11 Cara Membangun Percaya Diri setelah Gagal dan Terjatuh

Tidak semua orang terlahir dengan rasa percaya diri yang cukup dalam menjalani kehidupannya. Setiap orang memiliki tingkatan percaya diri yang berbeda-beda bahkan ada yang kepercayaan dirinya sangat rendah sekali. Tidak memiliki kepercayaan diri dalam melakukan banyak hal dalam hidup ini akan membuat seseorang bagaikan hidup dalam dunia yang sunyi dan tidak mampu menyuarakan keinginannya.

ads

Membangun kepercayaan diri bukanlah suatu hal yang mudah untuk dilakukan seseorang yang tengah mengalami krisis kepercayaan diri terlebih setelah mengalami kegagalan dalam hidupnya. Selain itu juga banyak hal yang menyebabkan seseorang menjadi tidak percaya diri. Namun semua penyebab itu tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak mau bangkit untuk menggapai apa yang diinginkan. Bagaimana cara agar percaya diri dalam diri kamu bisa di dapatkan kembali setelah terjatuh dan gagal? Yuk simak cara-cara berikut ini.

  1. Terima semua keadaan dengan lapang dada.

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membangun kembali rasa percaya diri adalah dengan cara menjadi orang yang sabar dan ikhlas dalam menerima keadaan yang menimpa dalam kehidupan. Kalau kamu sudah bisa ikhlas maka kamu akan tetap tenang menjalani kehidupan dengan kepercayaan diri yang kamu miliki.

  1. Jangan merasa malu jika kamu gagal dan terjatuh.

Kebanyakan orang akan hilang kepercayaan dirinya ketika mereka terjatuh dan gagal. Mereka merasa malu dengan kegagalan mereka sehingga menjadi tidak percaya diri lagi untuk bangkit. Maka dari itu ketika kamu terjatuh bangkitlah dengan segera dan abaikan perkataan orang disekelilingmu.

  1. Jangan biarkan kepercayaan diri kamu hilang karena omongan negatif orang lain.

Orang-orang hanya bisa berkomentar dan mencemooh kehidupan dan kesusahaan orang lain. Bahkan sebagian dari mereka adalah orang-orang yang merasa iri dan dengki melihat orang lain bahagia. Sebaiknya jangan hiraukan orang-orang tersebut agar kepercayaan diri kamu tidak hilang, anggaplah mereka lawan yang harus dikalahkan dengan bangkit dan percaya diri kembali.

  1. Tutup mata dan telinga dan fokuslah pada tujuan selanjutnya.

Jangan lihat dan dengar apapun hal-hal negatif yang tertuju padamu, sebagiannya hanya akan membuat mental kamu terpuruk dan sulit untuk kembali merasa percaya diri. Sekarang tetapkan tujuan dan fokuslah pada apa yang kamu raih dengan membangun kembali rasa percaya diri dengan cara meyakinkan diri sendiri untuk bisa sampai pada tujuan yang ingi digapai.

  1. Abaikan hal-hal yang membuat kamu menjadi tidak percaya diri.

Jangan sibuk mengurusi semua hal yang hanya akan mengganggu mental kamu yang pada akhirnya akan juga merusak kepercayaan diri yang masih kamu miliki. Yang perlu kamu lakukan adalah mengabaikannya dan jadilah orang cuek.

  1. Selalu berpikiran positif dalam memandang dan menilai sesuatu.

Bangun pikiran yang positif dalam memandang banyak hal agar aura kebaikan bisa kamu dapatkan serta pikiran juga menjadi lebih sehat. Dengan pikiran yang sehat akan bisa untuk membangun kembali rasa percaya diri kamu yang mulai pudar.

  1. Pikiran negatif hanya akan menggoyahkan kepercayaan dirimu.

Jangan menilai segala sesuatunya dengan berpikiran negatif terus. Jangan menimbang segala sesuatunya mulai dari kemungkinan terburuk. Namun mulailah dengan sebaliknya. Pikiran dan kemungkinan negatif hanya akan membuat kepercayaan diri kamu semakin goyah dan sulit untuk dibangun kembali.


  1. Tetapkan dan kuatkan hati.

Segala sesuatu yang dilakukan dengan niat yang baik dari hati biasanya akan berhasil dengan baik pula. Oleh karena itu jika kamu ingin menjadi percaya diri, buatlah niat yang lurus dari dalam hati bahwa kamu bisa untuk menjadi orang yang percaya diri dalam melakukan apa saja dan dimana saja. Ada baiknya juga bagi kamu untuk mempelajari cara membuat hati ikhlas dan tenang dalam menghadapi banyak masalah.

  1. Jangan terus memelihara rasa malu.

Rasa malu memberikan pengaruh yang besar dalam mengendalikan kepercayaan diri seseorang. Orang yang tidak percaya diri akan diiringi dengan rasa malu yang berlebihan sehingga membuat orang itu menjadi enggan dan ragu dalam melakukan sesuatu. Ketahui banyak tips menghilangkan rasa malu yang harus kamu pelajari.

  1. Jadilah orang yang cuek.

Banyak orang yang tidak suka melihat seseorang yang selalu bersikap cuek dalam kesehariannya. Namun sikap seperti ini sangat dibutuhkan dalam membangun rasa percaya diri seseorang yang sedang turun.

  1. Berlatih dan terus berlatih.

Menjadi untuk percaya diri itu sulit karena berhubungan dengan mental seseorang. Namun dengan terus berlatih untuk meningkatkan kepercayaan diri akan membuat kamu makin lama makin terbiasa dan pada akhirnya kembali menjadi percaya diri.

Demikianlah cara mengatasi kurang percaya diri dalam menjadi kehidupan yang pasang surut. Dan kamu harus tahu cara menghadapi masalah dengan tenang agar kamu bisa mempertahankan kepercayaan diri yang kamu miliki.

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan