Suasana Hati Memburuk? Kenali 12 Penyebab Bad Mood yang Sering Kita Alami

Sering kali kita melihat seseorang berada dalam kondisi mood yang baik tiba-tiba berubah menjadi buruk dalam sekejap. Hal ini dialami dan dirasakan oleh semua orang terlebih bagi mereka yang memiliki banyak faktor yang bisa menyebabkan bad mood.

ads

Faktor yang mempengaruhi suasana hati itu sangat banyak mulai dari lingkungan dan juga bisa berasal dari dalam diri sendiri. Jangan heran juga kalau tiba-tiba pacar kamu marah karena bad mood juga memiliki pengaruh besar sebagai penyebab pacar marah tanpa sebab. Bad mood juga menjadi penyeBerikut adalah beberapa faktor penyebab bad mood dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Gangguan hormon.

Adanya gangguan ataupun perubahan hormon dalam tubuh bisa membuat kita tiba-tiba saja menjadi bad moon. Biasanya perubahan suasa hati dipengaruhi oleh hormon progesteron pada laki-laki dan hormon estrogen pada perempuan.

Perubahan hormon ini di dalam tubuh akan menyebabkan perubahan emosi pada seseorang yang juga menjadi penyebab bab mood. Pada perempuan bisa terlihat pada saat mengalami PMS.

  1. Stres dan tertekan.

Stres yang disebabkan oleh banyak hal mulai dari masalah pekerjaan, masalah hidup dan masalah lainnya juga berdampak besar dalam membuat mood kita menjadi buruk. Berada dalam berbagai permasalahan bisa membuat suasana hati menjadi buruk. Jadi jangan heran kenapa suami marah tanpa sebab saat dirumah. Mungkin ada beban dikantor yang membuat ia stres dan tertekan.

  1. Sedang marah dan kesal.

Terkadang ada saja hal yang membuat kita menjadi marah dan kesal seperti pekerjaan yang tidak berjalan lancar, terjadi sesuatu yang tidak sesuai keinginan atau drama dalam rumah tangga yang tiada habisanya. Rasa marah dan kesal jelas akan membuat mood kita menjadi buruk, kalau sudah begini cara menghilangkan rasa kesal dan marah yang baik adalah dengan cara menenangkan hati dan pikiran.

  1. Masalah yang belum terselesaikan.

Berada ditengah-tengah masalah yang tak kunjung usai juga membuat suasana hati kita menjadi tidak karuan. Masalah yang menumpuk yang belum terselesaikan juga membuat kita lebih mudah bad mood. Untuk  itu selesaikan masalah segera mungkin agar bisa hidup tenang dan nyaman.

  1. Kurang tidur dan istirahat.

Kurang tidur dan istirahat dimalam hari akan membuat kita mengantuk ketika beraktivitas di siang hari. Tidak cukup istirahat juga membuat kita menjadi lebih mudah merasa capek dan lelah.

Kalau sudah begini bad mood biasanya juga lebih cepat melanda yang tandai dengan menjadi lebih mudah kesal. Untuk mengatasinya segera temukan cara menghilangkan rasa malas dan ngantuk sebelum mood benar-benar buruk.

  1. Rasa letih dan lelah.

Rasa letih dan lelah karena pekerjaan yang tidak ada habisnya juga menjadi penyebab bad mood lebih mudah datang pada seseorang. Pekerjaan yang menyita waktu dan tenaga tidak memberikan celah untuk beristirahat sejenak sehingga kita menjadi lebih cepat marah.

  1. Stres dan tertekan.

Stres berkepanjangan akan membawa seseorang pada keadaan depresi yang membuat mood penderitanya menjadi buruk. Depresi akan menyebabkan seseorang mengalami gangguan mental sehingga membuat seseorang menjadi mudah marah dan gampang tersinggung karena berada dalam kondisi mood yang tidak baik.


  1. Kekurangan nutrisi dan dehidrasi.

Tahukah kamu, saat tubuh kekurangan nutrisi penting dan juga cairan ternyata bisa mempengaruhi kondisi mental yang pada akhirnya juga mempengaruhi perubahan mood seseorang. Tubuh yang kurang nutrisi dan cairan membuat kita menjadi mudah capek, tidak fokus dan tidak semangat sehingga membuat suasana hati menjadi buruk. Baiknya penuhi kebutuhan nutrisi harian tubuh, selain merupakan cara membuat tubuh ideal juga bisa mengurangi mood yang buruk.

  1. Perasaan terganggu dan tidak senang oleh sesuatu.

Banyak hal yang menjadi penyebab bad mood yang berasal dari lingkungan sekitar kita. Seperti merasa terganggu oleh orang lain, perasaan tidak senang saat melihat atau mendengar sesuatu, dan berbagai hal lainnya yang memicu perasaan kita menjadi buruk.

  1. Pekerjaan yang menumpuk.

Terkadang rasa malas membuat kita menumpuk-numpuk pekerjaan dan tanpa disadari pekerjaan banyak yang terbengkalai. Melihat pekerjaan yang makin hari makin banyak dijamin akan membuat kita menjadi bad mood saat harus segera menyelesaikannya.

  1. Pengaruh obat-obatan.

Obat yang dikonsumsi juga berperan dalam mempengaruhi mood seseorang menjadi buruk. Obat-obatan seperti pil diet bisa membuat seseorang lebih mudah marah karena pengaruh metabolisme tubuh yang cepat dan juga rasa cemas terus menerus.

  1. Kecewa.

Perasaan kecewa mampu merubah mood seseorang dengan cepat. Seseorang yang merasa bahagia dan baik-baik saja akan berubah dengan cepat ketika mengetahui sesuatu yang membuat ia kecewa. Seseorang yang merasa bad mood karena kecewa bisa terlihat dari kehilangan semangat dan keceriaan, kesedihan, amarah dan juga tangisan.

Itulah 12 faktor yang menjadi penyebab bad mood yang sering dijumpai dalam kehidupan kita. Agar kita tidak sering berada dalam mood yang buruk sebaiknya selalu berpikir positif dalam kehidupan dan juga menerapkan tips gaya hidup sehat.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan