Kelebihan Wanita Jawa yang Perlu Kamu Ketahui

Indonesia adalah salah satu negara dengan suku terbanyak di dunia. Salah satu suku yang populer di Indonesia adalah suku jawa. Suku Jawa termasuk suku yang jumlahnya banyak dan sering kita jumpai baik di daerah pedesaan maupun di kota, terutama wanita Jawa. Namun, ada beberapa kelebihan wanita Jawa yang belum banyak diketahui semua orang. Langsung saja kita simak 10 kelebihan wanita Jawa yang perlu kamu ketahui.

ads

1. Wanita Jawa mempunyai kecantikan yang alami

Sudah lama wanita Jawa sering disebut ayu. Artinya sendiri adalah cantik. Akan tetapi, tidak hanya cantik dari luar, tetapi juga kecantikan tersebut terpancar dari dalam dirinya. Gurat-gurat wajah wanita jawa membuatnya enak dipandang dan juga membuat para laki-laki betah berlama-lama didekatnya. Pada umumnya, wanita Jawa memiliki kulit sawo matang yang semakin membuatnya terlihat lebih manis dan juga menyenangkan.

2. Wanita Jawa dikenal Anggun

Wanita Jawa juga terkenal dengan gerak-geriknya yang anggun dan juga mempesona. Maka dari itu, wanita Jawa juga cenderung sopan dalam bertingkah laku. Hal tersebut bisa terjadi karena wanita Jawa terbiasa dididik berdasarkan tata krama dan adat istiadat setempat. Maka dari itu tidaklah aneh perilaku mereka sudah terbentuk dari kecil. Apalagi saat berbicara dengan orang yang lebih tua atau dihormat, sopan santun wanita Jawa akan sangat terlihat.

3. Wanita Jawa dikenal penurut

Seperti yang sudah disinggung pada poin kedua, wanita Jawa sudah dididik dari kecil mengenai nilai-nilai kesopanan dan budi pekerti. Hal tersebut membuat wanita Jawa cenderung penurut dan tidak suka untuk membantah. Apa yang dikatakan orang tua maupun pasangan akan mereka turuti. Akan tetapi dengan catatan, mereka akan menurut selama hal tersebut positif atau dianggap baik oleh dia. Maka dari itu, wanita Jawa memiliki ciri-ciri wanita setia.

4. Wanita Jawa dikenal penyabar

Selain penurut, mereka juga memiliki sikap penyabar. Mereka juga punya sifat tidak mudah patah semangat atau banyak menuntut untuk bisa mendapatkan berbagai hal. Wanita Jawa biasanya cenderung menerima berbagai hal dengan lapang dada dan hati terbuka. Hal itu disebabkan wanita Jawa sudah diajarkan cara menjadi orang sabar dan ikhlas dalam keadaan apapun. Meskipun begitu, jangan sengaja bertindak semena-mena atau membuatnya marah hanya karena mereka bisa sabar. Sebab, mereka juga tetaplah manusia biasa yang perasaannya tetaplah kamu jaga.

5. Wanita Jawa dikenal sederhana

Wanita Jawa juga dikenal suka berpenampilan sederhana dan tidak suka berpenampilan macam-macam. Apabila kamu pernah jalan-jalan ke daerah jawa, kamu akan melihat keseharian wanita jawa tulen yang penampilannya biasa saja. Mereka biasanya tidak menjalani hidup dengan serampangan atau bergaya yang ribet biar terlihat menarik. Hal tersebut juga todak terlepas dari adat istiadat yang sudah ditanamkan sejak kecil sehingga wanita Jawa cenderung lebih bisa menerima keadaan dengan apa adanya.

6. Wanita Jawa dikenal cekatan dan rajin

Di daerah jawa terkenal dengan istilah Alon-alon waton kelakon yang artinya biarpun pelan yang penting terlaksana. Kira-kira seperti itulah gambaran Wanita Jawa yang telaten dalam mengerjakan sesuatu. Mereka tidak usah terburu-buru dalam bertindak dan juga lebih hati-hati. Meskipun begitu, wanita Jawa tetap cekatan dan juga gesit dalam melakukan pekerjaannya. Selain cekatan, wanita Jawa juga dikenal rajin dan juga tekun dalam kesehariannya. Hal ini mereka lakukan dari saat masih di bangku sekolah, kuliah, dan kerja. Bahkan juga sampai mereka sudah menjadi ibu rumah tangga.

7. Wanita Jawa menjunjung tinggi adat istiadat

Suku Jawa juga merupakan salah satu suku yang “keukeuh” dalam mempertahankan nilai-nilai budayanya. Hal ini membuat wanita Jawa tumbuh menjadi wanita yang memegang teguh ajaran adat istiadat yang terpelihara secara turun temurun. Adat khas Jawa adalah pada hubungan sesama manusia, terutama antara pria dan wanita serta anak dan orangtua. Adat ini yang membentuk karakter wanita Jawa cenderung lebih sungkan dan menjaga segala tindak tanduknya. Bahkan, wanita Jawa biasanya selalu diberikan tips menjadi istri yang baik dan disayang suami secara turun temurun oleh keluarganya, terutama oleh ibu.

8. Wanita Jawa dikenal ramah

Wanita Jawa juga termasuk wanita yang pandai bergaul dan juga ramah terhadap orang lain. Ketika berpapasan dengan orang yang dikenal, mereka tidak sungkan akan menyapa dengan senyum lebar. Selain itu, mereka akan menanyakan kabar meskipun itu hanya sekadar basa-basi. Namun justru itulah yang membuat orang yang diajak bicara merasakan kenyamanan dan juga senang.


9. Wanita Jawa pandai mengatur uang

Karena sifat sederhana wanita Jawa membuat mereka juga pandai dalam mengelola keuangan. Wanita Jawa biasanya membeli barang kalau memang dibutuhkan jadi tidak hanya karena keinginan semata. Dengan begitu, pengeluaran pun bisa dihemat dan bisa digunakan untuk hal-hal yang penting maupun mendesak.

10. Wanita Jawa selalu bertutur kata lembut

Salah satu ciri khas dari Wanita Jawa adalah tutur katanya halus, lembut, dan juga sopan. Di dalam bahasa jawa sendiri terdapat tingkatan bahasa yang digunakan berbeda-beda tergantung dengan siapa lawan bicaranya. Jika lawan bicaranya semakin tua atau terhormat, maka bahasa yang digunakan lebih sopan. Hal itu dimaksudkan agar jangan sampai mengeluarkan ucapan yang menyakitkan hati lawan bicaranya.

Itulah 10 kelebihan wanita Jawa yang perlu kamu ketahui. Perlu diperhatikan kalau di dalam artikel ini bukan berarti merendahkan wanita dari suku yang lain. Mau dari suku manapun, wanita yang terbaik adalah yang dapat memelihara sifat baik-baik di dalam dirinya maupun sikapnya saat berada di depan orang lain. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Wanita