7 Tips Menghadapi Dosen Killer di Kelas. Mahasiswa Wajib Tahu, nih!

Setiap kampus pasti ada yang namanya dosen killer. Dosen yang paling ditakuti mahasiswa karena wataknya yang keras dan tegas dalam mengajar. Dosen killer biasanya juga sangat disiplin dan tidak bisa dinegosiasi dengan mudah kala telat memberikan tugas. Suasana kelas yang dimasuki dosen killer biasanya juga akan sangat tenang dan hening.

Wah, siapa nih yang kebagian mata kuliah dengan dosen killer seperti yang disebutkan di atas? Sesungguhnya dosen killer nggak perlu ditakuti asalkan kita tidak melanggar aturannya. Yah, walau sudah menjadi mahasiswa yang patuh dan nurut, tetap saja terkadang ada hal-hal yang membuat kita harus berurusan dengan dosen killer. Berikut adalah beberapa tips menghadapi dosen killer di kampus.

1. Jadilah Mahasiswa yang Taat Aturan

Tips menghadapi dosen killer yang pertama adalah dengan tidak menjadi mahasiswa bandel dan suka cari ulah. Pada mata kuliah dosen killer, jadiah mahasiswa yang tidak melanggar aturan yang diberlakukan dosen killer tersebut. Terkadang setiap dosen memberikan aturan yang berbeda untuk setiap mata kuliahnya. Jadi perhatikanlah baik-baik setiap perintah dosen killer.

2. Jangan Lakukan Hal yang Tidak Disukai Dosen Killer

Tips menghadapi dosen killer yang kedua adalah dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak disukai oleh dosen killer. Kalau kamu sampai melakukannya maka sama saja dengan kamu memancing emosi dan amarah dari dosen killer ini. bukan cuma bisa kena marah saja tapi juga bisa berpengaruh terhadap nilai-nilai kamu. Hal ini juga berlaku untuk cara menghadapi orang pemarah lho.

3. Kerjakan Tugas dengan Baik dan Tepat Waktu

Ketika saat dosen killer memberikan tugas maka Kerjakanlah dengan baik dan berikan tugas tersebut tepat waktu. Telat dalam mengumpulkan tugas dapat memancing amarah dosen killer begitu juga jika kamu mengerjakan tugas yang banyak salahnya dan tidak sesuai dengan apa yang diterangkan dosen kelas. Selain nilai yang kurang kamu juga dianggap sebagai mahasiswa yang tidak pernah memperhatikan materi pelajaran di kelas.

4. Jangan jadi Mahasiswa yang Suka Cari Muka

Berhati-hati dalam bersikap juga merupakan tips menghadapi dosen killer di kelas. Sebagai mahasiswa tentu kita ingin terlihat sopan, baik, rajin dan aktif di kelas. Namun jangan berlebihan jika kamu berhadapan dengan dosen killer. Salah-salah kamu malah bisa dianggap sebagai mahasiswa yang suka cari muka. Tentunya hal ini akan jadi bumerang untuk diri kamu sendiri karena dosen killer tersebut bisa saja tidak menyukaimu.

5. Jangan Terlalu Menonjol

Aktif dan menonjol di kelas sudah menjadi suatu keharusan bagi mahasiswa. Tapi kalau sama dosen killer malah bisa berakhir tidak baik. Terlebih jika kamu menonjolnya dari sisi yang tidak baik di kelas. Contohnya suka membantah dan mencari ribut di kelas atau malah suka ngobrol saat dosen menerangkan materi. Sebaiknya kalau masuk kelas mata kuliah dosen killer, belajarlah cara bersikap tenang tenang dan wajar di kelas agar kamu tidak menjadi mahasiswa yang masuk dalam perhatian dosen killer.

6. Jangan Mengkritik atau Menggurui

Sebagai mahasiswa sudah sembuh pantasnya menjadi aktif dan kritis. Tapi jangan lakukan ini jika kamu berhadapan dengan dosen killer. Mengkritik dosen killer di depan umum seperti di dalam kelas hanya akan membuat dosen terpancing amarahnya karena disangka kamu mencoba menggurui nya. Jika kamu memiliki kritikan untuk sang dosen sebaiknya sampaikan secara pribadi. Hal ini juga berlaku untuk cara menghadapi orang egois yang mau menang sendiri atau merasa paling benar.

7. Perhatikan dengan Baik Selama Dosen Menjelaskan Materi

Tips menghadapi dosen killer di kelas agar kamu tidak berurusan dengan dosen ini adalah dengan memperhatikan dosen dalam menerangkan materi di kelas. Ketahuan tidak memperhatikan dan tidak konsentrasi dalam mengikuti mata kuliahnya bisa membuat nilai-nilai kamu terancam loh. Sikap seperti ini juga bisa memancing amarah dosen killer dan bukan hal yang tidak mungkin kamu bisa disuruh keluar dari kelas.

Itulah 7 tips menghadapi dosen killer di kelas agar tidak berurusan dengan dosen killer yang bisa berpengaruh buruk untuk nilai-nilai kamu. Intinya adalah jangan macam-macam dengan dosen killer.

Nah, jika kamu kena marah dosen killer, kamu juga harus belajar cara mengendalikan diri dan emosi agar tidak sampai melawan dosen killer ini. Bagaimana pun juga dosen adalah orang tua juga lho. Simak juga cara menghilangkan masalah hidup yang berat selama kuliah, menghilangkan sikap cuek dan jutek dan cara merubah sifat menjadi dewasa.