Home » Kehidupan » 7 Tips Memilih Teman Curhat Tepat dan Memuaskan

7 Tips Memilih Teman Curhat Tepat dan Memuaskan

by Aly Mansur

Setiap mahkluk hidup di dunia ini pasti tidak pernah terhindar dengan yang namanya masalah, entah itu masalah asmara, pertemanan, pekerjaan, maupun dengan orang tua, pasti ada saja. Nah jika hal ini sampai terjadi, pastinya mereka membutuhkan seseorang yang dengan ikhlas mendengarkan curahan hati (curhat) anda.

Namun dalam menceritakan masalah, anda tidak bisa sembarangan karena nantinya berisiko masalah anda tersebar hingga diketahui oleh orang banyak, terlebih jika masalah itu sangat sensitif. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami ingin memberikan ulasan tentang tips memilih teman curhat yang perlu anda pertimbangkan nantinya.

1. Mengenalnya Sudah Lama

Tips pertama dalam memilih teman curhat yang harus anda perhatikan adalah, pastikan jika anda sudah mengenal lama orang tersebut. Alangkah baiknya jika anda tidak menjadikan orang yang baru kita kenal ini sebagai teman curhat, terlebih jika masalah yang anda hadapi ini tergolong serius dan sangat sensitif.

Alasannya cukup sederhana, karena anda belum mengetahui sisi lain dari orang tersebut secara menyeluruh, dan anda belum tahu betul apakah orang tersebut memang benar-benar bisa dipercaya apa tidak.

Jika anda membutuhkan teman untuk curhat, pastikan anda sudah kenal lama dengan orang tersebut karena anda sudah paham dengan sifat aslinya, dengan begini anda pun bisa menentukan apakah teman anda tersebut bisa dipercaya untuk menjaga rahasia anda itu apa tidak.

Ada berbagai macam ciri-ciri teman yang baik dan tulus yang penting untuk anda perhatikan, dan mereka yang memiliki sifat demikianlah cocok untuk dijadikan sebagai teman curhat dalam beragam masalah yang tengah anda hadapi.

2. Pastikan jika Orang Tersebut tak Pernah Bermasalah dengan Anda

Seperti yang kita tahu, jika isi hati manusia ini tidak ada yang tahu kecuali dirinya dan Tuhan semata, bisa jadi orang tersebut nampak terlihat baik-baik saja pada saat didepan kita, namun ternyata memiliki dendam atau perasaan tidak suka kepada kita.

Penyebabnya sangat sederhana untuk ditebak, mungkin dulunya kita pernah memiliki masalah dengan salah satu teman, dan masalah tersebut akhirnya sudah diselesaikan dan kalian berdua kini sudah berteman biasa.

Nah orang seperti ini sebaiknya tidak anda jadikan sebagai tempat curhat sebelum anda yakin betul kalian berdua sudah berteman baik dan 100% dirinya menganggap anda sahabat dan masalah yang ada sebelumnya sudah dilupakan.

Seperti yang sudah kita singgung diatas tadi jika isi hati orang tidak ada yang tahu, jadi tidak ada salahnya anda memikirkan hal tersebut sebelum memutuskan untuk memilih dirinya sebagai tempat curhat.

Berhubungan baik itu penting, tapi memberikan kepercayaan untuk orang lain terlebih pernah bermasalah dengan kita, sepertinya perlu difikirkan lagi. Bisa jadi ciri ciri teman palsu berikut masih terdapat pada diri sahabat yang dimaksud.

3. Tidak Hanya Pendengar Baik, Dia Juga Bisa Berikan Saran Positif

Tips memilih yang perlu anda pertimbangkan adalah memilih orang yang tidak hanya bisa jadi pendengar yang baik saja, namun dirinya juga bisa memberikan saran positif pada saat anda membutuhkan pendapat darinya.

Memang memiliki teman yang sudah rela meluangkan waktunya untuk mendengarkan curhatan anda ini sudah sangat baik, dan kita juga perlu bersyukur akan itu. Tapi masalahnya terkadang setiap masalah yang ada ini membutuhkan solusi untuk mengatasinya.

Anda pun tentunya juga membutuhkan seseorang yang bisa diajak bertukar pikiran untuk mencari jalan tengah dalam masalah yang sedang dihadapi. Tak ketinggalan, pastikan jika temanmu itu memiliki pemikiran yang sudah dewasa, sehingga bisa memberikan saran memecahkan masalah dengan kepala dingin.

Mungkin anda masih belum bisa memberikan yang terbaik untuk teman atau merasakan diri masih kurang baik serta bijak dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, pembahasan mengenai cara merubah sifat menjadi dewasa berikut bisa anda perhatikan dan terapkan dengan baik dalam kehidupan anda.

4. Dia Bisa Menempatkan Diri di Posisi Netral

Teman curhat yang baik adalah dimana mereka mampu memposisikan diri secara netral. Artinya begini, mereka sangatlah dewasa dan bijak, dimana meskipun anda sebagai sahabatnya maka ia pun tidak ragu mengatakan salah jika memang anda yang berada di posisi salah dalam masalah tersebut.

Begitupun sebaliknya, dirinya akan mendukung sepenuhnya jika dirasa anda berada dalam posisi yang benar. Selain itu, masih ada beragam ciri ciri sahabat setia kawan yang bisa anda telusuri lebih dalam pada dirinya.

Sangat penting memiliki teman curhat yang seperti ini, sehingga dia bisa memberikan pendapat dari dua sisi yang berbeda sehingga dia pun bisa memberikan saran yang memang tidak akan menjerumuskan kita nantinya.

5. Pastikan Dia Tidak Suka Nge-Gosip

Meskipun kita tahu jika dirinya merupakan sahabat kita sejak lama, namun anda tahu jika dirinya merupakan sosok orang yang suka gosipin orang lain pada saat kumpul bersamanya, sebaiknya teman seperti ini jangan pernah anda jadikan sebagai teman curhat, sekalipun dirinya ini merupakan sahabat anda sejak lama.

Ingat, curahan hati yang anda miliki ini sifatnya privasi, dan sebaiknya cuman orang yang benar-benar dipercaya dan tidak menceritakannya kepada orang lain. Jika saat berkumpul bareng dia suka gosipin orang lain, bukan tidak mungkin pada saat dirinya dengan teman yang lain ia juga bakal membicarakanmu dibelakang.

Dengan demikian, jelas saja tidak menutup kemungkinan permasalahan anda yang sifatnya rahasia tadi bisa diceritakan kembali terhadap orang lain tanpa sepengetahuan anda. Hal demikian merupakan salah satu ciri ciri teman yang jahat dan berkeliaran di sekitar kita.

6. Dia Paham Dengan Karakter Anda

Untuk yang selanjutnya ini tentu ada kaitannya dengan poin pertama tadi, memang dengan semakin lama waktu pertemanan seseorang pastinya mereka akan paham dengan karakter masing-masing, dan untuk menumbuhkan hal tersebut membutuhkan waktu yang cukup lama.

Alasan kenapa anda perlu curhat kepada orang yang sudah lama kenal dengan kita adalah selain anda sudah paham dengan karakter dirinya, begitupun sebaliknya teman anda juga sudah kenal dengan karakter anda.

Jika situasi seperti ini sudah didapatkan, maka anda pun bakal lebih mudah dan lebih rileks lagi dalam bercerita mengenai masalah yang anda hadapi. Selain itu teman anda pun mengetahui cara bagaimana memberikan saran kepada anda agar bisa diterima dengan baik.

Jika teman anda itu belum paham dengan karaktermu, maka mereka bisa saja memberikan saran dengan caranya dan tak jarang bukan solusi didapat, anda berdua malah salah paham dan menambah masalah baru lagi.

7. Paham dengan Masalah Anda

Dan salah satu poin penting yang tidak boleh ketinggalan, pastikan jika teman curhat anda itu paham dengan masalah yang anda miliki dan ingin diceritakan tersebut. Dikarenakan kalau sampai teman tidak paham terkait apa yang anda ceritakan, tentu tidak akan puas.

Kepahaman dirinya akan masalah yang sedang anda hadapi ini akan memudahkannya dalam memberikan kemantapan pada saat memberikan saran maupun masukan kepada kita. Meski poin sebelumnya dimiliki semua, tapi hal berikut terlewatkan seolah percuma saja.

Jika dirinya paham dengan masalah anda, maka masukkan yang ia berikan pun bakal lebih tepat dan mengena nantinya, sehingga anda pun bisa mempertimbangkannya nanti. Jika orang yang ajak cerita tadi tidak paham dengan masalah tersebut, biasanya mereka hanya akan mendengarkan saja dan memberikan saran ala kadarnya.

Bahkan lebih parahnya lagi terkadang saran tersebut kurang masuk di kita sehingga tidak ada kepuasan jawaban untuk dipertimbangkan. Alhasil masalah tidak terselesaikan, dan anda akan tetap risau dengan masalah itu.

Cukup sekian ulasan tentang tips memilih teman curhat kali ini, semoga yang disampaikan tadi bermanfaat dan bisa menambah wawasan anda nantinya. Ketahui juga pembahasan mengenai cara menghadapi orang bermuka dua berikut agar bisa lebih berwaspada terhadapnya.

You may also like