13 Penyebab Wanita Merokok Paling Berbahaya

Merokok memang bukanlah kebiasaan yang baik, bahkan sering merokok tentunya akan menyebabkan gangguan-gangguan pada kesehatan seseorang. Meskipun begitu, kebiasaan merokok memang tidak dapat terlepaskan bagi beberapa orang. Selama ini kebiasaan merokok identik dengan laki-laki. Namun ternyata kebiasaan merokok ini juga sering dilakukan beberapa wanita, bahkan hingga menjadi perokok aktif untuk jangka waktu yang lama.  Hal ini terbukti dari adanya peningkatan prevalensi merokok pada tahun 2007-2013 yang terjadi di kalangan wanita mulai dari 5,2 % dan meningkat menjadi 6,9 %. Meskipun jumlah perokok wanita memang masih jauh lebih sedikit dibandingkan perokok pria, namun peningkatan ini tentu saja harus mendapatkan perhatian. Hal ini dikarenakan peningkatan julah pada perokok wanita akan sangat berpengaruh pada total jumlah perokok keseluruhan. (baca juga: Cara Membuat Pria Plaboy Jatuh Cinta)

ads

Meskipun bahaya merokok pada wanita akan jauh lebih beresiko, namun tetap saja banyak wanita yang mengabaikan fakta-fakta ini. Ada banyak alasan dan penyebab mengapa wanita dapat merokok. Berikut ini penjelasan lebih lanjut mengenai penyebab wanita merokok yang perlu anda ketahui. (baca juga: Cara Menghilangkan Rasa Kesal)

1. Rasa Penasaran

Ada beberapa wanita yang mulai mencoba merokok dikarenakan rasa penasaran yang dimilikinya. Awalnya mereka penasaran mengenai orang lain di sekitarnya yang memiliki kebiasaan merokok. Bahkan  terkadang mereka sebenarnya malah memperingatkan orang lain di sekitarnya untuk berhenti merokok. Namun karena rasa penasarannya yang begitu tinggi melihat orang lain menikmati rokok akhirnya membuat dirinya nekat untuk mencoba mengetahui rasa tembakau yang dibakar tersebut. Setelah rasa penasarannya tercapai, mungkin beberapa tidak akan pernah mencobanya lagi namun beberapa lainnya malah terus menerus mencoba. (baca juga: Cara Membuat Pria Pendiam Jatuh Cinta)

2. Pelampiasan Stress

Rata-rata wanita yang dilanda stress berat tidak mengerti cara untuk melampiaskan stress nya tersebut. Sehingga membuatnya dapat melampiaskan pada hal-hal yang negatif, salah satunya yaitu dengan merokok. Tidak sedikit wanita muda menggunakan rokok sebagai salah satu cara untuk melepas rasa stress dan beban yang dimilikinya. Kebanyakan dari mereka sering membangun sugesti jika dengan merokok akan membuat stress yang dirasakannya sedikit menghilang. Karena sugesti ini pula lah menyebabkan wanita akhirnya nyaman dengan merokok dan menjadikannya sebagai kebiasaan ketika merasa stress. (baca juga: Cara PDKT Dengan Pria Cuek)

Namun pada beberapa penelitian memang menjelaskan jika kandungan di dalam rokok dapat memberikan perasaan tenang dan mengendurkan syaraf-syaraf yang tegang sehingga menjadi lebih rileks. Tak heran jika hal ini dijadikan pilihan untuk melampiaskan rasa stress yang dihadapinya. (baca juga: Tipe Wanita Yang Disukai Pria Pendiam)

3. Pengaruh Keluarga

Kebiasaan merokok juga bisa dipengaruhi dari kondisi keluarga. Alasan lainnya yang menyebabkan wanita mulai merokok dikarenakan pengaruh dari lingkungan keluarganya. Jika banyak anggota keluarga lainnya yang menjadi perokok aktif, maka sudah menjadi hal yang wajar jika wanita tersebut juga akan merokok karena menurutnya hal tersebut bukanlah aktivitas asing di dalam lingkungan keluarganya. Berawal dari coba-coba mengikuti anggota keluarga lain menyebabkan merokok dapat menjadi kebiasan yang terus menerus dilakukan. (baca juga: Cara Mengatasi Suami Pelit)

4. Mengalami Putus Cinta

Mengalami putus cinta juga dapat menjadi penyebab wanita menjadi perokok. Karena rasa patah hati dan sedih yang dirasakannya membuatnya mencari pelampiasan. Beberapa orang mungkin melampiaskan rasa sedih dan marahnya dengan menonton film, liburan, shopping dan lainnya, namun beberapa wanita lainnya menggunakan rokok untuk pelampiasan. (baca juga: Cara Menghilangkan Rasa CInta Yang Berlebihan)


5. Merasa Kesepian

Merokok juga sering dijadikan pelampiasan baga wanita-wanita yang tidak memiliki pasangan, sehingga bagi mereka rokok menjadi pelampiasan bagi rasa kesendirian yang dirasakannya. Rasa kesepian yang dilaluinya membuatnya mencari cara untuk melampiaskan dirinya pada rokok. Menurut mereka dengan merokok akan sedikit mengurangi rasa kesepian yang dialaminya sehingga tidak terlalu merasakannya. Tentu saja hal ini bukanlah penyelesaian yang tepat dalam permasalahan yang terjadi. (baca juga: Penyebab Rumah Tangga Tidak Berkah)

baca juga:

6. Modernisasi

Tanpa disadari budaya saat ini memang lebih membuat orang-orang memiliki pola pikir terbuka. Namun jika perubahan yang terjadi dalam konteks yang negatif maka tentu saja akan merugikan diri anda sendiri. Banyak wanita yang merokok dikarenakan modernisasi, karena belum adanya norma yang menyatakan jika merokok itu tidak baik maka menyebabkan tidak adanya budaya malu bagi wanita-wanita yang merokok. (baca juga: Ciri Ciri Pria Gay)

7. Ikut-Ikutan Teman

Ada beberapa kasus yang mana kebiasaan merokok seorang wanita diawali karena hanya sekedar ikut-ikutan dengan teman teman di lingkungannya. Karena banyak teman pria atau wanita di sekitarnya yang merokok, sehingga muncul dorongan dari dalam dirinya untuk mencoba menikmati rokok tersebut. Tidak ada alasan spesifik yang menyebabkan awal dari kebiasaan buruk nya tersebut, hanya saja karena lingkungan sosialnya menyebabkan wanita tersebut ikut-ikutan untuk merokok. (baca juga: Cara Mengungkapkan Rasa Sayang Kepada Sahabat)

8. Dibandingkan Menjadi Perokok Pasif

Karena tinggal dan tumbuh di lingkungan yang banyak perokok aktif di dalamnya membuat wanita mulai tidak nyaman karena terus menerus menjadi korban dari asap rokok dari perokok perokok aktif di sekitarnya. Hal ini lah yang menyebabkan wanita tersebut ikut pula merokok. Karena menurutnya menjadi perokok pasif memiliki resiko yang lebih berbahaya dibandingkan perokok aktif. Hal ini didukung pula dengan berbagai penelitian yang sudah dilakukan. Sehingga dibandingkan harus menjadi korban dari asap rokok, maka akan lebih baik untuk menjadi perokok aktif saja. (baca juga: Ciri Ciri Wanita Memberi Harapan Cinta)

9. Agar Fokus Mengerjakan Sesuatu

Beberapa wanita-wanita pekerja biasanya membutuhkan tingkat fokus tinggi dalam mengerjakan pekerjaannya. Untuk itu lah mereka memiliki rokok yang dapat membantunya untuk fokus pada pekerjaan yang dilakukannya. Dapat dikatakan rokok sebagai alat bantu dalam pekerjaannya. Mereka yakin jika rokok akan memperlancar ide-ide kreatif yang ada di dalam otak. Sehingga setiap ada pekerjaan yang membutuhkan fokus yang berlebih maka otomatis dirinya akan mencari rokok dan tidak dapat membatasi diri. (baca juga: Cara Mendekati Calon Mertua Bagi Wanita)

10. Kurangnya Kegiatan

Saat wanita kurang kegiatan dan pekerjaan setiap harinya, bahkan tidak tahu bagaimana cara untuk menghabiskan waktunya. Membuat pikirannya menjadi melayang dan merasa bosan sendiri. Kondisi seperti ini lah yang kemudian memancing seseorang untuk mencari pelarian yaitu merokok. Sehingga penting bagi anda untuk melakukan berbagai aktivitas kecil yang bermanfaat agar waktu luang anda tidak terasa membosankan. (baca juga: Cara Mendapatkan Wanita Idaman)

11. Ingin Menurunkan Berat Badan

Penyebab yang satu ini memang tidak masuk akal, namun beberapa wanita menggunakan alasan ini untuk kebiasaan merokok yang dijalaninya. Banyak wanita beranggapan jika dengan merokok dapat menurunkan berat badan. Meskipun metode ini cukup efektif pada beberapa wanita namun dampak negatif yang dihasilkan akan lebih besar dibandingkan dengan manfaat yang dihasilkan. (baca juga: Ciri Ciri Mantan Yang Sudah Melupakan Kita)

12. Membantu Petani Tembakau

Penyebab wanita merokok yang satu ini memang terbilang tidak masuk akal, namun ada beberapa wanita yang memang berpikiran jika merokok akan dapat membantu perekonomian dari petani-petani tembakau yang ada di Indonesia. Alasan ini kebanyakan dilatarbelakangi oleh semangat anak muda yang memang ingin menjaga agar rokok-rokok khas Indonesia (rokok kretek) tidak akan punah. (baca juga:Cara Membuat Suami Betah Di Rumah)

13. Kebutuhan Sosial

Banyak wanita yang memulai merokok dikarenakan kebutuhan sosial yang ingin dicapainya. Kebanyakan ketergantungan kepada rokok juga dapat bersifat psikologis, tidak hanya fisiologis saja. Secara psikologis, ketergantungan akan merokok biasanya dikarenakan kebutuhan sosial semisal memudahkan untuk bergaul. Sugesti yang ada di dalam pikiran mereka merasa jika rokok membuatnya lebih percaya diri sehingga akan lebih berani saat berada di dalam lingkungan pergaulannya. Selain itu terkadang dengan merokok juga membuat seseorang dapat diterima di dalam sebuah kelompok yang diinginkannya. Hal ini mungkin dilakukan karena sebagian besar dari orang yang ada di kelompok tersebut mayoritas merokok. (baca juga: Cara Menghadapi Masalah Dengan Teman)


Tentang Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok yang dilakukan kaum wanita akan memiliki resiko yang lebih tinggi, mulai dari memicu pertumbuhan sel kanker, mempengaruhi kesuburan, menyebabkan mandul, gangguan kehamilan, dan berbagai macam gangguan kesehatan lainnya yang berbahaya. Untuk itu, menghindari kebiasaan merokok adalah hal yang benar benar harus anda lakukan. Namun bagi anda yang sudah kecanduan, anda bisa mencoba untuk menghilangkan kebiasaan tersebut bertahap namun konsisten. (baca juga: Tanda Wanita Jatuh Cinta Diam Diam)

Menghilangkan kebiasaan untuk merokok memang bukanlah hal yang mudah, namun juga bukan hal sulit yang tidak bisa anda lakukan. Menurut beberapa penelitian yang ada, kebiasaan merokok dapat dihentikan dengan menggantinya dengan kebiasaan lainnya seperti mengkonsumsi permen yang didukung dengan rutinitas lainnya di waktu luang sehingga perlahan dapat menghilangkan rasa ingin merokok. (baca juga: Bahaya Curhat Dengan Lawan Jenis)

Selain itu, jangan lupa untuk menerapkan pola hidup serta kebiasaan yang sehat agar tubuh tetap terlindungi dari gangguan-gangguan penyakit yang berbahaya. Kalau bisa cobalah untuk menjauhi lingkungan-lingkungan yang mana dapat memberikan pengaruh buruk pada anda. Nah itu tadi beberapa penyebab yang dapat membuat wanita mulai merokok. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat untuk anda.

baca juga:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 14th, September 2017 / 08:11 Oleh :
Kategori : Wanita