pesan dan Percakapan

Menghapus riwayat pesan dan percakapan juga bisa kamu lakukan untuk menghilangkan rasa galau karena putus cinta. Entah riwayat pesan dan percakapan di sms maupun aplikasi chatting lainnya, seperti FB, whatsapp, dan lain-lain. Karena biasanya sepasang kekasih rela menyimpan percakapan mesra mereka hanya untuk dibaca berkali-kali. Oleh karena itu, agar tidak galau karena sudah putus, maka hapuslah riwayat pesan dan percakapan tersebut supaya kamu tidak terjebak dalam nostalgia yang dapat memperparah kegalauan hati.

  1. Berterima Kasih Kepada Mantan

Galau karena putus cinta biasanya muncul karena adanya rasa sakit hati yang dialami. Tetapi ingatlah, bukan berarti dia hanya memberimu sakit hati dengan memutuskan hubungan yang dijalin bersamamu. Dia pasti juga memiliki sisi baik yang dulu pernah diberikan hanya padamu. Oleh karena itu, perlulah kamu berterima kasih akan hal itu dengan cara tidak melupakan kebaikan tersebut. Mengingat kebaikan mantan juga merupakan salah satu cara berterima kasih kepadanya, sekaligus menghilangkan kegalauan karena putus cinta dengannya juga. Itu tandanya, kamu sudah bisa menerima keadaan dan tidak melulu galau serta sakit hati hanya gara-gara putus cinta.

  1. Sadar Diri

Sadar diri di sini hampir serupa dengan introspeksi diri. Yang mana, introspeksi diri lebih kepada memperbaiki diri terhadap kesalahan sendiri, sedangkan sadar diri ialah lebih kepada menerima keadaan.


Dalam artian, kamu harus juga menerima keadaan yang kamu alami, yaitu putus cinta. Jadi, tidak perlu lagi galau. Kalau dalam istilah sekarang ini ialah let it go. Dengan let it go, kamu pasti tidak akan galau lagi.

  1. Olahraga

Olahraga merupakan salah satu cara menyehatkan yang dapat kamu lakukan untuk menghilangkan rasa galau karena putus cinta. Hal ini dikarenakan olahraga terbukti ampuh untuk menenangkan pikiran dengan meningkatnya hormon endorfin di otak yang dapat menimbulkan perasaan senang dan bahagia pada diri. Beberapa olahraga yang dianjurkan, seperti yoga, jogging, bersepeda, dan lain sebagainya.

  1. Ikuti “Festival Melupakan Mantan”

Festival ini memang terdengar lebay, tetapi festival ini memang benar-benar ada dan hampir setiap tahun diadakan di kota Yogyakarta. Festival ini dijamin akan dapat membantu kamu untuk menghilangkan kegalauan karena putus cinta, sekaligus melupakan sang mantan kekasih. Acara ini dijamin seru sekali karena setiap tahunnya selalu menarik beratus-ratus peserta. Seperti tahun 2016 ini, tepat ketika malam 14 Februari 2016 (malam Valentine), acara festival ini diadakan di Taman Budaya Yogyakarta (TBY).

Demikian 30 cara menghilangkan rasa galau karena putus cinta dari kekasih. Cara apapun yang kamu lakukan, semuanya tetap bergantung pada diri kamu sendiri dalam mengontrol perasaan untuk benar-benar bisa menghindarkan diri dari perasaan galau karena mengalami putus cinta dari kekasih

Keep Fighting!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 15th, March 2016 / 09:14 Oleh :
Kategori : Putus Cinta