4 Bahaya Menjadi Orang Munafik – Ciri ciri dan Penyebab

Munafik adalah salah satu sifat buruk dari manusia. Berikut ini beberapa penjelasan mengenai munafik dan hal-hal yang berhubungan dengan kemunafikan. Menurut agama islam, munafik memiliki arti seorang yang berpura-pura memeluk agamanya akan tetapi hati mereka ternyata memungkiri hal tersebut. Dalam salah satu ayat Al-Qur’an tepatnya pada surah al-Munafiqun ayat 1-3 menyebutkan mengenai orang munafik. Dalam ayat itu disebutkan bahwa orang munafik itu mengakui bahwa nabi Muhammad adalah rasul Allah. Akan tetapi mereka pada dasarnya tidak meyakini itu. Mereka hanya mengakuinya di dalam mulut mereka saja, akan tetapi di dalam hati mereka, mereka berkata yang sebaliknya dan merupakan ciri ciri orang berbohong.

ads

Ciri orang munafik

Dalam salah satu hadist menyebutkan mengcenai ciri-ciri dari kaum munafik. Ciri-cirinya adalah sebagai berikut;

  • Jika berbicara maka ia berdusta. – Semua apa yang dikatakan orang yang munafik adalah sebuah kebohongan. Maka dari itu, mempercayai orang munafik sama sekali tidak dianjurkan karena hanya akan merugikan anda.
  • Jika berjanji maka ia mengingkari. – Orang-orang munafik benar-benar tak memiliki mulut dan omongan yang bisa dipegang. Orang munafik, ketika mereka berjanji sesuatu, maka mereka akan dengan mudah mengingkarinya. Meskipun mereka beralasan banyak hal, mereka akan tetap menginkari janji mereka. Mereka mengingkari perkataan bahwa janji adalah hutang.
  • Jika dipercaya maka ia berkhianat. – Begitulah orang-orang munafik. Tidak ada satu hal pun dari mereka yang bisa dipercaya dan dipegang kata-katanya. Semua omongan mereka adalah dusta, semua janji mereka pasti diingkari, dan ketika mereka dipercaya, mereka akan dengan mudah berkhianat.

Dari sekian banyak penjelasan mengenai beberapa sifat yang menyebabkan orang menjadi munafik dan beberapa ciri orang munafik, sekarang kita akan berbicara mengenai bahaya menjadi seorang munafik.

Berikut adalah beberapa bahaya menjadi orang munafik :

1. Masuk neraka

Dalam hukum agama, sudah jelas, bahwa tiap orang munafik akan mendapatkan ganjarannya di neraka nanti. Siapa manusia di dunia ini yang ingin masuk neraka? Tentunya tidak ada.

2. Tidak dipercaya

Seperti yang sudah dibicarakan di atas bahwa semua apa yang dikatakan oleh orang munafik adalah dusta. Mereka berlidah dua. Maka ketika anda menjadi orang munafik, jangan harap anda bisa dipercaya lagi oleh orang lain. Rasa percaya adalah satu hal yang penting untuk kehidupan anda. Jika anda sudah tidak mendapatkan kepercayaan dari orang lain, maka anda akan kesulitan dalam banyak hal.

3. Dijauhi banyak orang

Ketika orang-orang sudah tahu apa yang menjadi sifat seorang munafik, maka orang-orang pasti akan menjauhinya. Karena orang-orang takut dengan orang munafik, mereka takut dirugikan dan takut mendapatkan bala bila dekat dengan orang munafik.


4. Kesulitan menjalani hidup

Ketika seorang munafik sudah tidak dipercaya dan dijauhi banyak orang, maka sudah pasti hidupnya akan menjadi lebih susah lagi. Pertama jelas karena ia tak punya seorang pun sebagai tempat meminta pertolongan, dan yang kedua adalah karena setiap perkataannya tak lagi dipercaya orang lain. Menjadi seorang munafik adalah hal yang tidak baik, bukan hanya bagi orang lain, akan tetapi bagi diri anda sendiri. Maka berusahalah untuk selalu menjadi orang yang baik dan jujur, niscaya anda akan mendapatkan balasan yang setimpal.

Penyebab Orang Menjadi Munafik

Orang-orang yang munafik itu tentunya tidak muncul begitu saja. Menurut beberapa literatur, ada beberapa penyebab yang membuat orang-orang menjadi orang yang munafik. Berikut adalah beberapa penyebab orang menjadi munafik. Orang-orang munafik muncul karena sifat takabur yang ada di hati mereka. Takabur adalah sifat sombong seseorang. Ini adalah salah satu sifat yang membuat manusianya merasa bahwa dirinya lebih tinggi dan lebih hebat dari orang lain. Hal ini membuat mereka menjadi munafik karena di satu sisi mereka selalu ingin tampak hebat di depan orang lain dan disisi lain mereka mengingkari kenyataan yang ada dalam diri mereka sendiri.

Sifat dari munafik

Seperti salah satu sifat dari orang-orang munafik, yaitu sifat khianat, penyebab orang menjadi munafik juga salah satunya dalah khianat. Khianat adalah sifat tidak menepati apa yang ia janjikan. Dalam hal ini, seorang manusia tidak bisa menjaga amanahnya dengan baik dan membuat mereka kemudian berkhianat atas apa yang mereka janjikan.


Sifat ini adalah sifat seseorang yang tidak mau dan tidak terima dengan keadaan orang lain yang lebih baik dari dirinya. Bukannya malah termotivasi untuk menjadi lebih baik dari orang itu, mereka yang munafik malah menjadi dengki dan iri hati lalu berusaha menjatuhkan orang yang lebih baik keadaannya dari mereka. Di sisi lain, mereka berusaha menjatuhkan, bisa jadi di sisi yang lain, mereka sok baik di depan orang yang mereka tak suka tersebut.

Riya

Ini adalah salah satu sifat yang paling dibenci oleh Allah SWT. Sifat riya’ adalah sifat dimana ketika kita melakukan ibadah atau hal baik lain, kita tidak melakukannya karena Allah dan ikhlas karena Nya, akan tetapi, kita hanya ingin mendapat pujian dari manusia dan mendapatkan kebanggaan dari apa yang sudah kita lakukan tersebut. ini adalah salah satu sifat yang menyebabkan orang menjadi munafik karena berusaha mengada-ada apa yang ia lakukan hanya untuk mendapatkan pujian dari orang lain.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan