Ketahui Dulu 8 Sifat yang Harus Dimiliki Wirausaha! Jika Ingin Membangun Usaha

Untuk berwirausaha seseorang harus mampu melihat peluang yang ada di sekitarnya. Dalam berwirausaha seseorang juga harus memiliki beragam ide agar bisa terus berinovasi dengan hasil karya ciptaannya yang mampu memberikan nilai guna nan tinggi. Orang yang berwirausaha juga harus kreatif menciptakan karya-karya baru yang bermanfaat bagi orang lain. Kebebasan dalam berkreasi dan berinovasi inilah yang juga menjadi alasan seseorang menjadi wirausaha.

Menjadi seorang wirausahawan tentu bukan hal yang mudah mengingat banyaknya pesaing di pasaran. Jika lengah sedikit seorang wirausahawan yang telah berusaha keras bisa saja mengalami kegagalan karena persaingan. Karena itu agar sukses dalam berwirausaha seseorang harus tahu berbagai cara yang dilakukan untuk dapat bekerja keras, pantang menyerah dan ulet dan paham dengan sifat-sifat yang harus dimiliki wirausaha. Apa saja itu?

1. Berkomitmen Tinggi

Seorang wirausaha harus berkomitmen tinggi pada dirinya sendiri maupun orang lain dalam menjalankan usahanya. Contohnya saja dalam menghasilkan produk, seorang wirausaha harus memiliki komitmen untuk menghasilkan produk berkualitas yang mampu memuaskan konsumennya.

Dalam hal pelayanan pun demikian seorang wirausaha harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada para pelanggannya. Jika komitmen ini terjaga dengan baik maka dengan perlahan usaha yang dirintisnya pun akan tumbuh dan berkembang dengan baik karena dasar kepercayaan dan kepuasan dari konsumen.

2. Mampu untuk Mandiri

Mandiri merupakan sifat yang harus dimiliki wirausaha dalam menjalankan usahanya. Yang artinya seorang wirausaha tidak lagi bergantung kepada pihak lain dalam menjalankan usahanya sendiri. Ia mampu mengambil keputusan terbaik untuk usahanya tanpa campur tangan orang lain dan bisa menentukan mana langkah yang paling tepat untuk kesuksesan usahanya.

3. Jujur

Seorang wirausaha harus jujur dalam menjelaskan karakteristik produk yang dijual atau jasa yang ia tawarkan. Jujur juga merupakan prinsip dasar untuk kesuksesan usaha yang dikembangkan. Tanpa kejujuran konsumen dan para pelanggan loyal akan sulit didapat.

Jika seorang wirausaha tidak jujur maka bukan hal yang tidak mungkin usahanya akan segera gulung tikar karena tidak mendapatkan citra yang baik dari masyarakat. Membohongi para pelanggan tentang produk yang ditawarkan sama saja dengan membunuh usaha sendiri. Kebangkrutan menjadi akibat orang yang sering berbohong dalam berusaha.

4. Realistis

Sifat yang harus dimiliki wirausaha lainnya adalah realistis. Seorang wirausaha harus bisa menerima kenyataan berupa kritik dan saran terhadap produk yang ditawarkan dalam usahanya. Seorang wirausaha sukses harus bisa berpikir secara realistis dan rasional dalam mengambil keputusan.

Terima semua kritik dan saran dari orang lain dalam seleksilah dengan cerdas mana yang bagus dan mana yang tidak. Meski kritik dan saran pada orang lain itu dibutuhkan namun tidak semuanya pula yang baik untuk diterapkan. Dan jangan pula merasa tidak membutuhkan kritikan karena merasa apa yang dihasilkan dan diciptakan dari usaha yang dijalankan sudah sangat sempurna.

5. Kreatif

Seorang wirausaha juga harus kreatif dalam menghasilkan atau produk atau dalam menawarkan jasa. Bersiap menghadapi berbagai perubahan dan perkembangan baru seiring minat di pasaran. Dan juga harus mampu menciptakan sesuatu yang diminati banyak orang namun berbeda dari yang lain. Kreatif juga mencakup kemampuan untuk mengkombinasikan sesuatu yang lama dengan sesuatu yang baru.

6. Percaya Diri dan Optimis

Percaya diri dan optimis juga merupakan sifat yang harus dimiliki wirausaha. Seorang wirausaha harus siap dan matang dari sisi emosional. Tidak mudah marah, tersinggung, dan menyerah dengan keadaan apapun. Percaya bahwa ia mampu menjalankan usahanya dengan baik dan tentunya juga harus diiringi dengan usaha keras dan strategi yang matang. Tidak mudah menyerah hanya karena menghadapi satu kegagalan.

Jika merasa kurang percaya diri dengan usaha yang akan dijalankan, cobalah untuk belajar lagi cara membangun percaya diri dalam berwirausaha. Tanpa rasa percaya diri dan optimis untuk bisa sukses, akan sulit bagi seseorang untuk menjalankan usahanya mengingat kerasnya persaingan yang ada dalam dunia usaha.

7. Disiplin

Seorang wirausaha juga harus memiliki kedisiplinan terhadap waktu, diri sendiri dan pekerjaan. Mampu menghargai waktu dan tidak menyia-nyiakan waktu dalam menjalankan usaha. Memiliki sistem kerja yang baik dan teratur baik dalam memproduksi maupun menyelesaikan pekerjaan lainnya tanpa mengabaikan kualitas. Dan tentunya seorang wirausaha sukses tidak akan mengulur waktu dalam menyelesaikan pekerjaan.

8. Siap Menghadapi Risiko

Sifat yang harus dimiliki wirausaha yang harus dipupuk adalah siap mental dalam menghadapi risiko. Dalam berusaha pasti akan ada risiko, baik besar maupun kecil. Kalau tidak menyiapkan risiko dan rintangan dalam dunia usaha, maka seseorang tidak akan siap membawa usahanya menuju kesuksesan.

Itulah 8 sifat yang harus dimiliki wirausaha saat mulai merintis dan menjalankan usaha baru. Selain itu seorang wirausaha harus belajar cara menjadi dewasa dalam berpikir dan tahu cara bersikap tenang dalam menghadapi masalah yang muncul di kemudian hari.