10 Ciri ciri Orang Dengki Kepada Kita Diam Diam Dari Belakang

Manusia sudah diciptakan oleh Tuhan dengan segala keunikannya. Keunikan tersebut bisa dari fisik, sifat, bahasa, budaya, dll. Bicara soal sifat, hal ini mempunyai keunikan tersendiri di dalam identitas manusia. Contoh, orang yang mempunyai sifat yang ceria selalu identik dengan selalu bahagia. Padahal, Ceria di tampilan luar belum tentu ceria juga di dalam hatinya. Salah satu sifat yang sukar terlihat adalah dengki.

ads

Dengki adalah salah satu sifat tercela yang dimiliki manusia. Penyakit hati yang satu ini ada di dalam setiap manusia. Cara mengenali orang yang dengki sangatlah sulit karena orang-orang seperti ini bermuka dua, dia tampak baik di depan kita tapi dia suka “menusuk” dibelakang. Akan tetapi, meskipun sulit dikenali, ciri ciri orang dengki bisa dilihat maupun dirasakan yaitu melalui sikap dan tingkah lakunya. Seperti apa sih ciri-cirinya? Berikut adalah 10 ciri ciri orang dengki kepada kita yang mudah dikenali.

1. Dia selalu ingin tahu apa yang kita kerjakan

Mungkin kita pernah merasakan seperti di mata-matai oleh seseorang? Contohnya ada seorang teman yang jarang mengobrol dengan kita, namun tiba-tiba selalu bertanya mengenai kegiatan yang kita lakukan. Mungkin kita beranggapan itu biasa saja. Namun, buat orang yang dengki kepada kita, hal tersebut adalah informasi penting karena itu adalah bentuk kekhawatiran dia. Kekhawatiran di sini adalah dia takut kita akan lebih sukses, lebih berhasil, dan lebih hebat dari dia.

Di mata orang yang dengki, kita dianggap rival meskipun kita sendiri biasa saja terhadapnya. Selain alasan tersebut, dengan mengetahui apa saja kegiatan kita, dia juga akan melakukan kegiatan yang sama dengan apa yang kita kerjakan hingga dia memberikan “balasan”  saat sudah merasa melampaui kita. Bahkan, dia bisa melakukan cara apapun demi bisa melampaui kita.

2. Selalu menyindir apapun kegiatan yang kita lakukan

ini cukup mudah diketahui. Apapun kegiatan yang kita lakukan ataupun rencana yang kita persiapkan pasti akan langsung disindir. Sindirannya bisa halus maupun kasar. Padahal, rencana atau kegiatan yang kita lakukan nantinya bisa bermanfaat untuk semua orang. Namun, seperti pada poin 1, karena kita sudah dianggap rival olehnya, maka dia tidak mau kalah dari kita. Dia ingin rencananya atau kegiatan versi dirinya yang lebih berhak digunakan ketimbang rencana atau kegiatan yang kita rancang. Oleh sebab itu, kita harus mencari cara menghadapi sindiran dari teman.

3. Senang melihat kita susah dan susah melihat kita senang

Ini adalah ciri-ciri teman munafik. Padahal, bahaya menjadi orang munafik. Bahayanya adalah dia selalu ingin unggul dari kita dengan segala cara. Mungkin hal itu karena naluri dari rasa dengki itu sendiri. Jadi, di pikirannya dia harus selalu lebih hebat dan kita harus selalu kalah. Oleh sebab itu, apapun yang kita lakukan akan selalu menjadi “tamparan” buat orang dengki tersebut.


4. Tidak ingin mengakui prestasi yang kita buat

Jika sebelumnya kita tidak pernah berprestasi dan suatu saat kita dapat prestasi yang melebihi dia, orang dengki ini tidak akan mengakuinya. Orang dengki akan selalu mempertanyakan prestasi yang kita capai dan mungkin akan lebih banyak berdebat mengenai kelayakan prestasi kita dibandingkan prestasi dirinya sendiri.

5.Selalu mengingat kegagalan yang kita pernah lakukan

Ciri orang-orang dengki kepada kita adalah selalu risih saat kita membicarakan hal-hal baik kepadanya. Orang dengki akan selalu mengingatkan kembali kegagalan-kegagalan yang pernah kita alami. Hal ini dimaksudkan agar kita akan terjerumus lagi ke dalam kegagalan sehingga kita diharapkan tidak bisa berkembang menjadi lebih baik.

6. Orang dengki selalu mengganggu kita

Saat kita sedang sibuk mengerjakan sesuatu, orang dengki akan selalu mengganggu kita. Biasanya mengganggunya adalah saat dia minta bantuan kita terus-menerus. Padahal dia seharusnya sudah tahu kalau kita sedang sibuk. Jika kita minta bantuan padanya, biasanya dia akan selalu mengelak dan selalu ada alasan untuk menolak. Maksud dia melakukan itu agar konsentrasi kita pecah dan tidak fokus sehingga memengaruhi hasil.

7. Biasanya suka meniru kita

Ini juga adalah ciri-ciri orang yang dengki kepada kita. Contohnya, Saat kita sukses berjualan jus buah, maka dia akan ikut-ikutan juga berjualan buah. Selain itu, dia akan selalu berusaha mengalahkan kita dalam usaha tersebut meskipun menggunakan cara-cara licik.

8. Dia akan selalu meragukan keputusanmu

Biasanya saat kita akan memutuskan sesuatu baik itu urusan pribadi maupun pekerjaan, orang yang dengki terus meragukan keputusanmu. Sehingga, kamu pun akan ragu kembali. Tentu saja temanmu yang dengki itu tujuannya agar kamu semakin bimbang dan akan berpengaruh buruk pada urusan pribadi maupun urusan pekerjaan. Jika kita seperti itu, cobalah belajar untuk cara menyikapi orang yang meremehkan kita .

9. Tidak mau mengalah

Orang yang dengki tidak akan pernah mengalah. Seperti pada poin sebelumnya, jika mengalah, maka dipikirannya dia menyerah begitu saja dan membiarkan saingannya menjadi pemenang. Oleh sebab itu, Orang yang dengki biasanya sulit untuk di ajak damai.

10. Selalu mencari alasan agar tidak disalahkan

Seperti pada poin 3, Saat kita terpuruk, maka orang yang dengki akan senang. Selain senang dia juga sudah mempersiapkan seribu alasan agar terhindar dari “kambing hitam”. Biasanya orang dengki akan lebih sering menyalahkan kita jika melakukan kesalahan meskipun itu kecil.

Itulah 10 ciri-ciri orang yang dengki pada kita yang mudah dikenali.Ketika kita sudah tahu ciri-cirinya, alangkah lebih baik kita juga mengetahui cara menghadapi orang iri dan dengki.  Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan