Ketahui 9 Fakta Tentang Kehidupan di Korea Selatan

Berbicara tentang negeri ginseng, Korea Selatan apakah yang ada dalam bayangan kita? Gaya hidup yang menyenangkan, budaya yang menarik, kota yang indah, oppa dan eonni yang rupawan, tempat wisata yang menakjubkan dan semua gambaran yang mengagumkan tentang negara ini seperti apa yang kita lihat dalam kehidupan drama Korea yang selalu berhasil membuat pencintanya tergila-gila. Ya, drama-drama tersebut mampu menghipnotis banyak orang hingga menjadikan negara tersebut sebagai destinasi wisata bagi para traveller. Selain dampak negatif Kpop yang menimbulkan akibat pergaulan bebas di kalangan pelajar, tidakkah kamu ingin tahu tentang kehidupan masyarakat Korea Selatan yang sesungguhnya? Berikut fakta tentang kehidupan di Korea Selatan yang mengejutkan.

ads
  1. Kecantikan, ketampanan dan penampilan sangat tinggi nilainya.

Bisa dilihat para selebriti Korea Selatan memiliki wajahnya sangat cantik dan tampan. Kebanyakan dari masyarakat Korea Selatan mengoperasi wajah mereka demi mendapatkan bentuk wajah yang rupawan. Operasi plastik sudah menjadi hal yang sangat biasa dinegara ini karena mereka sangat fokus dan menjunjung tinggi nilai sebuah penampilan sehingga standar kecantikan dan ketampanan di negara ini juga tinggi. Seseorang yang memiliki wajah yang cantik bisa dibuli habis-habisan disana. Itulah mengapa banyak dari mereka yang memutuskan untuk operasi plastik saja. Selain itu memiliki wajah yang cantik dan tampan dipercaya mampu membuat masa depan lebih cerah karena akan lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan.

  1. Minuman beralkohol menjadi bagian dari budaya.

Minuman beralkohol adalah minuman yang lazim disana. Minuman ini selalu ada di setiap perayaan dan acara formal dan non formal bahkan dalam menyambut tamu, menuangkan segelas alkohol menjadi suatu bentuk kehormatan. Minum hingga mabuk juga sudah menjadi pemandangan biasa. Hal ini juga berhubungan dengan iklim dingin disana yang membuat mereka membutuhkan sesuatu yang bisa menghangatkan tubuh mereka. Minum alkohol juga merupakan cara merayakan tahun baru disana.

  1. Tingkat persaingan yang tinggi.

Masyarakat Korea Selatan sangat menyukai persaingan dalam berbagai aspek kehidupan. Mulai dari pendidikan, gaya hidup, ekonomi hingga penampilan. Persaingan ini membuat sebagian besar masyarakatnya sangat tertekan yang membuat tinggi angka bunuh diri. Kegagalan adalah sesuatu yang sangat memalukan bagi masyarakat sana sehingga memperparah tingkat stres pada masyarakat disana.

  1. Kebiasaan hidup yang serba cepat.

Kehidupan masyarakat Korea Selatan sangat menghargai waktu. Terlihat dari kehidupan sehari-hari mereka yang serba cepat yang bisa dilihat dari cara mereka berjalan yang kebanyakan hampir setengah berlari seperti selalu dikejar waktu. Ungkapan ‘Time is money’ seperti sangat berlaku disini.

  1. Musim dingin dan salju sepertinya sangat menyenangkan, tapi kenyataannya tidak seperti itu.

Kita yang berada di negara tropis yang tak kan pernah dituruni salju ini, selalu beranggapan berada dinegara dengan musim salju ini sangat menyenangkan. Apalagi jika dilihat dalam drama-drama Korea dimana musim dingin sepertinya sangatlah romantis. Pada kenyatannya masyarakat Korea Selatan harus menjalani hidup yang berat kala musim salju datang. Badai dan angin kencang yang disertai debu dari mongol membuat musim dingin di negeri ini terasa berat karena menyulitkan warga dalam beraktivitas.

  1. Bullying masih merajalela.

Tindakan pembulian masih kerap terjadi Korea selatan. Tidak hanya terjadi pada sekolah-sekolah namun juga terhadap masyarakat karena perbedaan status sosial. Ada kesenjangan sosial yang signifikan antara orang kaya dan orang miskin dalam hal pendapatan. Fakta tentang kehidupan di korea selatan adalah masyarakat menengah ke bawah selalu dipandang sebelah mata dan seringkali terjadi pembulian oleh mereka yang memiliki kekuasaan. Sehingga semakin sulit bagi mereka menemukan cara mengatasi masalah ekonomi dalam keluarga.


  1. Dunia pendidikan di Korea Selatan itu berat.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa penduduk Korea Selatan selalu bersaing dalam banyak hal, termasuk pendidikan. Para siswa di tuntut untuk bisa bersaing sehingga siswa disana harus menghabiskan waktu lebih banyak untuk belajar agar tidak tertinggal dari siswa lainnya. Hal ini membuat banyak siswa jadi tertekan karena banyaknya beban belajar akibat standar pendidikannya yang cukup sulit.

  1. Meski terbilang modern, namun masih percaya tahayul.

Meski Korea Selatan sudah menjadi negara maju dan modern namun sebagian besar masyarakatnya masih percaya dengan tahayul dan mitos. Budaya yang kentak dan gaya hidup yang modern seakan hidup berdampingan di negeri ini. Seperti kepercayaan warga Korea akan tinta merah yang melindungi orang mati dan mengusir setan serta kepercayaan lainnya yang masih erat melekat.

  1. Wajib militer.

Dalam drama Korea istilah wajib militer sudah tidak asing lagi. Wajib militer adalah program pemerintahannya yang mewajibkan semua pria yang telah berumur 28 tahun untuk mengikuti wajib militer selama 21 bulan.

Demikianlah 9 fakta tentang kehidupan di Korea Selatan yang tidak seindah drama Korea yang selalu menampilkan kisah paling mengharukan tentang cinta. Setelah mengetahui fakta di atas apakah kamu masih tertarik untuk tinggal di negara ini?

 

, , ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan