10 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik dalam Organisasi agar Disenangi

Jalannya sebuah organisasi harus dipimpin oleh seseorang yang mampu menggerakkan organisasi tersebut sampai pada tujuannya. Seorang pemimpin, dalam segi apapun harus memiliki sikap yang  baik dan mampu mengendalikan situasi dalam keadaan tertentu. Pemimpin dalam organisasi juga harus tahu cara membuat keputusan yang tepat yang disetujui oleh semua anggotanya. Seorang pemimpin tentu juga harus memiliki citra yang baik. Lantas bagaimana cara menjadi pemimpin yang baik dalam organisasi dan disenangi semua anggotanya? Simak cara menjadi pemimpin yang baik berikut ini.

ads
  1. Mau mendengarkan pendapat dan keinginan para anggota.

Sebagai seorang pemimpin, pendapat, saran dan masukan dari para anggota organisasi harus diterima dan dipertimbangkan dengan baik. Jangan merasa kamu tidak butuh saran dan pendapat karena kamu adalah pemimpin dan mereka hanyalah anggota. Sikap seperti ini akan membuat kamu terlihat menjadi pemimpin yang arogan.

  1. Bisa bersikap tegas dalam memimpin.

Ketegasan adalah satu sikap yang harus dimiliki seorang pemimpin agar disegani oleh para anggota. Jika tidak mampu bersikap tegas, kamu akan diremehkan para anggota dan dianggap tidak becus dalam memimpin sebuah organisasi. Tapi perlu diingat, cara menjadi tegas dalam memimpin bukanlah dengan bersikap keras, namun dengan tidak bersikap plin plan dan tahu cara mengambil keputusan yang tepat.

  1. Bertanggung jawab penuh terhadap organisasi.

Segala yang terjadi dalam organisasi menjadi tanggung jawab seorang pemimpin. Saat terjadi kesalahan atau adanya kinerja yang tidak sesuai, jangan lari dari tanggung jawab dan menyalahkan para anggota yang tidak becus dalam menjalankan tugas mereka. Namun sebagai pemimpin kamu harus bisa mengatasi masalah yang ada dengan cara mencarikan solusi yang tepat. Hal ini sama saja dengan melimpahkan kesalahan yang terjadi secara penuh kepada anggota.

  1. Ikut serta dalam menjalankan organisasi.

Jangan jadi pemimpin yang seperti seorang bos, yang hanya bisa menyuruh para anggota bekerja. Namun jadilah pemimpin yang ikut serta dalam menjalankan program organisasi dan mampu mengarahkan anggota dengan baik.

  1. Memiliki pengetahuan dan wawasan yang luas.

Satu hal lagi yang harus dimiliki pemimpin adalah harus memiliki wawasan luas dan berilmu pengetahuan. Tanpa ilmu pengetahuan dan wawasan yang mumpuni, bagaimana seseorang bisa memimpin dan menjalankan organisasi dengan baik? Dengan ilmu pengetahuan dan wawasan yang ia miliki nantinya ia bisa membuat keputusan dengan baik dan benar. Pengetahuan yang luas juga menjadi cara agar percaya diri berada di posisi kepemimpinan.

  1. Bisa menjaga interaksi yang baik dalam organisasi.

Cara menjadi pemimpin yang baik dalam organisasi itu juga harus bisa membangun interaksi yang baik dengan para anggota. Hal ini sangat penting dilakukan jika ingin disenangi semua anggota organisasi. Jangan seperti pemimpin yang arogan dan bersikap selalu memerintah seperti bos kepada bawahan. Apalagi bersikap sewenang-wenang kepada anggota. Hal ini bisa menimbulkan rasa tidak senang dari anggota organisasi yang kamu pimpin.

  1. Mau mengakui kesalahan dan kekurangan.

Jika memang ada kesalahan yang berasal dari diri kamu sendiri, jangan malu  untuk mengakuinya. Jangan malu untuk mengakui kekurangan yang terlihat, apalagi berusaha menutupinya dengan berdalih untuk membela diri. Itu akan membuat kamu terlihat seperti pemimpin yang munafik.


  1. Mampu memberi contoh yang baik sebagai panutan.

Pemimpin yang baik juga harus bisa memberikan contoh yang baik untuk semua orang, terutama anggotanya sendiri. Salah satunya bisa dengan cara menjadi pribadi yang baik. Apa yang kamu lakukan akan sangat berpengaruh terhadap penilaian kamu sebagai seorang pemimpin. Pantas atau tidaknya seseorang jadi pemimpin akan dilihat dari tingkah laku dan tutur bicaranya.

  1. Memiliki pendirian dan tidak mudah terpengaruh.

Pemimpin harus memiliki pendirian yang tidak mudah tergoyahkan oleh apapun. Apalagi mudah terpengaruh oleh omongan orang lain yang tidak benar yang justru memiliki motif lain. Jika kamu tidak berpendirian, seseorang bisa saja memanfaatkan kepemimpinan kamu untuk keuntungannya sendiri atau malah berniat untuk menggulingkan posisi kamu sebagai pemimpin.

  1. Bisa menghargai orang lain.

Orang yang baik bisa menghargai orang lain sekali pun kepada orang yang lebih lemah sekalipun. Ia juga bisa menghargai perbedaan dan kekurangan dari orang lain. Tidak pernah meremehkan orang lain karena status sosialnya serta harus tahu cara menjaga perasaan orang lain. Menghargai orang lain bisa menjadikanmu sebagai seorang pemimpin yang baik.

Demikianlah 10 cara menjadi pemimpin yang baik dalam organisasi agar disenangi dan disegani oleh semua anggota organisasi. Pemimpin yang baik juga harus belajar cara meningkatkan harga diri agar bisa menjadi pemimpin yang pantas dihargai. Jika kamu berkeinginan menjadi pemimpin harus simak tips agar disukai banyak orang sebagai langkah awal untuk memenangkan hati orang lain.

, ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan