Pernah Merasakan Sakitnya Mencintai tanpa Dicintai? Inilah 5 Penyebab Utamanya!

Kamu pernah merasakan sakitnya mencintai tanpa dicintai? Jika tidak, kamu harus bersyukur karena betapa sakitnya ketika kita mencintai seseorang tapi ternyata orang tersebut malah tidak mencintai kita. Akan tetapi, kami yakin sebagian dari kamu akan langsung menjawab bahwa kamu pernah mengalaminya dan sudah tahu seperti apa rasa sakitnya.

Selama ini, kamu selalu berusaha menunjukkan tanda jauh cinta dalam Islam. Kamu juga sudah berusaha dengan segala cara untuk menunjukkan bahwa kamu merupakan orang yang tepat untuk mendampingi pujaanmu. Namun ternyata semua yang kamu lakukan malah sia-sia alias useless.

Akibatnya, mau tidak mau kamu harus mengagumi tanpa dicintai dan hanya bisa berdoa agar kamu tetap bisa tegar dan mendapatkan pengganti yang lebih baik. Sebenarnya ada beberapa alasan mengapa kamu mengalami hal pahit seperti ini.

Oleh karena itu, silahkan kamu simak penjelasan di bawah ini yang akan membantumu untuk tidak gagal lagi. Kamu tidak akan mengalami sakit hati mencintai tapi malah dibalas sakit hati.

1. Kamu hanya diam tanpa mengungkapkan persaanmu

Alasan pertama yang bisa membuatmu merasakan pahitnya mencintai adalah ketika yang kamu lakukan hanya diam. Padahal sudah jelas kamu cinta kepada seseorang dan bahkan orang yang kamu cintai juga tahu dan punya perasaan yang sama denganmu.

Namun sayangnya di luar dugaan kamu tidak memiliki keberanian untuk mengungkapkan perasaanmu. Yang kamu lakukan hanya diam dan malah terkesan kamu tidak mencintai orang tersebut. Mungkin di awal kamu tidak merasakan apapun dan memang tidak ada hal-hal yang akan terjadi.

Tapi ketika kamu sudah terlalu lama memendam perasaanmu. Maka kemungkinan orang yang kamu cintai malah jatuh ke pelukan orang lain. Jika sudah seperti ini, yang ada hanya penyesalan dan kamu tidak bisa melakukan apa-apa lagi. Maka dari itu, penting bagimu untuk paham bagaimana cara membangun rasa percaya diri untuk berani mengungkapkan isi hatimu.

2. Kamu bukan tipenya

Alasan kedua adalah kamu bukan sosok idamannya. Mungkin saat ini kamu mencintai seseorang yang bahkan orang tersebut tidak pernah menganggapmu. Kamu mencintai orang yang salah yang mana orang tersebut mungkin sudah memiliki pujaan hatinya sendiri.

Selain itu, kemungkinan memang kamu bukan tipenya karena berbagai macam alasan. Lalu apa yang harus kamu lakukan? Jika kamu sudah melakukan segala cara tapi ternyata tidak menunjukkan hasil apa-apa. Maka cara mengatasi masalah cinta seperti ini adalah kamu harus menerima bahwa memang kamu bukan tipenya.

3. Dia sudah memiliki pasangan

Mungkin sebelumnya kamu tidak menyadari bahwa orang yang selama ini kamu cintai malah sudah memiliki pasangan. Kamu terlalu menggebu-nggebu memupuk perasaanmu kepadanya sampai-sampai kamu lupa menanyakan atau menyelidiki apakah orang yang kamu cintai tersebut sudah memiliki pasangan atau belum.

Maka dari itu, agar kamu tidak sampai mengalami hal seperti ini maka sebelum kau mulai mendekati atau memupuk perasaanmu kepadanya, kamu harus menyelidiki apakah dia sudah ada pasangan atau belum. Jika belum, maka kamu masih memiliki kesempatan yang lebar untuk emmilikinya.

Akan tetapi, jika kenyataannya dia malah sudah memiliki seseorang yang dia cintai, maka terimalah hal tersebut dengan berlapang dada. Ingat, jangan sampai kamu berpikir cara merebut pacar orang karena hal seperti ini akan membuatmu rugi sendiri. Terimalah dengan legowo dan doakan yang terbaik untukmu dan dirinya.

4. Terlalu GR

Diantara beberapa alasan yang sudah kami sebutkan, mungkin alasan yang keempat ini merupakan yang paling umum terjadi. Terkadang kita salah mengartikan niat baik seseorang. Seseorang yang pada dasarnya hanya berniat membantu kita tanpa mengharapkan apapun malah kita menganggapnya sebagai sesuatu yang istimewa.

Kita malah sering menganggap bahwa apa yang dilakukan oleh orang tersebut menunjukkan bahwa dia memiliki persaaan kepada kita. Akhirnya malah kita yang baper dan bahkan malah jatuh cinta. Di sisi lain, orang yang menolong kita tadi sebenarnya hanya niat membantu dan tidak ada maksud apa-apa selain itu.

Jika sudah seperti ini, kita yang malah jatuh cinta kepadanya sementara dia hanya bersantai saja tanpa pernah berpikir atau bahkan tidak peduli tentang persaaan kita. Hal seperti ini yang bisa menjadi salah satu penyebab cinta ditolak ketika kamu malah mengungkapkan persaanmu kepadanya.

5. Terlalu percaya diri

Alasan kamu merasakan sakitnya mencintai tanpa dicintai juga bisa karena sifatmu yang terlalu percaya diri. Memiliki percaya diri merupakan sesuatu yang sangat penting dan akan sangat berguna. Tapi bukan berarti kamu malah memiliki rasa percaya diri yang terlalu besar dan sampai membanggakan dirimu sendiri.

Kamu berpikir bahwa kamu bisa mendapatkan seseorang dengan ketampananmu, rayuanmu, atau bahkan dengan hartamu. Padahal semuanya itu tidak selamanya berhasil dan bahkan berpotensi membuatmu sakit hati.