13 Cara Menjadi Orang Sabar dan Ikhlas Menghadapi Berbagai Masalah

Banyak hal yang bisa membuat kesabaran dan keikhlasan kita terasa teruji. Dan semuanya itu mungkin terasa berat untuk kita karena tidak sesuai dengan apa yang kita inginkan dan kita harapkan dalam hidup. Namun takdir berkata lain yang membuat kita mau tak mau harus bisa menjalaninya dengan sabar dan ikhlas.

ads

Untuk menjadi sabar dan ikhlas itu juga tidak mudah karena akan masih ada banyak cobaan dan godaan yang akan membuat diri kita khilaf. Dan jika hawa nafsu dituruti maka hidup akan menjadi berantakan dan bisa-bisa membawa kita ke jalan yang salah. Maka dari itu kita harus bisa menjalaninya dengan kesabaran dan keikhlasan. Namun bagaimana caranya? Simak cara bersikap sabar dan ikhlas berikut ini.

  1. Mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa

Hal pertama yang bisa meningkatkan kesabaran seseorang adalah dengan cara medekatkan diri kepada Sang Pencipta. Dengan mendekatkan diri kepada-Nya maka tanpa disadari diri kita akan berubah menjadi pribadi yang lebih baik dan berhati lembut.

  1. Mau menerima takdir dan kenyataan.

Jangan pernah menentang takdir yang datang dalam kehidupan kita karena kita tidak akan mampu untuk menolaknya. Untuk bisa sabar menghadapi bermacam persoalan kita harus bisa menerima takdir dan kenyataan terlebih dahulu dengan cara membuat hati ikhlas.

  1. Selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki.

Syukuri apa yang telah dimiliki saat ini merupakan salah satu cara menjadi orang yang sabar dan ikhlas dalam menjalani kehidupan. Dengan bersyukur akan membuat diri kita lebih mudah menerima segalanya dengan lapang dada.

  1. Selalu memandang ke bawah, yaitu kepada orang-orang yang jauh kurang beruntung dari pada kita.

Jika kamu memandang ke atas, kepada orang-orang yang memiliki kelebihan dari pada kamu, maka kamu akan ingin untuk menjadi sama dengan mereka sehingga kamu menjadi lupa bersyukur dan sulit untuk ikhlas dalam menjalani hidup. Oleh karena itu belajarlah cara menjadi orang sabar dan rendah hati.

  1. Selalu menilai segala sesuatunya dengan positif.

Selalu berpikiran positif terhadap apa yang ada padamu dan terhadap apa pun yang kamu alami merupakan langkah yang baik untuk mencoba menjadi sabar dan ikhlas.

  1. Menjauhi prasangka buruk.

Jangan selalu berprasangka buruk kepada orang lain atau kejadian yang sedang menimpa dirimu. Ambil hikmah yang ada dibalik semua kejadian itu agar bisa menyadarkan dirimu dan bisa membuatkan lebih sabar dan ikhlas dalam hidup.

  1. Tidak membanggakan segala kelebihan yang dimiliki.

Apa pun kelebihan yang kamu miliki baik itu kepintaran, kekayaan, kesuksesan atau yang lainnya jangan pernah merasa bangga dengan semua itu. Rasa bangga tersebut akan membuat menjadi lupa diri.

  1. Yakin dibalik kesusahan akan ada kemudahan.

Masa–masa sulit yang tengah kamu alami akan membuat kamu bisa lebih sabar menghadapinya karena kesulitan akan mengajarkan kamu untuk bersabar menuju suatu kebahagiaan dan keberhasilan.

  1. Anggaplah semua kejadian buruk yang menimpa merupakan sebuah ujian dan cobaan dalam kehidupan.

Setiap kesulitan yang menimpamu jangan anggap sebagai kutukan karena akan membuat kami menjadi orang yang tidak sabar dan tidak ikhlas. Namun anggaplah semua itu sebgai cobaan dan ujian yang pasti bisa kamu lalui dengan baik dengan cara menghadapi masalah dengan sabar.


  1. Sadari bahwa semua manusia pasti memiliki kesalahan.

Jika kamu terlalu sulit untuk bersabar dan ikhlas maka ketahuilah tidak ada manusia yang sempurna yang tidak memiliki kesalahan. Bahkan diri kita sendiri juga memiliki banyak kesalahan. Oleh karena itu jangan terlalu menghakimi orang lain.

  1. Menjadi orang yang pemaaf.

Untuk bisa sabar dan ikhlas terhadap sesuatu ya harus dengan memaafkan segala yang sudah terjadi. Maaf adalah kunci dari kesabaran dan keikhlasan yang harus tertanam di dalam diri.

  1. Belajar mengendalikan diri dan emosi.

Belajarlah untuk bisa mengendalikan diri dan emosi agar kita bisa menjadi lebih sabar dan menjalani kenyataan dan kitapun juga harus tahu cara megendalikan emosi diri dan juga cara meredam emosi.

  1. Ketahuilah bahwa setiap tindakan akan ada balasannya.

Apa yang kamu tabur itulah yang akan kamu tuai. Apa yang kamu tanam itulah yang akan kamu petik. Pepatah ini menyiratkan bahwa apa yang telah kita perbuat maka kita pun akan menerima balasan dari perbuatan kita. Jika kita berbuat baik maka kita akan menerima hasil yang baik, dan jika kita berbuat jahat maka kita juga akan menerima hasil yang buruk. Dengan menyadari hal ini makan diri kita akan terdorong untuk ingin berbuat baik saja, termasuk dengan ikhlas dan sabar.

Demikianlah 13 cara yang bisa kita lakukan untuk bisa menjadi orang yang penyabar dan ikhlas dalam menjalani masalah dalam kehidupan ini. Ketahui juga cara menghadapi masalah hidup yang selalu ada.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan