14 Cara Merubah Sifat Pemalu Menjadi Pemberani yang Paling Jitu

Manusia selalu hidup dengan orang lain, oleh karena itu manusia disebut sebagai makhluk sosial. Sebagai manusia, kita dituntut untuk pandai dalam bersosialisasi, terutama di dalam ranah sekolah maupun pekerjaan. Bersosialisasi sangat di butuhkan untuk mendapatkan teman, sehingga dapat membantu diri kita kedepannya. Bukan berarti mencari teman untuk mengambil keuntungan, akan tetapi memiliki teman juga dapat membantu melepaskan kesepian, dan dapat menjadi teman diskusi disaat sedang membutuhkan pendapat. Menjadi orang yang pemalu, apalagi pemalu akut, dapat membuat seseorang menjadi anti sosial. Orang yang anti sosial tidak akan mampu mengungkapkan pendapat, selain itu orang yang anti sosial akan mudah di manfaatkan karena mereka tidak memiliki teman. Merubah sifat pemalu sangat dibutuhkan untuk menjukkan bagaimana kemampuan kita yang sebenarnya. Oleh karena itu, membuang sifat pemalu dan menjadi individu yang berani, akan mampu membuat kita bertahan dalam tekanan di masyarakat, terutama di lingkungan kerja yang memiliki tingkat persaingan yang tinggi. Nah bagaimana caranya merubah sifat pemalu menjadi berani? Berikut ini tips dan trik spesial buat kamu- kamu yang pemalu.

ads

1. Kenali Kemampuan Diri

Salah satu ciri- ciri dari orang yang pemalu adalah, dia selalu merasa rendah diri. Oleh karena itu, bagi kamu yang pemalu, langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah mulai menggali kemampuan diri. Entah itu di bidang science atau di bidang seni. Mengenali bakatmu dpat dapat dilihat melalui subjek apa yang paling kamu senangi di sekolah. Selain itu, bertanya kepada orang tua, atau melakukan tes bakat minat dapat menjadi alternatif.

2. Tingkatkan Hal yang Paling Jago Kamu Lakukan

Saat berada di bangku sekolah, kamu akan menyadari kemampuan terbaik kamu melalui penilaian yang kamu dapat di tiap semester. Jika kamu selalu mendapatkan nilai tinggi di pelajaran matematika, atau sesuatu yang berhubungan dengan hitung menghitung, berarti kamu jago dalam bidang hitungan. Atau jika kamu sangat bagus dalam bidang hapalan seperti sejarah atau biologi, maka kamu dapat mengasah kemampuan di bidang tersebut. Sehingga kamu akan semakin jago dan berkembang.

3. Asah Hobi Kamu

Setiap orang pasti memiliki hobi. Oleh karena itu, untuk membuat kamu dari pemalu menjadi berani, asahlah hobi atau kegiatan yang kamu sukai. Jika kamu menyukai menggambar, maka asahlah terus. Jika kamu menyukai teka- teki asahlah terus. Mengasah hobi yang kamu miliki, akan menagkatkan rasa percaya diri, sehingga akan mengurangi rasa rendah diri. Selain itu, mengasah hobi, juka dapat mengurangi pemikiran negatif yang ada di dalam dirimu. Beberapa orang yang pemalu, suka bermain game sendirian di dalam kamar. Kamu dapat mengasah kemampuan game kamu bukan sebagai pemain game, tapi dapat kamu kembangkan menjadi pembuat game.

4. Perbanyak Bersosialisasi

Salah satu cara mengurangi sifat pemalu adalah dengan perbanyak sosialisasi. Bertemu dengan banyak orang, berarti kamu harus mampu berbicara dan bersosialisasi dengan meraka. Hal ini untuk melatih mental kamu agar menjadi lebih berani. Selain itu, dengan melakukan banyak sosialisasi, maka akan membuka peluang untuk informasi sebanyak- banyaknya, sehingga kamu dapat lebih banyak cara untuk mengembangkan diri. Akan tetapi bersosialisai terkadang sangat menakutkan bagi orang yang pemalu. Langkah pertama dengan mencoba berbicara dengan orang tua dan tetangga sebelah rumah.


5. Tingkatkan Kepercayaan Diri

Cara menghilangkan sifat pemalu yang lainnya adalah, dengan cara agar percaya diri. Hal ini sangat penting, mengingat orang yang pemalu, tidak akan percaya bahwa kemampuan dia lebih dari yang dia tunjukkan saat ini. Orang percaya diri, akan beranai untuk tampil dan menunjukkan kemampuan yang sudah dia miliki. Kemampuan tersebut dapat menajdi penopang kamu disaat kamu harus tampil di masyarakat.

6. Selalu Berpikiran Positif

Orang yang memiliki keparcayaan diri yang tinggi, akan selalu berusaha berpikiran positif terhadap apapun. Hal ini karena orang yang pemalu akan selalu berpikiran negatif tentang semua hal, dan hal ini akan menghambat langkah kamu untuk menjadi lebih berani. Menjadi berani, berarti kamu harus melihat dunia dengan kacamata yang berbeda, sehingga kamu tidak melihat dunia sebagai sesuatu yang menakutkan, tetapi menjadi sebuah tantangan kamu untuk maju.

7. Belajar Berbicara di Depan Cermin

Salah satu cara mengasah kemampuan berbicara di depan umum, adalah berlatih di depan cermin. Dengan belajar cara berbicara di depan cermin, maka kamu akan mulai belajar untuk merangkai kata- kata, sehingga kamu tidak lagi canggung dan terbata- bata saat harus berbicara di depan umum. Selain itu, berlatih berbicara di depan cermin, akan membuat kamu terbiasa dalam berbicara. Bericara di depan cermin juga menjadi salah satu cara meningkatkan keyakinan diri dan kepercayaan diri

8. Kurangi Interaksi Melalui Media Sosial

Tidak selamanya media sosial adalah hal yang baik. Orang yang pemalu, memiliki kecenderungan untuk menghindari interaksi langsung dengan orang lain. Sehingga orang pemalu lebih mudah muncul di sosial media, dimana ia bisa bersembunyi di dunia online. Akan tetapi, hal tersebut justru semakin mengasah rasa pemalunya. Perbanyak berinteraksi secara langsung lebih baik dalam mengasah keberanian. Bukan berarti melarang sama sekali untuk memakai media sosial. Hanya saja mengurangi pemakaian media sosial dan menambah intensitas bertemu secara langsung, akan lebih membantu dalam mengasah keberanian. Berinteraksi secara langsung adalah salah satu cara menghilangkan sifat pemalu dengan mudah

9. Saat Mulai Gugup, Atur Napas Dalam- Dalam

Kebiasaan orang yang pemalu adalah terlalu mudah untuk gugup. Oleh karena itu, orang yang pemalu lebih suka berada di balik layar, dari pada berada di depan layar. Untuk mengurangi rasa gugup, pergilah ke tempat yang tenang, lalu mulai mengambil napas dalam- dalam. Saat gugup, biasanya napas akan menjadi cepat, pendek, serta denyut jantung menjadi cepat. Hal ini akan membuat asupan oksigen ke otak menjadi sedikit, sehingga pikiran tidak lagi bisa menjadi fokus, serta akan menyebabkan pusing. Belajar mengatur napas di saat gugup, akan membuat denyut jantung menjadi lebih tenang, sehingga napas juga menjadi tenang, sehingga dapat berpikir dengan tenang. Hal ini juga sebagai cara menenangkan hati dan pikiran saat ada masalah. 


10. Ubah Mind Set Menjadi Aku Bisa

Orang yang pemalu, akan sangat mudah untuk berpikir negatif. Sehingga ia akan selalu berpikir bahwa ia tidak bisa. Untuk mengubah mind set ini, orang yang pemalu harus berlatih di depan cermin setiap bangun tidur, dan mengatakan “aku bisa!”, sambil menatap mata sendiri di pantulan cermin. Hal ini untuk melatih diri untuk selalu berpikiran berani dan postif. Selalu berpikir positif, akan memebrikan efek positif juga di dalam kehidupan, sehingga hal ini dapat menjadi cara membahagiakan diri sendiri

11. Belajar Berani Menatap Mata Orang Lain

Saat berbicara dengan orang lain, tataplah mata lawan bicara. Akan tetapi banyak orang pemalu yang lebih memiliki menundukkan pandangan karena malu. Ubahlah kebiasaan itu dengan mulai berani menatap mata lawan bicara. Kamu bisa belajar dengan menatap mata saudaramu atau teman dekat saat berbicara. Jika hal ini terus rutin di pelajari, maka dapat mengubah kebiasaan menunduk bagi kamu yang pemalu.

12. Kurangi Sifat Perasa

Orang yang pemalu, akan sangat mudah terpengaruh dengan omongan- omongan dari orang lain. Terutama omongan negatif mengenai diri mereka. Hal ini menyababkan orang yang pemalu selalu merasa rendah diri, dan tidak mau berkembang. Untuk mengurangi hal itu, belajarlah untuk mulai mengontrol perasaan dengan cara mengendalikan diri dari emosi, sehingga emosi tidak lagi menjadi hal yang mengatur hidup kamu.

13. Asah Niat “Ingin Menjadi Lebih Baik”

Saat kamu mulai berpikir untuk mengubah sifat pemalu menajdi pemberani, maka yang harus kamu lakukan adalah mengasah niat itu tersebut, sehingga tidak menjadi tumpul. Mulailah mengasah niat itu dengan cara merubah diri menjadi lebih baik. Selain itu, tulislah alasan mengapa kamu ingin berubah di tempat yang paling sering kamu liat. Seperti di cermin, di note book, atau di komputer. Sehingga kamu selalu mengingat apa yang menjadi tujuan kamu untuk berubah.

14. Mengatur Visi dan Misi Kedepan

Terakhir adalah dengan mengatur visi dan misi kamu kedepan. Hal ini dibutuhkan, sehingga kamu dapat memiliki tujuan yang jelas. Jika kamu menyukai science atau seni, maka jadikan itu tujuan, dan kembangkan. Mengembangkan diri adalah salah satu cara meningkatkan kepercayaan diri, yang dapat membuat kamu menjadi berani. Memiliki visi dan misi kedepan dapat dilakukan dengan cara merubah sifat menjadi dewasa.

Itulah tadi 14 cara merubah sifat pemalu menjadi pemberani. Yang harusdiperhatikan adalah, kamu memiliki niat yang kuat untuk berubah, sehingga kamu tidak akan berhenti di tengah jalan selama prosesnya. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , ,