Kelebihan Anak Pertama Perempuan di Dalam Keluarga

Anak pertama selalu identik dengan sosok yang tegar di dalam dirinya. Selain tegar, anak pertama biasanya juga memiliki jiwa kepemimpinan. Jika kita ingin diberi pilihan, maka kebanyakan orang tua cenderung akan memilih anak laki-laki yang menjadi pertama. Sebab anak laki-laki pertama kelak akan menjadi pelindung bagi adik dan keluarganya.Meskipun begitu, bukan berarti anak pertama perempuan tidak ada kelebihannya loh. Biar Anda tidak penasaran, berikut 10 kelebihan anak pertama perempuan di dalam keluarga.

ads

1. Harapan pada anak pertama perempuan cenderung kuat

Untuk menjadi anak pertama, kedua, atau ketiga memang hanya Tuhan Yang Maha Esa yang memutuskannya. Menjadi anak pertama akan melalui proses yang berat. Oleh sebab itu, anak pertama selalu ikut menjadi tumpuan keluarga. Kenapa seperti itu? Karena orang tua sangat percaya kepada anak sulungnya.

2. Dari sisi ambisi, anak perempuan lebih besar daripada laki-laki

Sebuah studi dilakukan oleh universitas ternama dan tujuannya untuk mengetahui tingkat ambisi seseorang berdasarkan anak pertama yang lahir. Hasilnya, 13% menyatakan anak pertama yang berjenis perempuan lebih berambisi dibandingkan anak pertama berjenis kelamin laki-laki. Oleh sebab itu, tokoh-tokoh wanita terkenal di dunia seperti J.K Rowling, Oprah Winfrey, dan Hillary Clinton bisa menjadi contoh anak pertama perempuan yang dapat menjadi orang sukses di dalam bidangnya masing-masing.

3. Cenderung punya rasa tanggung jawab yang tinggi

Karena anak pertama cenderung dididik sebagai “model” untuk adik-adiknya, maka tentu saja anak pertama akan diharapkan lebih baik dan mempunyai tanggung jawab yang tinggi untuk adik-adiknya dan keluarganya. Nah, anak perempuan pertama cenderung lebih dekat dengan ibunya sehingga dia juga akan memiliki sifat yang sama dengan ibunya.

4. Lebih peduli untuk pendidikannya

Sebagai anak pertama, pastinya harus bisa menjadi contoh yang baik untuk adik-adiknya. Oleh sebab itu, anak perempuan pertama akan cenderung lebih peduli untuk pendidikannya. Dengan peduli terhadap pendidikannya, maka kesuksesan akan didapat dengan mudah.

5. Paling mengerti kesulitan yang dialami orang tuanya.

Dalam menghadapi kehidupan, ada saatnya mengalami saat-saat pahit dengan beberapa kali jatuh bangun menghadapi permasalahan. Nah, anak pertama yang sudah sering mengalami hal semacam itu akan jarang bersikap manja baik kepada orang tuanya maupun orang lain. Hal tersebut didapat berdasarkan proses hidupnya bersama kedua orang tuanya.

6. Anak perempuan pertama tahu cara mewujudkan harapan kedua orang tuanya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, orang tua pastinya punya harapan yang tinggi kepada anak-anaknya. Namun, tidak hanya harapan saja, tetapi juga berdoa untuk kesuksesan anak-anaknya. Anak pertama biasanya jauh lebih paham harapan yang diinginkan oleh orang tuanya. Anak pertama juga tentu akan menjadi pusat perhatian serta harapan penuh dari orang tuanya. Oleh sebab itu, orang tua perlu tahu cara mendidik anak perempuan agar dapat menjadi tumpuan keluarga.

7. Anak pertama perempuan terbiasa untuk mengalah

Anak pertama perempuan sudah pasti mempunyai tugas ganda, yakni selain melindungi adik-adiknya, dia juga mempunyai tugas untuk menjaga adik-adiknya ketika orang tuanya tidak sedang ada di rumah. Hal itulah yang kemudian membuat anak pertama mempunyai naluri untuk jadi orang yang selalu mendamaikan suasana. Selain itu, dia juga terbiasa untuk bersikap lebih lembut kepada adik-adiknya. Hal itu bertujuan agar menciptakan suasan damai dan nyaman di rumah. Sikap yang mengalah itu lebih banyak pada anak permpuan dibandingkan anak-laki-laki.

8. Anak pertama perempuan bisa menjadi calon ibu yang baik

Seperti yang sudah disinggung pada poin ketujuh, Sebagai anak pertama perempuan harus bisa menjaga adik-adiknya ketika orang tua mereka sedang tidak ada di rumah. Sehingga, anak pertama perempuan akan dibiasakan untuk menjaga adik-adiknya sebagaimana peran ibu dalam keluarga. Selain menjaga adik-adiknya, dia juga bisa diandalkan untuk membersihkan rumah dan juga memasak. Oleh sebab itu, pendidikan karakter pada anak pertama perempuan sangat penting saat dewasa nanti.

9. Memiliki tingkat kreativitas yang tinggi

Keunikan anak pertama memang paling menonjol dibandingkan dengan anak-anak yang lain. Anak pertama yang lahirnya belum mempunyai saudara akan lebih banyak bermain dengan anak lain yang seusia. Selain itu, dia pun akan bermain sendiri sehingga rasa ingin tahunya lebih kuat. Otomatis kreatifitasnya juga ikut berkembang. Bagaimana dia bisa bermain dengan teman-teman sebayanya, atau mencoba-hal-hal baru. Ketika dia sudah memiliki adik, dia akan membantu adiknya untuk membuat sebuah kreatifitas.


10. Berusaha agar bisa hidup mandiri

Anak pertama perempuan biasanya juga cenderung dapat diandalkan untuk hidup mandiri. Hal ini disebabkan anak pertama perempuan sudah terbiasa mengurus adik-adiknya dan juga bantu pekerjaan rumah seperti yang sudah utarakan pada poin kelima. Oleh sebab itu, karena sudah dibiasakan hal-hal semacam itu, maka tidaklah heran jika anak pertama perempuan juga bisa hidup secara mandiri.

Itulah 10 kelebihan anak pertama perempuan di dalam keluarga. dari pembahasan tersebut bukan untuk ajang perbandingan di antara anak pertama perempuan dan anak pertama laki-laki. Biar bagaimanapun anak-anak tetaplah buah hati yang harus dijaga oleh kedua orang tuanya sehingga kelak anak akan memiliki ciri-ciri orang sukses dari kecil . Selain itu, dia juga bisa membanggakan kedua orang tuanya dan membanggakan orang-orang yang disayanginya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Anak Anak