6 Tips Pengantin Baru di Malam Pertama dan Kehidupan Setelah Menikah

Hari-hari setelah menjalani resepsi pernikahan merupakan kehidupan baru pasangan pengantin. Melepas masa lajang dan memasuki kehidupan rumah tangga yang kebahagiaan dan keharmonisannya ditentukan sendiri oleh bagaimana cara kedua pengantin baru menjalaninya. Hidup sebagai pengantin baru tentu terasa manis karena hubungan antara suami dan istri masih hangat-hangatnya. Namun, justru 5 tahun pertama pernikahan menjadi tahun terberat lho. Karena itu simak pula cara mengatasi perceraian di awal perkawinan.

Agar kamu dan pasangan bisa menikmati hidup saat menjadi pengantin baru, baiknya simak berbagai tips pengantin baru berikut. Setidaknya bisa jadi persiapan dan menghindari terjadinya beberapa hal-hal yang tidak diinginkan. Kamu yang akan segera menikah, simaklah beberapa persiapan sebelum menikah untuk wanita yang baikya turut jadi perhatian. Mengingat tidak semua pengantin baru yang langsung menyediakan tempat tinggal untuk memulai kehidupan baru berdua. Langsung saja yuk simak tipsnya.

1. Baiknya Malam Pertama di Hotel Saja untuk Menghindari Rasa Malu dan Canggung Sama Keluarga di Rumah

Nggak bisa dielakkan, sebagai pengantin baru malam pertama menjadi momen paling spesial ya? Kebanyakan dari pengantin baru akan merasa malu-malu canggung saat berduaan di kamar pada malam pertama. Tak jarang ramainya anggota keluarga di rumah membereskan sisa-sisa acara pernikahan membuat banyak pasangan pengantin makin gugup dan malu karena berbagai lelucon dan ledekan yang dikeluarkan beberapa anggota keluarga yang iseng.

Tentunya situasi ini termasuk dalam gangguan yang tidak bisa membuat kamu menikmati malam pertama dengan lancar. Karena itu ada baiknya kamu memilih hotel untuk malam pertama dan menghabiskan waktu berdua dalam beberapa hari di hotel. Kamu akan merasa lebih relaks dan bebas tanpa adanya gangguan.

2. Terbuka Saja Pada Pasangan

Terkadang sebagai pengantin baru dan hidup dengan seseorang kerap kita merasa takut untuk terlalu terbuka terhadap banyak hal. Padahal keterbukaan sangat penting dalam membangun rumah tangga yang bahagia. Jangan segan untuk terbuka pada pasangan tentang apa saja, perlu diingat bahwa pasangan kita ini adalah orang yang akan menemani kita dalam suka dan duka. Menikah dalam Islam tidak hanya sekedar hidup bersama saja, namun juga harus saling mengerti dan memahami satu sama lain. Jadi pasangan juga perlu tahu segala hal yang dialami, rasakan dan sedang terjadi.

3. Persiapkan Diri dengan Maksimal Menghadapi Malam Pertama

Malam pertama akan terasa sangat canggung bagi kamu dan dia, terlebih jika kalian menikah karena dijodohkan. Bahkan untuk pasangan yang telah menjalin hubungan pacaran lebih dulu saja masih kehilangan percaya diri saat malam pertama. Karena itu kamu harus mempersiapkan diri dengan maksimal agar tetap percaya diri dan tidak merusak momen bercinta. Caranya adalah dengan merilekskan tubuh dan pikiran serta persiapkan segalanya dengan matang, seperti menjaga kebersihan dan memakai wewangian agar kepercayaan diri meningkat.

4. Komunikasikan juga Perihal Keuangan Rumah Tangga untuk ke Depannya

Masalah keuangan memang cukup sensitif untuk dibicarakan, namun ini merupakan tips pengantin baru yang tidak bisa dilewatkan agar nantinya tidak terjadi keributan akibat kesalahan dan pengelolaan keuangan. Jangan sungkan komunikasi hal ini pada pasangan karena masalah keuangan rumah tangga kerap jadi permasalahan yang sering memicu keributan antara suami istri. Kelola arus pengeluaran rumah tangga bersama dan persiapkan juga tabungan untuk masa depan. Jangan sampai pengeluaran lebih besar dari pemasukan karena masalah ekonomi juga kerap jadi penyebab perceraian di Indonesia.

5. Bicarakan juga Soal Biaya Rumah Tangga jika Masih Tinggal Bersama Orangtua

Setelah menikah kita harus jadi mandiri dan tidak lagi bergantung pada orangtua. Jika kamu dan suami memutuskan untuk tinggal bersama orangtua/mertua dan anggota keluarga lainnya, tips pengantin baru yang penting untuk dibicarakan dengan pasangan dan keluarga adalah tentang biaya hidup kamu dan suami di rumah. Mulai dari biaya dapur, kebutuhan sehari-hari hingga listrik dan air. Bicarakan dengan pasangan dan keluarga seperti apa sistem yang digunakan agar semuanya jelas dan tidak terjadi kesalahpahaman nantinya. Hal sepele seperti ini pun seringkali kali penyebab suami istri sering bertengkar lho.

6. Rencanakan Masa Depan dengan Matang

Tips pengantin baru berikutnya adalah dengan merencanakan masa dengan bersama pasangan. Hidup menjadi satu keluarga yang baru membuat kamu dan pasangan harus bersama-sama bergandengan tangan dalam menjalani hidup ke depannya. Jadi bicarakan tujuan apa saja yang ingin kalian capai ke depannya, apakah ingin langsung punya momongan atau mau fokus pada karir masing-masing dulu dan berbagai keinginan lainnya.

Itulah 6 tips pengantin baru untuk kamu yang baru saja menggelar resepsi pernikahan. Pernikahan memang terlihat sebagai sesuatu yang indah, namun setelah menjalaninya akan ada rintangan yang haru dilalui. Sebagai istri kamu juga harus tahu apa saja kewajiban wanita setelah menikah. Nah jangan lewatkan pula berbagai tips menjaga hubungan tetap mesra setelah menikah ya.

, ,
Oleh :
Kategori : Pernikahan