Sponsors Link

13 Cara Mengatasi Malas Bangun Pagi Setiap Hari

Sponsors Link

Hallo guys, kali ini kita akan membahas gimana sih caranya agar kita bisa bangun pagi. Pasti diantara kalian semua pernah merasakan ingin sekali bangun pagi tapi tetep aja kesiangan kan guys? Nah disini cintalia akan jelasin tips-tips nya agar kalian semua bisa bangun pagi dan nggak telat untuk pergi kuliah, sekolah ataupun kerja. Bangun pagi memang merupakan hal yang sangat sulit jika kita tidak terbiasa melakukannya, namun kita harus bangun pagi guys karena kita mengawali berbagai macam kegiatan di pagi hari. Mengatasi malas bangun pagi juga merupakan cara menuju pribadi yang lebih baik loh guys, jadi kalian harus memulai untuk merubah hidup kalian agar lebih baik lagi ya guys. (Baca juga: Cara Merubah Kepribadian)

ads

Adapun beberapa penyebab kita jadi malas bangun pagi guys, mungkin kalian memiliki salah satu alasan dibawah ini,

  • Saat kecil diberikan kebebasan oleh orang tuanya untuk mengatur jadwalnya sendiri termasuk tidak bangun pagi, sehingga menjadi kebiasaan ketika dewasa
  • Memiliki kebiasaan begadang hingga waktu tidurnya lewat jam 12 malam dan bangun diatas jam 8 pagi.

Tidak memiliki kegiatan/ aktivitas yang harus dilakukan pada pagi hari yang mengharuskan kalian bangun pagi, misal sekolah, kuliah atau bekerja.  (Baca Juga: Aktivitas Yang Dapat Dilakukan Ketika Bosan)

Meski kalian memiliki latar belakang penyebab malas bangun pagi seperti yang telah disebutkan diatas, untuk permasalahan bangun pagi ini sebenarnya tidak ada kompromi loh guys. Kita harus bangun pagi karena selain berguna untuk kesehatan tubuh ternyata juga dapat memperpanjang usia seorang manusia loh. (Baca juga: Tips Gaya Hidup Sehat)

Bangun pagi ternyata juga dapat membantu kalian untuk menghindari kebiasaan buruk dari sifat malas-malasan loh guys. Sehingga kalian memiliki banyak waktu berkualitas yang dapat kalian manfaatkan dengan baik.

Nah jika kalian sudah mengerti mengenai berbagai macam manfaat yang akan kalian dapatkan dari bangun pagi, berikut ini cintalia bagikan tipsnya agar kalian tidak malas bangun pagi ya guys..

  1. Mengurangi Aktivitas Di Malam Hari

Mengurangi aktivitas di malam hari maksudnya adalah begadang mengerjakan sesuatu yang tidak penting, missal chatting, stalking mantan, ngobrol, main game dan lain sebagainya. Sebaiknya kalian mempersiapkan energy dan tubuh kalian untuk hari esok, agar dapat bersemangat untuk bangun pagi. Tips poin pertama ini kecuali untuk yang bekerja pada shift malam ya, karena malamnya bekerja dan paginya tidur.

  1. Buat Daftar Kegiatan Untuk Esok Hari

Luangkanlah waktu kalian sejenak untuk membuat sebuah perencanaan di esok hari. Merencanakan kegaiatan yang akan kalian lakukan dalam waktu 3- 5 menit saja di malam hari akan membantu kalian lebih memiliki target dan tujuan untuk bangun pagi di keesokan harinya. 5-10 hal yang kalian tuliskan ini terbukti akan membantu kalian lebih mudah untuk menghindari malas bangun pagi dan lebih mudah fokus.

Sponsors Link

  1. Mempersiapkan Kebutuhan Esok Hari

Membiasakan diri untuk mempersiapkan apa yang akan dibawa dan dikerjakan besok ternyata sangat efektif untuk membantu kalian tidak malas bangun pagi loh. Kebiasaan ini biasanya diajarkan oleh orang tua sejak anak menginjak usia sekolah. Kebiasaan ini efektif mengurangi rasa malas bangun pagi kalian karena segala kebutuhan yang kalian siapkan untuk esok hari ini membuat pikiran kalian menjadi tenang dan ringan, sehingga tidak ada beban yang kalian pikirkan ketika ingin bangun pagi. Kalian jadi lebih bersemangat bangun pagi karena sudah siap menghadapi segala aktivitasnya.

  1. Memastikan Jam Tidur Yang Baik

Terkadang orang tidak sadar mengenai berapa jam dia tidur, nah disini kalian wajib mengatur dan mengetahuinya ya guys, karena hal ini menjadi salah satu penyumbang terbesar alasan kenapa kalian malas bangun pagi. Pastikan jam tidur kalian antara 6-8 jam sehari (untuk orang dewasa). Jika kalian sudah mengetahui dan mengaturnya dengan baik, maka secara otomatis tubuh kalian akan sangat siap untuk menjalani hari esok guys. Jika kalian tidur kurang dari 6-8 jam per hari, tubuh kalian memang sudah pasti akan merasa sangat berat untuk bersemangat karena tubuh kalian tidak memiliki waktu istirahat yang cukup. Mulailah belajar mengatur waktu tidur ya guys.

ads
  1. Jauhkan Alat Elektronik (HP, Laptop, Tablet dsb)

Untuk dapat dengan mudah bangun pagi dan tidak merasa malas, kalian juga perlu menjaga kenyamanan dan nyenyak saat tidur. Untuk itu, disarankan untuk menjauhkan alat-alat elektronik dari tubuh kalian ketika kalian sedang tidur. Dering telepon dan notifikasi chat akan membuat kalian ingin segera menjawab dan membacanya karena segera ingin tahu, padahal hal tersebut tidak penting untuk diketahui dan dijawab saat ini juga. Masih ada hari esok yang menanti untuk diselesaikan. Karena itu, aturlah sendiri keniatan kalian untuk dapat bangun pagi ya guys, mulai dari hal-hal kecil seperti ini agar kalian dapat tidur dengan nyenyak dan berkualitas.

  1. Jauhkan Alarm Kalian

Jika kalian suka menekan tombol snooze atau tunda pada alarm yang kalian pasang, hal ini sudah menkaliankan bahwa kalian malas bangun pagi. Maka dari itu caranya adalah dengan menjauhkan alarm dari tempat tidur kalian. Dengan alarm yang jaraknya berada jauh dari kalian, mau tidak mau kalian harus mematikannya dengan cara bangun dari tempat tidur dan mendekat kearah alarm jika ingin alarm tersebut tidak berbunyi lagi. Tapi untuk menjauhkan alarm jangan sampai terlampau jauh ya guys, ditakutkan nanti malah kalian tidak mendengar suara alarm tersebut. Nah cara ini mungkin dapat kalian gunakan agar tidak malas bangun pagi ya guys

  1. Segeralah Mandi

Jika kalian sudah berhasil bangun pagi namun masih tertarik untuk bermalas-malasan di tempat tidur, hal ini lah yang harus kalian kalahkan. Mengalahkan kemalasan diri sendiri memang sangat sulit, namun jika kalian memaksa untuk melakukannya dan membiasakannya, maka lama kelamaan hal tersebut tidak akan berat lagi untuk dilakukan. Salah satunya kalian dapat mengatasih kemalasan dan ketertarikan untuk kembali tidur lagi dengan segera melakukan mandi pagi. Hal ini sangat efektif untuk mengalahkan rasa malas kalian, karena yang ada kalian akan merasa lebih segar dan bersemangat di pagi hari untuk melakukan segala aktivitas harian kalian.

  1. Segeralah Meminum Segelas Air

Ketika kalian sudah berhasil bangun pagi, sangat dianjurkan untuk segera meminum segelas air putih. Selain berpengaruh baik untuk kesehatan, hal ini ternyata juga efektif untuk membuat kalian tetap terjaga dan terhindar dari rasa malas.  Setelah kalian merasa segar dan terhindar dari rasa malas, cobalan untuk segera mandi seperti yang disarankan pada poin ke 7. DIjamin deh, kalian akan lebih bersemangat dan tidak akan lagi malas untuk bangun karena kalian sudah berhasil mengalahkan rasa malas kalian.

  1. Lakukan Olah Raga Pagi Kecil-kecilan

Olahraga pagi dapat kalian lakukan juga agar dapat terhindar dari rasa malas bangun pagi. Biasanya seseorang yang malas bangun pagi bukanlah seseorang yang tidak dapat bangun pagi, namun seseorang yang membiarkan dirinya tetap terlelap meski sudah terbangun dan sadar bahwa hari sudah pagi. Nah, untuk permasalahan malas bangun pagi ini, tips melakukan olahraga kecil setelah bangun pagi memang lumayan berat dan butuh tekad yang bulat. Tapi jika kalian melakukannya, dijamin deh rasa malas kalian akan hilang seketika. Hal ini dikarenakan semua organ tubuh bergerak dan mendapatkan keringat yang cukup untuk membangunkan seluruh tubuh.

  1. Dengarkanlah Musik-musik Pemberi Semangat Pagi

Pada pagi hari ada baiknya kalian mendengarkan lagu-lagu yang memiliki nada penghantar semangat. Jangan dengarkan lagu-lagu mellow di pagi hari, ingat ya guys. Lagu-lagu semangat ini bisa kalian pilih sesuai dengan penyanyi favorit kalian. Yang pasti, jika kalian memiliki tekad bulat untuk bisa menghilangkan rasa malas bangun pagi, tips pada poin 10 ini juga cocok untuk membuat kalian lebih bersemangat dan terhindar dari rasa malas bangun pagi. Sesuaikan irama dengan kegiatan harian kalian yang penuh dengan tantangan dan semangat. Good luck guys.

  1. Pasanglah Alarm Minimal 15 Menit Lebih Awal Dari Waktu Bangun Yang Seharusnya

Memasang alarm minimal 15 menit sebelum kalian seharusnya ini merupakan salah satu cara jitu untuk membiasakan diri dan memberikan waktu kepada tubuh untuk beradaptasi. Dengan cara ini juga kalian tidak akan merasa malas bangun pagi lagi karena telah memiliki waktu yang cukup untuk bersantai sejenak setelah terbangun dari tidur dan mulai memikirkan apa yang hendak dilakukan hari ini dan pagi ini. 

Sponsors Link

  1. Menghindari Makan Berat Sebelum Tidur

Untuk mendapatkan tubuh yang tidak malas bangun pagi, hendaknya kalian melakukan tips pada poin 12 ini. Ya benar, kalian harus menghindari makan berat sebelum tidur, karena makan berat sebelum tidur ini akan memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh kalian loh. Makanan berat yang masuk bisa membuat system pencernaan kalian terpaksa bekerja keras pada saat kalian tidur. Nah hal ini lah yang akan membuat tidur kalian tidak nyenyak dan kebiasaan ini lah yang membuat kalian mengalami insomnia atau sulit tidur. Pada saat pagi pun kondisi organ dalam tubuh juga lelah bekerja mengolah makanan sehingga akan mempengaruhi kinerja tubuh pada pagi hari.

  1. Segeralah Basuh Wajah Kalian Dengan Air

Ketika tersadar dan terbangun dari tidur namun kalian masih memiliki rasa malas untuk bangun dari tempat tidur, sangat dianjurkan untuk membasuh muka kalian dengan air ya guys. Untuk yang beragama islam, kalian juga pasti harus bangun pagi dong karena kalian harus segera melakukan wudlu dan shalat subuh sebelum matahari semakin tinggi, hindari rasa malas ya guys. Nah dengan membasuh wajah kalian dengan air, secara tidak langsung kalian juga telah membasuh kemalasan dari wajah kalian dan mengembalikan kesadaran kalian dengan sepenuhnya.

Nah, sampailah pada kesimpulannya. Jika kalian memang benar-benar menginginkan bisa bangun pagi dan tidak malas bangun pagi, kalian bisa ikuti tips-tips yang sudah cintalia jelaskan diatas tadi ya guys, karena semua tips tersebut sudah banyak yang membuktikannya, Dan cintalia harap, kalian bisa mengatasi kemalasan bangun pagi kalian dengan segera ya.

Ads

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 15th, September 2017 / 08:19 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup