10 Tips Gaya Hidup Sehat dan Awet Muda

Terkadang kita lupa bahwa kesehatan tubuh kita ini adalah sesuatu hal yang sangat perlu disyukuri karena tubuh yang sehat merupakan anugerah yang tidak ternilai harganya. Banyak ungkapan yang menyatakan tubuh sehat itu mahal didapatkan, karena sekali kita jatuh sakit biaya yang dikeluarkan memang bisa saja menguras kantong dibandingkan jika tubuh berada dalam keadaan sehat.

ads

Masih banyak orang yang tidak menyadari pentingnya menjalani pola hidup sehat dan terus melanjutkan kebiasaan – kebiasaan mereka yang tidak sehat walaupun mengetahui akibatnya. Pola hidup diri sendiri yang buruk bisa membawa kita pada penyakit dari mulai ringan sampai berat dan bukan hanya sekedar kondisi tubuh yang tidak bugar.

Menjalani Hidup Sehat

Menjaga pola hidup sehat tidak sulit, bahkan kebanyakan orang mengetahui dasar dari pola hidup sehat ini. Namun yang sulit adalah menumbuhkan tekad dan disiplin diri yang kuat untuk menguatkan diri menjalani hidup sehat, juga cara bersikap sabar untuk cara merubah diri menjadi lebih baik. Sebabnya karena menjalani hidup sehat berarti akan mengorbankan beberapa kenikmatan yang selama ini didapatkan. Cobalah untuk memulai gaya hidup sehat dengan beberapa tips gaya hidup sehat berikut ini:

1. Ketahui dulu kondisi kesehatan diri sendiri

Untuk memulai gaya hidup sehat, Anda bisa mengetahui dulu keadaan kesehatan tubuh Anda sendiri. Apakah sudah ada gejala sakit yang dirasakan, atau masih merasa tubuh Anda bugar? Yang manapun, sebaiknya memulai gaya hidup sehat sesegera mungkin, dan jangan tunggu sampai jatuh sakit dahulu. Periksakan kondisi kesehatan ke dokter agar Anda bisa menentukan gaya hidup sehat mana yang baik dengan kondisi tubuh Anda dan cara mengubah penampilan yang cocok.

2. Mulai mengatur pola makan

Setelah mengetahui keadaan kesehatan Anda, mulailah mengatur pola makan yang cocok dengan yang diperlukan tubuh Anda. Buanglah semua makanan berkalori tinggi dan ganti dengan makanan yang mengandung banyak gizi seperti sayuran dan buah – buahan. Apabila terasa sulit untuk mengatur pola makan, Anda bisa mengurangi sedikit demi sedikit makanan yang berkalori tinggi sampai terbiasa dengan pola makan sehat. Ini termasuk juga makan pada waktunya dan jangan biasakan menunda waktu makan.

2. Lakukan Olah Raga

Kegiatan fisik sangat baik untuk membakar lemak di tubuh dan membuat tubuh tetap bugar serta sehat, juga cara membuat tubuh ideal bagi semua orang. Bagi sebagian orang, berolah raga akan menjadi tantangan tersendiri karena pada dasarnya melakukan hal yang membuat lelah dan berkeringat bukan kegiatan favorit setiap orang. Buang jauh – jauh kemalasan demi tubuh sehat dan tumbuhkan tekad yang kuat untuk tetap menjalani gaya hidup sehat dengan berolah raga.

3. Tidur Cukup

Kebiasaan bergadang sangat tidak baik untuk tubuh. Tubuh yang kurang beristirahat akan menyebabkan fungsinya juga tidak berjalan baik dan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit. Usahakan untuk tidur 8 jam sehari agar tubuh cukup beristirahat dan dapat memulihkan fungsinya kembali. Pikiran Anda akan menjadi lebih jernih dan bisa menemukan cara menjadi pribadi yang baik daripada sebelumnya.

4. Banyak Bergerak

Selain olahraga, kegiatan fisik lainnya adalah membiasakan diri untuk banyak bergerak. Misalnya sesekali membiasakan diri berjalan kaki jika jarak yang dituju tidak jauh daripada naik kendaraan, naik tangga daripada lift, dan sering beranjak dari kursi ketika sedang bekerja didepan komputer agar tubuh tidak kaku. Tubuh yang fit karena banyak gerak akan menjadi cara berpenampilan cantik dan cara mengubah gaya penampilan menjadi lebih bugar.

5. Menjaga Kebersihan

Kebersihan adalah bagian dari gaya hidup sehat. Kita tidak bisa menjalani gaya hidup sehat jika tidak menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat kita tinggal. Karena, melalui tempat yang kotor akan banyak tumbuh subur berbagai jenis kuman dan bakteri penyebab penyakit. Mulailah dengan kebiasaan mencuci tangan setiap kali akan makan dan mandi dua kali sehari, juga seringlah membersihkan rumah dan kamar Anda.


6. Pelihara Rasa Humor

Tertawa adalah kebiasaan yang manjur untuk membuat tubuh dan pikiran tetap sehat. Humor adalah cara menjaga kesehatan hati. Dengan sering tertawa, Anda bisa mendapatkan ketenangan pikiran dan juga tubuh yang sehat. Kelola rasa stres Anda dengan memelihara rasa humor. Dengan demikian Anda akan mendapatkan ketenangan pikiran dan cara menghindari perilaku tercela, serta cara membuat hati ikhlas.

7. Bangun Pagi

Salah satu rahasia gaya hidup sehat adalah bangun pagi. Dengan bangun pagi maka tubuh akan terasa lebih segar setelah malam harinya cukup tidur, dan tubuh yang segar juga akan berpengaruh kepada kondisi emosional dan mental Anda. Bangun pagi akan membuat Anda bisa berpikir jernih dan tahu cara menghilangkan sifat sombong serta cara menghindari sifat takabur.

8. Gunakan Perawatan Alami

Jika Anda ingin memiliki tubuh yang lebih sehat maka perawatan tubuh yang digunakan juga seharusnya beralih kepada perawatan yang alami. Banyak sekali bahan alami yang bisa digunakan untuk merawat kulit misalnya buah – buahan untuk masker wajah, lulur dan jamu tradisional buatan sendiri. Perawatan alami bisa menjadi cara merubah penampilan wanita agar ada cara menjadi wanita anggun dengan tubuh yang terawat baik.


9. Banyak Minum Air Putih

Air putih sangat bagus untuk melunturkan lemak dari tubuh. Usahakan untuk minum air putih dalam jumlah yang cukup setiap harinya, kurangi juga minuman kemasan kegemaran dan semua minuman yang mengandung gula tinggi. Gaya hidup sehat berarti menjauhi semua makanan dan minuman yang tidak sehat pula agar penampilan makin menarik. Penampilan yang menarik adalah salah satu cara menjadi pria idaman wanita.

10. Kelola Stress

Kesibukan sehari – hari bisa membuat Anda merasa stres berkepanjangan. Untuk mengatasinya, Anda bisa meluangkan waktu untuk berlibur, bersantai atau melakukan hobi Anda sehingga bisa mengurangi rasa stres yang dirasakan. Jika stres dapat dikelola, biasanya Anda juga akan lebih mudah mencari cara meredam emosi.

Gaya hidup sehat tidak hanya berupa perbaikan fisik saja, akan tetapi juga mencakup pikiran dan kondisi psikologis yang sehat. Karena pikiran yang tidak sehat akan dapat mengganggu kondisi kesehatan tubuh secara langsung, maka usahakanlah untuk mengubah gaya hidup menjadi sehat secara fisik dan mental pula.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Saturday 29th, October 2016 / 08:30 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup