10 Ciri ciri Teman Palsu yang Ternyata Ada di Sekitar Kita

Manusia merupakan makhluk sosial. Artinya manusia merupakan mahkluk yang membutuhkan sesamanya dalam kehidupan sehari-harinya. Oleh karena itu, meskipun manusia sering melakukan kegiatan seorang diri sekalipun, dia tetaplah membutuhkan sesamanya untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkan baik secara lahir maupun batin.

ads

Di dalam hubungan manusia, ada tiga macam istilah yang kita kenal, yakni hubungan  teman, keluarga, sahabat, dan pasangan. Dari hubungan tersebut, teman merupakan hubungan manusia yang paling awal. keuntungan banyak teman adalah dapat mengenal satu sama lain dan juga dapat saling tolong-menolong ketika kita mengalami kesusahan.

Akan tetapi, tidak semua teman yang dekat dengan kita merupakan orang yang baik-baik. Tidak sedikit ada seorang teman yang ternyata menyembunyikan niat jahat untuk keuntungan dirinya semata. hal seperti ini terlihat sulit, namun sebenarnya bisa dikenali dari bagaimana sikapnya terhadap kita. Untuk lebih jelasnya, berikut 10 ciri-ciri teman palsu yang bisa kamu lihat disekitar kita.

1. Temanmu datang ketika ada perlu saja

Cobalah kamu perhatikan, apakah dia hanya berbicara denganmu saat sedang butuh saja? Meskipun hal ini terlihat biasa saja, namun hal ini juga patut kamu waspadai. Apalagi ketika kamu sedang mencari pertolongan ke temanmu dan dia mencoba menghindar darimu. Bisa dikatakan sikap tersebut sudah menunjukan bahwa dia mempunyai ciri ciri teman munafik.

2. Tidak mau mendengar curhatanmu

Salah satu ciri yang mencolok bahwa dia bukanlah teman yang baik adalah tidak pedulikan perkatannmu. Padahal kamu butuh seseorang untuk mendengarkan curahan hati dan juga unek-unek yang kamu ingin keluarkan. Nah, jika temanmu itu selalu terlihat cuek dan tidak menggubris curhatanmu juga merupakan ciri ciri teman tidak setia.

3. Tidak bisa menjaga rahasia

Orang akan selalu memberikan rahasia kepada seseorang yang dia percaya. Bisa itu saudara, dan juga teman dekat. Nah untuk kasus ini, teman yang baik akan selalu menjaga rahasia yang kamu ungkapkan dan dia bisa menjaminya. Jika dia sudah membocorkannya ke orang lain, maka itu merupakan salah satu ciri temanmu itu tidaklah bisa dipercaya.

4. Cuek saat kamu bahagia

Saat kamu sedang mendapatkan kebahagiaan, seorang teman yang baik tentu akan merasakan kebahagiaan juga kan? Nah,cobalah kamu lihat ekspresi dan sikap beberapa temanmu. Apakah ada yang sikapnya cenderung biasa saja atau malah lebih cuek? Sikap semacam itu sudah menunjukan bahwa temanmu itu memang hanya bepura-pura baik saja di depanmu. Sikap ini juga sangat mudah untuk dikenali.

5. Selalu bikin “drama”

Teman yang tidak baik adalah selalu membuat “drama” jika kamu berbuat kesalahan meskipun itu hanyalah masalah yang sangat sepele. Teman yang benar tidak akan pernah mengungkit-ngungkit masalah yang sepele dan lebih suka berdamai agar konflik tidak memanjang. Sedangkan teman yang pura-pura cenderung berlebihan dalam mengekspresikan kekesalannya. Jika hal ini terjadi padamu, kamu perlu melakukan cara menghadapi masalah dengan teman agar tidak sampai berlarut-larut.

6. Selalu membicarakanmu di belakang

Di hadapanmu, dia selalu baik, perhatian, dan juga selalu senang jika ada didekatmu. Akan tetapi, jika tidak ada kamu, maka teman palsu ini akan selalu membicarakan hal-hal buruk tentangmu di depan orang lain. Teman yang seperti menikammu dari belakang ini perlu kamu waspadai.

7. Bercanda agar membuatmu terpuruk

Bercanda adalah hal yang wajar selama itu dilakukan tanpa bermaksud menghina atau merendahkan seseorang. Nah, jika kamu dijahili teman dengan kedok “Bercanda” sampai-sampai menjurus ke arah penghinaan dan bertujuan membuatmu terpuruk di depan banyak orang, hal tersebut sudah bukan teman lagi. Aplagi jika temanmu itu sering menyindirmu, kamu perlu melakukan cara menghadapi sindiran dari teman

8. Merebut kebahagiaanmu

Hal ini cukup sering terjadi jika kamu sudah memiliki pacar. Contohnya saja, kamu sudah memiliki pacar dan sudah lama berhubungan dengannya. Akan tetapi, sejak pacarmu dikenalkan dengan teman-temanmu, terutama teman paling dekat, pacarmu justru berani selingkuh dengan teman dekatmu. Hal-hal semacam ini tentunya sudah bisa kamu tebak jika temanmu itu hanya berpura-pura saja.

9. Senang saat kamu menderita

Kebalikan dari poin keempat, teman yang tidak baik akan merasa senang saat kamu menderita atau tertimpa musibah. Biasanya orang yang seperti ini tipikal “No action, talk only” yang artinya dia hanyalah lebih sering mengoceh ketimbang bertindak saat kamu sedang mengalami kesusahan. Bahkan, orang seperti ini pun hanya membicarakan terpuruknya dirimu ke orang lain tanpa menolong dirimu sekalipun. Mungkin maksud dia, itu merupakan cara memberikan motivasi kepada teman, namun tindakan tersebut malah lebih bersifat menyakiti ketimbang memotivasi

10.  Sering memanfaatkanmu

Kamu sering bayar makanan temanmu padahal kamu tidak pernah bilang traktir? Dia selalu menyontek PR mu di kelas? Ketika ujian, kamu selalu membantunya? Hati-hati! Jika kamu sering melakukannya dengan sedikit pakasaan bisa jadi dia hanya memanfaatkanmu saja demi kepentingan dia semata.

Mencari teman yang baik memang seperti mencari jarum di tumpukan jerami. Namun, saat kamu sudah menemukan teman sejati, pertahankan dia. Sebab teman yang sejati akan selalu membuat kita menjadi lebih baik bahkan perteman tersebut bisa terus terjaga sampai kamu sudah tidak ada di dunia lagi. Semoga artikel ini memberikan manfaat untuk kamu semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Teman