6 Cara Menghilangkan Sifat Pemalu Dengan Mudah

Cara menghilangkan sifat pemalu adalah dengan cara melakukan banyak interaksi dengan orang lain sehingga terbiasa memiliki peran di dalam pergaulan. Jika kita memiliki sifat  yang pemalu kita harus menganalisa apa yang menjadi penyebab sifat ini ada. Sifat tersebut bisa muncul akibat dari genetik atau sifat yang diturunkan oleh orang tua. Pendidikan yang tidak begitu baik, dan lain – lain. Namun hal ini tidak perlu terlalu dicemaskan karena akan dapat diatasi dengan perlahan jika kita mau berusaha. Pemalu bukanlah sifat yang memalukan hanya saja butuh adaptasi diri agar dapat berbaur dengan lingkungan dan memiliki kepercayaan diri lebih untuk mengambil peran dalam sebuah pergaulan. Berikut adalah beberapa cara menghilangkan rasa pemalu yang mirip dengan cara menghadapi anak pendiam.

ads

1. Mulai Percaya Diri

Cara menghilangkan sifat pemalu adalah mulai percaya pada diri sendiri. Seseorang dengan sifat yang pemalu harus mencari kenyamanan untuk diri sendiri. Hal ini akan membuat percaya diri perlahan tumbuh atas keyakinan diri yang dimiliki. Cara memulai hal ini tentu tidak mudah, kita harus mengenal apa yang menjadi potensi dari diri sendiri sehingga dapat memiliki kepercayaan pada diri sendiri. Cara menghadapi diri sendiri akan berbeda dengan cara menghadapi pria arogan.

2. Berhenti Mengeluhkan Kekurangan

Cara menghilangkan sifat pemalu adalah dengan berhenti mengeluhkan kekurangan yang dimiliki dalam diri. Mulai saat ini sebaiknya mulai fokus pada cita – cita dan kemampuan diri daripda hanya fokus kepada kekurangan diri. Hal tersebut tidak akan pernah selesai karena kita harus sadar jika kita hanyalah mahluk yang tidak sempurna. Kita harus mulai melawan ketakutan dalam diri karena itu adalah cara untuk menjadi pribadi yang dihargai. Jadi lebih baik fokus bagaimana cara untuk mengembangkan kemampuan yang telah dimiliki.

3. Jangan Pernah Membandingkan Diri Sendiri dan Orang Lain

Kebiasaan buruk orang yang kehilangan percaya diri adalah senantiasa untuk membanding- bandingkan diri dengan orang lain. Kita harus menyadari jika setiap manusia telah diberi Tuhan kelebihan dan juga memiliki kekurangan yang berbeda. Jadi jangan pernah berpikir untuk memaksakan semua orang itu sama. Kita harus percaya bahwa sebaik – baik manusia adalah yang paling bermanfaat, sehingga jadilah diri yang bermanfaat jika ingin menjadi manusia bernilai lebih di hadapan Tuhan. Jadi kita harus mengetahui cara menyikapi orang yang meremehkan kita.

4. Berlatih

Jika kita memiliki rencana untuk menghilangkan rasa pemalu kita harus belajar untuk membiasakan diri sehingga tidak lagi menjadi pemalu. Kita bisa mulai dengan orang terdekat untuk mengobrol banyak. Kita juga bisa berlatih untuk masuk ke lingkungan baru agar tekanan tidak terlalu besar untuk menjadi pribadi yang baru. Jadi jangan pernah takut untuk berubah jika memang itu ke arah yang lebih baik dengan cara menghadapi orang licik .


5. Sering Datang ke Keramaian

Sosok yang pemalu mungkin akan cenderung untuk menyendiri dan mengurung diri di kamar. Hal ini sebaiknya diubah dengan mulai berbaur di dalam keramaian. Kita harus percaya jika tidak ada yang menakutkan akan terjadi di dalam sebuah keramaian. Kita akan terbiasa untuk menatap orang banyak dan terbiasa dengan tawa dan canda orang lain. Kita akan membuka mata dan telinga kita untuk masuk ke dalam suasana yang hangat.

6. Memperbanyak Teman

Orang yang pamalu harus memperbanyak teman. Hal ini akan menambah wawasan dan menambah berbagai pengetahuan. Kita juga akan mengetahui berbagai macam karakter seseorang dan berbagai pengalaman. Kita akan merasa murung sendiri, dan percaya bahwa banyak orang yang juga berjuang di dalam kehidupan sehingga dapat menerapkan cara menghadapi sindirian dari teman.  

, ,