6 Sifat Buruk Alami Manusia Ini Tidak Baik untuk Dipelihara

Manusia memang terlahir dengan sifat baik dan buruk yang secara alami tertanam dalam diri. Hanya saja sifat baik dan buruk ini porsinya berbeda pada setiap orang. Ada yang mampu mengontrol dan membuang lebih banyak sifat baiknya dan ada pula yang tak mampu dan hidup dengan sifat buruknya. Mempertahankan sifat buruk tentunya akan merugikan diri sendiri dan orang lain.

Dalam lingkungan dan pergaulan, sifat buruk kurang mendapat tempat karena banyak orang yang tak menyukainya. Sikap buruk terpelihara tak lepas dari ego diri yang sangat besar. Seperti apa sifat buruk alami manusia yang tidak disukai ini? Yuk, simak lebih lanjut agar kita juga bisa membuang sifat buruk dari dalam diri kita.

1. Kurang Nyaman Mendengar Kabar Baik Tentang Orang Lain

Salah satu sifat buruk alami manusia yang hampir dirasakan oleh banyak orang adalah merasa kurang nyaman ketika mendengar kabar baik menimpa orang lain. Bukan hanya kabar baik yang dialami oleh musuh atau orang yang tidak disenangi saja, tapi juga kabar baik yang dialami oleh orang-orang terdekat.

Ada sedikit rasa rendah diri atau minder yang menyelimuti diri kala mendengar suatu kebaikan datang pada orang lain. Sifat alamiah inilah yang terkadang juga jadi penyebab orang iri dengan kita. Tentunya hal ini akan berkembang menjadi penyakit hati jika dikuasai oleh rasa iri dan dengki. Jika dipelihara, akibat iri hati dan dengki juga tidak baik untuk diri kita sendiri.

2. Menertawakan Kekurangan Orang Lain

Sifat buruk alami manusia yang terlihat sangat jelas adalah suka menertawakan kekurangan orang lain. Kekurangan yang dimiliki orang lain seringkali dijadikan sebagai lelucon dan bahan tertawaan saat berkumpul dengan yang lain. Bahkan sifat ini juga sudah terlihat dari usia kanak-kanak dan sudah umum terjadi. Sementara orang yang memiliki kelebihan pun akan berusaha ditertawakan dengan menggali dan menonjolkan kekurangannya.

3. Merasa Diri Sendiri adalah yang Terbaik

Sifat buruk alami manusia yang juga tak baik adalah saat merasa diri sendiri adalah yang terbaik dari yang lain. Menyadari dan menonjolkan kelebihan sendiri dan menilai diri sendiri jauh lebih baik dari orang lain. Merasa sombong dengan kemampuan sendiri dan tidak mengakui kemampuan orang lain.

Sifat seperti inilah yang terkadang membuat seseorang menjadi sombong dan angkuh. Tentu saja sifat ini juga tak bagus untuk dipelihara karena tidak ada manusia yang sempurna. Kalau merasa diri kita dominan dengan sifat buruk ini, maka artinya kita juga masuk ke dalam ciri-ciri orang sombong.

4. Egois

Egois juga sifat buruk alami manusia yang paling mudah dirasakan dalam diri sendiri maupun dalam diri orang lain. Semua manusia itu pasti memiliki rasa egois hanya saja kadarnya yang berbeda-beda. Ada yang mampu mengendalikan dan mengalahkan rasa egois dalam diri dan ada pula yang tidak. Jika merasa diri kita egois, belajarlah cara merubah sifat egois yang terlalu besar dan pahami pula bagaimana cara menghadapi orang egois di sekitar kita.

5. Tidak Mau Puas

Rasa tidak pernah puas dengan apa yang telah dirasakan juga merupakan sifat buruk alami manusia. Manusia selalu ingin mendapatkan lebih dari apa yang telah ia miliki saat ini. Selalu berusaha untuk mendapatkan apa yang ia mau bagaimana pun caranya. Saat satu keinginan telah terpenuhi maka akan muncul keinginan lainnya yang lebih besar dari yang sebelumnya. Dan begitulah seterusnya karena kepuasan manusia itu tak berujung. Ada banyak sekali faktor penyebab sifat manusia yang tidak pernah puas ini yang tak disadari.

6. Suka Mengkritik

Manusia juga suka mengkritik apapun yang ada di depan mata. Hampir semua hal akan dikritik meskipun terlihat baik. Bahkan yang baik pun juga akan terkena kritikan dengan mencari celah kekurangan dan tidak kesempurnaan. Begitulah manusia yang jarang sekali mampu untuk diam menahan diri untuk tidak mengkritik sesuatu. Dan sayangnya, saat mengkritik kehidupan orang lain justru banyak manusia yang lupa dengan kehidupan sendiri yang belum tentu lebih baik.

Itulah 6 sifat buruk alami manusia yang juga ada dalam diri kita tanpa kita sadari. Sifat buruk alamiah dalam diri kita tentu bisa kita batasi dengan cara mengontrol diri untuk tidak bersikap buruk yang dapat merugikan diri sendiri dan orang lain. Ketahui pula ciri-ciri orang berkepribadian ganda yang terkadang sulit dikenali.

Menjaga diri sendiri agar tidak menjadi orang yang berkepribadian buruk juga bisa kita lakukan. Dengan keinginan dari dalam hati kita pun bisa membuang sifat buruk dengan cara mengubah kepribadian buruk menjadi lebih baik.