Ini 8 Nasehat untuk Pengantin Baru Menurut Islam

Salah satu awal kehidupan baru bagi manusia adalah masa-masa setelah menikah. Kehidupan berumah tangga pun dimulai selepas pasangan pengantin selesai melaksanakan acara ijab qabul. Masa awal pernikahan akan terasa hangat dan bahagia. Namun, tak jarang setelah beberapa waktu berlalu berbagai perselisihan pun dimulai. Hal-hal kecil dan yang tak terpikirkan sebelumnya mulai menghiasi hari-hari dalam rumah tangga.

Jika tak pandai-pandai menghadapi masalah yang ada, bisa-bisa rumah tangga tak berjalan harmonis dan bahagia. Bahkan tak jarang pula pasangan suami istri yang bercerai di masa-masa awal pernikahan. Masa awal pernikahan juga dikatakan sebagai masa paling berat dalam berumah tangga. Nah, agar sukses dalam menjalani dan mempertahankan rumah tangga, simaklah beberapa nasehat untuk pengantin baru menurut islam berikut ini.

1. Pahamlah dengan Perbedaan Karakter Masing-masing

Nasehat untuk pengantin baru menurut islam yang harus dilakukan jika ingin rumah tangga adem dan rukun adalah dengan memahami perbedaan karakter masing-masing. Mungkin pasangan suami istri memiliki kesamaan dalam beberapa hal, namun bukan berarti karakter keduanya akan sama. Karena itu penting sekali untuk saling memahami satu sama lain dan suami pun harus tahu bagaimana cara suami memperlakukan istri dengan baik. Begitu juga dengan istri yang juga harus tahu cara menjadi istri idaman suami.

2. Pasang Niat Menikah untuk Ibadah

Menikah adalah ibadah yang sangat dianjurkan dalam islam. Karena itu tujuan menikah seharusnya memang untuk beribadah dan menjalankan sunnah rasul. Tapi ada sebagian orang yang menikah karena ingin menjauhi zina atau karena sebab lainnya. Memang tidak salah, tapi akan lebih bagus lagi jika niat tersebut diganti dengan niat beribadah kepada Allah disamping rasa cinta satu sama lain. In sya allah dengan niat mulia tersebut rumah tangga bisa berjalan rukun dan harmonis karena pasangan suami istri akan sadar bahwa pernikahannya bukanlah untuk kesenangan dunia semata, namun juga untuk mencari pahala.

3. Gunakan Bahasa yang Halus dan Lembut

Untuk menjaga keluarga tetap tentram, nasehat untuk pengantin baru menurut islam yang bisa diterapkan pasangan suami adalah menggunakan tutur bahasa yang halus dalam berbicara. Pasangan suami istri harus saling berbicara dengan bahasa yang lembut dan halus. Jika terjadi perselisihan hendaknya tetap berbicara dengan bahasa yang halus dan jangan sampai ada kata-kata kasar yang keluar. Bahasa yang kasar bisa jadi penyebab suami istri tidak harmonis.

4. Sikap Saling Toleransi

Nasehat untuk pengantin baru menurut islam jika ingin rumah tangga tentram adalah dengan memasang sikap saling toleransi. Tidak hanya pada pasangan, tapi juga pada pada keluarga dan tetangga. Dengan sikap toleransi maka hidup berumah tangga terasa lebih lapang dan segala keributan bisa dihindari. Segala perbedaan pun bisa diterima dengan lapang dada.

5. Memegang Komitmen dan Peranan Masing-masing

Nasehat untuk pengantin baru menurut islam agar pernikahan bisa selamat sampai akhir yakni harus bisa memegang komitmen dan peranan masing-masing. Seorang istri harus sadar dengan tanggung jawabnya pada suami. Begitu juga dengan suami yang harus menjalankan tanggung jawabnya sepenuhnya sebagai kepala keluarga yang mencari nafkah.

6. Saling Menghormati

Saling menghormati satu sama lain juga merupakan nasehat untuk pengantin baru menurut islam yang tak bisa diabaikan. Tidak hanya seorang istri yang harus menghormati suami, tapi suami pun juga harus menghormati istri. Menjaga istri dan menghargai keputusan dan keinginan istri jika memang itu benar karena istri juga memiliki hak untuk didengar keinginannya oleh suami.

7. Berada dalam Satu Tujuan

Terwujudnya rumah tangga yang bahagia bisa tercapai jika pasangan suami istri bersatu dengan tujuan yang sama. Sama-sama ingin membangun rumah tangga yang sakinah, mawaddah dan warahmah. Dengan kesamaan ini maka keduanya pun akan sama-sama berupaya mewujudkannya bersama.

8. Taat pada Ketentuan Allah

Dalam menciptakan rumah tangga yang harmonis suami istri taat pada hukum Allah. Menjalankan rumah tangga sesuai dengan sunnah dan selalu berpegang pada aturan-Nya. Menghadirkan suasana keagamaan dalam berumah tangga seperti saling mengingatkan dalam beribadah, sholat berjamaah dan saling mendukung dalam berbuat kebaikan. Tak lupa untuk menjadikan pendidikan agama sebagai pendidikan dasar dalam keluarga untuk pembentukan akhlak yang baik.

Itulah 8 nasehat untuk pengantin baru menurut islam sebagai bekal untuk memiliki rumah tangga yang bahagia. Simak juga berbagai tips pengantin baru, persiapan wanita sebelum malam pertama yang mendebarkan, cara membina rumah tangga yang baik, cara mencegah suami agar tidak selingkuh dan cara mencegah istri agar tidak selingkuh.