15 Tips Menghilangkan Rasa Malu Di Depan Umum

Malu, canggung atau nervous sering orang alami ketika berada di panggung atau saat berada di depan orang banyak. Tentu saja setiap orang pernah mengalami ini. Walaupun ada yang sudah bisa mengatasi rasa malu tersebut karena sudah berpengalaman dan sering berbicara di depan umum. Sayangnya, masih ada juga yang tidak bisa mengatasi rasa malu dalam dirinya. Ada pula yang lebih parah bahkan merasakan trauma yang kian mendalam, hingga tidak berani sedikitpun berbicara di depan sekian banyak orang. Orang seperti ini akan mengalami keterbatasan dalam beraktifitas. Ia akan menghindari kerumunan orang dan public speaking sebisa mungkin.

ads

Hal – hal dibawah ini adalah tips untuk Anda yang belum bisa mengatasi rasa malu Anda di depan umum. Berikut tips-tips menghilangkan rasa malu:

1. Acuhkan Persepsi Orang Lain

Orang yang tidak bisa mengatasi rasa malu kebanyakan disebabkan karena Ia terlalu memikirkan bagaimana orang lain akan berpikir tentangnya. Apakah aku terlihat baik menurutnya? Bagaimana jika Ia berpikir aku tidak menawan? Bagaimana jika persepsi mereka tentang aku buruk? 

Pikiran seperti itu tidaklah salah, jika digunakan dengan sebaik-baiknya. Gunakan hal ini sebagai tolak ukur Anda untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi dengan catatan tidak membatasi gerak diri Anda. Tolak ukur ini bukanlah hal yang mutlak, karena Anda sendiri yang berpikir demikian. Jangan terlalu hidup dibawah arahan dan persepsi orang lain. Ada kalanya lebih baik jika hidup apa adanya sesuai dengan diri pribadi kita sendiri.

2. Sadari Kelebihan

Setiap orang diciptakan dengan kelebihan masing-masing. Untuk apa merasa malu jika Anda mempunyai kelebihan yang belum tentu dimiliki oleh orang lain di sekitar Anda? Buang jauh-jauh pikiran negatif tentang diri Anda sendiri dan sadari kelebihan Anda.

3. Berpikir Positif

Berpikirlah positif bahwa Anda pun juga bisa melakukan apapun! Anda dianugerahi dengan sebuah kelebihan, maka gunakan hal tersebut dengan membagikannya dengan orang lain di sekitar Anda. Berpikir positif bisa jadi adalah bentuk syukur Anda tentang kelebihan yang Anda miliki.

4. Tenangkan Hati dan Pikiran

Ada kalanya rasa nervous mengambil alih kontrol dalam diri kita. Sehingga kita mati kutu, berdiam kaku dan canggung tak menentu. Sebelum Anda putuskan untuk berbicara di depan umum, tenangkan terlebih dahulu hati dan pikiran Anda. Fokuskan segalanya pada self-improvement dan alam bawah sadar Anda, yakinkan bahwa Anda bisa melakukannya.

5. Percaya Diri

Jangan takut, jangan ragu dan percaya dirilah. Anda menyadari kelebihan yang Anda miliki. Anda pun sudah mampu berpikir positif dan dapat mengontrol hati serta pikiran Anda. Selanjutnya, tidak ada alasan untuk Anda minder dan tidak percaya diri. Show must goes on! Melangkah maju saja dan beranikan diri untuk berbicara di depan mereka dengan lantang.


6. Berani Mengambil Resiko

Orang yang malu berarti Ia enggan untuk memulai karena tidak berani mengambil resiko. Entah karena takut salah berbicara, takut berhadapan dengan orang di depannya atau alasan yang lainnya. Jika Anda ingin bisa mengatasi rasa malu tersebut, beranilah mengambil resiko mulai dari sekarang. Ada bagusnya untuk sekedar men-challenge diri dan keluar dari zona nyaman Anda.

7. Sisihkan Persepsi Negatif

Buang jauh-jauh persepsi dan segala pikiran negatif yang Anda miliki. Tidak ada gunanya berpikiran negatif saat akan melangkah maju. Yang hanya Anda butuhkan adalah energi, kekuatan, percaya diri, keberanian dan senyuman yang menawan.

Artikel lainnya:

8. Belum Tahu Jika Belum Mencoba

Kenapa harus minder, kenapa harus merasa malu, kenapa harus takut jika Anda bahkan belum mencobanya? At least, try it. Paling tidak, Anda pernah mencobanya. Bagaimana Anda mampu mengatasi rasa malu Anda jika Anda bahkan tidak mau mencobanya dalam seumur hidup Anda?

Mencoba sesuatu yang sangat lama kita inginkan akan membawa efek candu tersendiri bagi kita. Ketika kita mampu mengatasi trauma tersebut, kita akan merasa bangga terhadap diri kita sendiri. Dan ingin mencobanya lagi dan lagi.

9. Sayangi Diri Sendiri

Seseorang yang menyayangi dirinya sendiri tidak akan pernah merasa terpuruk dengan rasa malu yang menguasainya. Ia tidak akan mengijinkan rasa malu tersebut mengontrol dan menguasai perasaannya. Sayangi diri Anda, banggalah terhadap diri Anda. Tidak selamanya Anda harus menutup mulut dan menjauh dari publik dan menghindar dari pembicaraan di depan orang banyak.

10. Atasi Ketakutan

Jika Anda mengalami ketakutan yang sangat berat ketika akan berbicara depan umum, atasi ketakutan Anda tersebut terlebih dahulu. Kenapa ketakutan tersebut bisa datang kepada Anda? Cari alasannya dan pecahkan masalahnya. Bagaimana cara saya mengatasi ketakutan ini dalam diri saya? Renungkan dalam diri Anda dan cari caranya sesuai dengan diri Anda. Terkadang hanya diri kita yang mampu mengalahkan diri kita sendiri.

11. Lakukan Terapi

Jika Anda tidak bisa mengatasi rasa malu ini secara sekejap dalam satu percobaan, maka lakukan terapi dengan mencobanya beberapa kali. Seperti mencoba berbicara depan umum setiap ada kesempatan, menjadi pembicara saat presentasi di depan kelas, mencoba berbicara dengan lantang saat di depan orang banyak dan seterusnya. Dengan terapi-terapi kecil yang dilakukan rutin setiap hari seperti ini akan membantu Anda mengatasi rasa malu Anda tersebut.

12. Konsultasi Pada Orang Terdekat

Orang-orang yang paling dekat dengan Anda adalah orang yang paling tahu tentang segalanya mengenai Anda. Ada kalanya Anda harus berkonsultasi dan meminta kritik serta saran kepada mereka tentang trauma dan permasalahan yang Anda alami.

13. Perbanyak Latihan Berbicara Depan Umum

Seperti terapi-terapi yang pernah Anda lakukan, cobalah pula latihan – latihan seperti berbicara di depan umum seperti ini setiap kali ada kesempatan. Sesuatu yang dilakukan dengan sering akan menjadi sebuah hal yang biasa. Anda akan dapat dengan mudah mengatasi rasa malu Anda jika sering mempraktikkan kemampuan berbicara Anda di depan umum sehari-hari.


14. Tersenyum

Jangan lupa bahwa senyuman dapat menentramkan hati dan pikiran Anda di segala macam kondisi. Senyuman tidak akan mendatangkan ketentraman bagi orang lain yang melihatnya, namun juga bagaikan mantra bagi alam bawah sadar Anda untuk bersikap tenang.

15. Jangan Bandingkan Dengan Orang Lain

Jangan pernah melihat orang lain dan bandingkan diri Anda dengannya. Hal ini bisa menjadi hambatan besar bagi Anda ketika ingin meningkatan kualitas diri Anda. Si A lebih baik dari saya, apa saya bisa menyamainya? Dia sangat bagus berbicara depan umum, bagaimana jika saya tidak bisa seperti itu? Ingat. Yang akan Anda hadapi disini adalah diri Anda sendiri. Yang akan Anda kalahkah disini adalah diri Anda sendiri. Untuk menghindari persepsi orang lain, Anda juga harus buang jauh-jauh pikiran membandingkan diri dengan orang lain.

Artikel lainnya:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Oleh :
Kategori : Dewasa