67 Mitos Angka 13 : Sejarah dan Kasus Mengerikan

Sudah menjadi rahasia umum bahwa angka 13 memang dikambing hitamkan menjadi salah satu angka yang membawa ketidak beruntungan. Namun sebenarnya hal tersebut sebenarnya hanyalah sebuah kepercayaan dan mitos kuno yang memang sudah sejak dulu. Kepercayaan dan mitos tersebut berasal dari pengetahuan kuno bernama Kabbalah. Kabbalah merupakan sebuah ajaran mistis kuno yang telah dirapalkan oleh Dewan Penyihir tertinggi rezim Fir’aun, di mana kemudian dilanjutkan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal, dan lainnya. Bahkan kaum Zionis, yaitu Yahudi, justru mengangkatnya menjadi suatu gerakan politis sehingga menjadi tren baru di kalangan selebritis dunia.

ads

Sejarah mitos angka 13

Sudah bukan rahasia lagi kalau sejak dulu bangsa Yahudi merupakan kaum yang secara ketat memelihara ajaran Kabbalah. Di Marseilles, Perancis Selatan misalnya, bangsa Yahudi sudah membukukan ajaran Kabbalah yang sebelumnya hanyalah diturunkan melalui lisan dan secara sembunyi-sembunyi. Selain itu, mereka memang dikenal sebagai kaum yang gemar mengotak-atik angka (numerologi) sehingga tidak heran apabila mereka juga dikenal sebagai kaum Geometrian.

Malahan mereka berpendapat bahwa angka 13 merupakan salah satu angka suci yang mengandung berbagai daya magis dan sisi religius, sama halnya seperti angka 11 dan angka 666. Oleh karena itu, banyak sekali dalam berbagai simbol terkait Kabbalisme mereka sisipkan angka 13 ke dalamnya. Contohnya ialah kartu tarot dan remi yang jumlahnya masing-masing adalah 13 buah.

Kaum Kabbalis memang sangat mengagungkan angka 13, selain angka lainnya seperti 11 dan 666. Angka tersebut mereka gunakan sebagai ritual pemujaan setan yang dilakukan. Bahkan simbol Baphomet atau kepala Kambing Mendez (Mendaz Goat) pun dihiasi dengan angka 13. Oleh karena itulah angka 13 dianggap sebagai angka sial karena menjadi bagian utama dalam acara-acara ritual setan yang dilakukan oleh kaum Kabbalis.

Berikut adalah beberapa artikel yang berhubungan dengan mitos :

Berikut ini adalah beberapa mitos angka 13 :

Angka 13 dalam Sejarah Amerika Serikat

Penyisipan simbol angka 13 terbesar dalam sejarah manusia ialah dilakukan oleh kaum tersebut ke dalam lambing Negara Amerika Serikat, yaitu The Seal of United States of America yang terdiri dari dua sisi –Burung Elang dan Piramida Illuminati). Berikut sisipan angka 13 dalam lambing tersebut, antara lain:

  1. 13 bintang di atas kepala Elang yang membentuk Bintang David.
  2. 13 garis di perisai atau tameng burung.
  3. 13 daun zaitun di kaki sebelah kanan burung.
  4. 13 butir zaitun yang tersembul di sela-sela daun zaitun.
  5. 13 anak panah.
  6. 13 bulu di ujung anak panah.
  7. 13 huruf yang membentuk kalimat “Annuit Coeptis”.
  8. 13 huruf yang membentuk kalimat “E Pluribus Unum”.
  9. 13 lapisan batu yang membentuk piramida.
  10. 13 x 9 titik yang mengitari Bintang David di atas kepala Elang.

Selain itu, masih banyak lagi selain lambang Negara yang tersisipkan angka 13, yaitu logo-logo perusahaan besar di Amerika Serikat, seperti logo McDonalds, Arbyss, Startrek.com, Westel, dan lain-lain. Angka 13 ini dapat dilihat apabila logo-logo tersebut diputar secara vertikal. Bahkan markas besar Microsoft pun disebut-sebut sebagai The Double Thirteen atau Double 13 karena sesuai dengan logo Microsoft yang dibuat menyerupai sebuah jendela (windows), padahal sebenarnya itu berupa angka 1313. Uniknya, angka 13 juga dianggap sebagai angka yang harus dihindari oleh bangsa Amerika.

Angka 13 dalam Agama Kristen

Ketakutan terhadap angka 13 memang sedikit banyak sudah berakar dari keyakinan agama kuno, seperti ajaran Kabbalah di atas yang menjadikan angka 13 sebagai bagian utama dalam melakukan ritual setan mereka. Namun dalam agama Kristen, angka 13 ini ditakuti karena Yudas Iskariot, sang penghianat Kristus, menjadi tamu ke-13 pada penjamuan terakhir atau The Last Supper. Selain itu, pada tanggal 13 Oktober 1307, Knights Templar, seorang ksatria Kristen yang utama pada saat itu, ditangkap dan dieksekusi oleh Raja Phillip IV dari Perancis. Tentu saja yang perlu dicatat adalah rasa takut tersebut sedikit salah tempat karena dalam kasus-kasus lain angka 13 mempunyai makna yang positif dalam teks-teks suci Kristen.

Angka 13 dalam Mitologi Norse

Dalam Mitologi Norse (Norwegia), Loki adalah dewa ke-13 di Norse Pantheon yang terkenal paling licik dari semua dewa yang ada. Ia bahkan pernah mengatur pembunuhan dewa lainnya, yaitu Balder, bahkan Loki juga menjadi tamu ke-13 di pemakaman Balder. Alasan lainnya yang menyebabkan angka 13 dianggap angka sial dalam Mitologi Norse adalah banyaknya orang yang percaya bahwa angka tersebut tidak muncul dalam kode Hammurabi, padahal pada kenyataannya kode ini juga memuat hukum ke-13 yang tidak tercantum dalam terjemahan-terjemahan populer.

Angka 13 dalam Agama Islam

Dalam agama Islam justru angka 13 menjadi simbol suatu yang jelas-jelas menjadikan tiket umatnya menuju surga Tuhan, yaitu surga-Nya Allah SWT. Salah satu nilai positif angka 13 dalam agama Islam ialah jumlah rukun dalam shalat. Sebagaimana Anda tahu -bagi yang beragama Islam-bahwa shalat merupakan tiang agama dan salah satu tiket untuk mencapai ridho Allah dan surga-Nya. Kekokohan tiang agama ini dibangun berdasarkan 13 rukun yang dijalankan dalam menunaikan shalat. Berikut ketigabelas rukun shalat tersebut dalam agama Islam, antara lain:


  1. Niat.
  2. Takbiratul Ihram.
  3. Membaca Surat Al-Fatihah.
  4. Ruku’.
  5. I’tidal (berdiri setelah ruku’).
  6. Sujud.
  7. Duduk diantara dua sujud.
  8. Thuma’ninah (diam sejenak) dalam setiap rukun shalat.
  9. Duduk tasyahhud akhir.
  10. Membaca tasyahhud akhir.
  11. Shalawat atas Nabi Muhammad SAW.
  12. Salam.
  13. Tertib dalam urutan-urutan rukun shalat.

Sugesti dan mitos-mitos negatif mengenai angka 13 yang dianggap angka sial sebenarnya kembali lagi pada diri setiap orang dalam menyikapinya.

Fakta, Misteri, dan Mitos Angka 13

Posisi angka 13 yang dianggap tabu oleh orang kebanyakan sebenarnya menyimpan beberapa fakta, misteri, dan mitos tersendiri yang memang mengundang penasaran untuk membuktikan kebenarannya. Meskipun secara keseluruhan dari misteri dan mitos tersebut berbau tahayyul dan sulit diterima oleh akal sehat manusia.

Berikut beberapa misteri dan mitos yang tersimpan dibalik angka 13, antara lain:


1. The Last Supper

The Last Supper atau penjamuan terakhir merupakan perspektif dari agama Kristen yang telah disebutkan sebelumnya. Selain itu, dalam Al-Kitab yang menjadi kepercayaan umat Kristiani bahwa penjamuan terakhir Yesus Kristus dengan murid-muridnya semuanya berjumlah 12 orang. Mereka duduk di meja bundar, di mana Yesus Kristus melengkapi jumlah mereka menjadi 13 orang. Di tambah lagi, ada juga tiga belas judul yang diberikan kepada Yesus Kristus dan disebutkan di dalam Injil Santo Yohanes dalam Perjanjian Baru dari Al-Kitab serta penjamuan terakhir juga terjadi pada Bab 13 dari kitab Yohanes.


2. Perputaran Bulan

Hal yang satu ini mungkin tidak banyak diketahui orang bahwasannya derajat bulan rata-rata per harinya adalah 13 derajat. Dalam fase siklus bulan Purnama misalnya, ada 13 bulan Purnama di bawah Kalender Gregorian yang terdiri dari 12 atau 13 bulan baru dan bulan penuh. Contohnya pada tahun 2012 lalu, bulan Purnama ke-13 benar-benar jatuh pada tanggal 28 Desember 2012. Yang mana, pada tahun berikutnya –tahun 2013– diharapkan akan ada dua bulan Purnama dalam satu bulan tertentu, di mana tidak dapat dihitung kapan itu akan benar-benar jatuh. Meskipun begitu, ia memiliki sesuatu untuk dilakukan dengan sudut antara bumi, matahari, dan bulan. Sebagaimana kita semua tahu bahwa dalam setahun ada 365,25 hari yang memiliki 12,37 siklus penuh.


3. Menandakan Kematangan Seseorang

Pada umumnya, seorang anak laki-laki maupun perempuan secara genetika akan mencapai masa kematangan atau remaja pada umur 13 tahun. Meskipun hal itu juga bergantung pada perubahan fisik, emosional, sosial, dan psikologis yang berkembang dalam diri anak laki-laki maupun perempuan tersebut setelah mencapai usia 12 tahun. Bahkan apabila perkembangan-perkembangan tersebut berlangsung cepat, maka seorang anak laki-laki maupun perempuan bisa mengalami masa kematangan atau masa pubertas lebih cepat, yaitu pada usia antara 10-12 tahun. Tetapi normalnya memang seorang anak laki-laki maupun perempuan mengalami masa kematangan atau masa pubertas pada usia 13 tahun. Dalam segi hormon, anak laki-laki ditandai dengan mimpi basah, sedangkan anak perempuan ditandai dengan menstruasi.


4. Tanda Kematian pada Kartu Tarot

Apabila Anda sering menjumpai atau bahkan hafal dengan seluk beluk kartu Tarot, pasti Anda akan mengetahui bahwa makna kartu Tarot yang ditunjukkan dengan angka 13 selalu ditafsirkan sebagai tanda kematian. Oleh karena itu, banyak orang yang mempercayai bahwa angka 13 adalah angka sial yang harus dihindari.


5. Nomor Sial (Unlucky Number)

Sejarah yang mengatakan bahwa angka 13 adalah angka sial sebenarnya disebabkan oleh tafsiran kalender Maya. Contohnya pada tahun 2012 lalu, di mana semua orang seakan dibuat geger dan cemas dengan adanya ramalan yang mengatakan bahwa kiamat akan terjadi pada tahun itu, tepatnya pada tahun 21 Desember 2012. Suku Maya meramalkan demikian karena hari itu merupakan hari terakhir dan tahun yang ditemukan dalam kalender Maya. Selain itu, di bawah kalender tersebut yang juga disebut Baktun ke-13, sebenarnya ialah representasi dari peristiwa bencana yang bisa saja terjadi pada tahun 2012.

Namun hal tersebut ternyata tidak benar-benar terjadi, di mana beberapa orang justru mengatakan bahwa itu hanya akibat dari fobia, trauma, dan tentu saja salah satu kepercayaan tahayyul terkait angka 13 sebagai angka sial.


6. Nomor Keberuntungan (Lucky Number)

Sebenarnya selain kejadian-kejadian sial, juga terdapat keberuntungan yang terjadi dengan melibatkan angka 13 di dalamnya. Contohnya ialah adanya beberapa orang yang justru mencapai keberhasilan dengan mengenakan pakaian yang diatasnya tercetak angka 13. Sebut saja salah satunya ialah tokoh olahraga yang memenangkan gelar juara, yaitu Shaquille O’Neal yang mengenakan jersey bernomor 13 pada tahun 1996, ada juga Tim Duncan, dan masih banyak lagi orang-orang yang berhasilkan meraih kesuksesannya dengan adanya angka 13 pada mereka.


7. Mitos Awal Belajar Sihir

Menurut legenda rakyat Inggris, usia 13 merupakan waktu yang cocok untuk seseorang mulai belajar ilmu sihir apabila mereka menginginkannya. Selain itu, kelompok penyihir juga dikabarkan selalu memiliki 13 anggota dalam satu kelompok atau groupnya. Bahkan kalau tidak salah, dalam sebuah novel terkenal karya J. K. Rowling, yaitu Harry Potter, di mana Harry mulai belajar sihir di sekolah sihir Hogwarts pada usia 13 tahun.


8. The 13th Friday

Kebiasaan ini terjadi pada masyarakat barat, di mana mereka menganggap hari jum’at tanggal 13 sebagai hari sial. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yang dilakukan oleh Dr. Donald Dossey, seorang psikoterapi yang khusus dalam bidang “phobia” –takut dalam bahasa Yunani–, menyebutkan bahwa di Amerika Serikat (AS) saja, ada lebih dari 21 juta orang yang memiliki penyakit “paraskevidekatria phobia” atau rasa takut akan hari jum’at tanggal 13.

Bahkan menurut hasil laporan The Stress Management Center and Phobia Institute di Asheville, Amerika Serikat (AS), ternyata setiap hari jum’at tanggal 13, ekonomi Amerika mengalami kerugian antara 800-900 juta US Dollar. Hal ini dikarenakan banyaknya orang yang enggan berjalan-jalan, bekerja, bahkan melakukan kegiatan apapun saja, seperti bisnis.


9. The 13th Tuesday

Hari sial pada Selasa tanggal 13 ini diyakini oleh Negara-Negara Amerika Latin, Yunani, dan Spanyol. Sedemikian sehingga ada sebuah pepatah yang mengatakan “En martes, nit e cases ni te embarques” yang artinya “di hari Selasa, janganlah melakukan perjalanan”.

Adapun fakta lainnya mengenai angka 13, antara lain:

  1. Misi ruang angkasa Apollo 13 yang hampir menjadi malapetaka.
  2. Adanya anggapan bahwa dulunya anak tangga yang membawa seseorang ke tiang gantungan ketika hendak menjalani hukuman gantung di abad pertengahan berjumlah 13 buah anak tangga.
  3. Banyaknya hotel maupun rumah yang enggan memasang angka 13 sebagai nomor kamar hotel maupun rumahnya. Contohnya ialah Hotel Lotere di Itali, Perancis yang tidak ada nomor kamar 13-nya.
  4. Di Amerika tidak ada nama jalan yang menggunakan 13th Street atau 13th
  5. Di China tidak ada gedung tinggi yang mencantumkan lantai 13 sebagai urutan dalam lantai gedungnya.
  6. Nomor-nomor lift pada gedung-gedung tinggi juga jarang yang mencantumkan angka 13 pada tombol lift-nya.
  7. Kebiasaan untuk tidak membiarkan tamu makan malam dengan jumlah 13 orang di Hotel berbintang Savoy di London. Jadi, apabila Anda datang secara bersama-sama ke sana dengan jumlah 13 orang, maka manajer akan mengeluarkan dua maskot berupa kucing hitam yang akan menemani Anda dalam menyantap makan malam sehingga jumlahnya terhindar dari 13 orang. Pihak hotel berkeyakinan apabila hal itu tidak dilakukan, maka ketigabelas orang tersebut akan meninggal secara bergantian dalam jangka waktu setahun. Terlepas dari benar tidaknya, Anda bisa mencobanya untuk datang ke Hotel Savoy, London.
  8. Selain Anda kesulitan menemukan angka 13 di lantai hotel, nomor rumah, dan nomor kamar hotel, Anda juga akan menjumpai beberapa bandara yang sengaja meniadakan gerbang 13.
  9. Pada tahun 2015 lalu, terdapat tiga hari jum’at dengan tanggal 13 atau The 13th Friday, yaitu pada bulan Februari, Maret, dan November.
  10. Tokoh thriller Alfred Hitchcock lahir pada hari Jum’at tanggal 13. Pada hari Jum’at, 13 Agustus 1999, dia merayakan ulang tahunnya yang ke-100. Alfred Hitchcock juga memproduksi sekaligus menyutradarai film “Number 13”. Meskipun pada akhirnya film tersebut gagal melakukan adegan pertama dan berakhir karena masalah keuangan.
  11. Mantan Presiden Kuba, Fidel Castro lahir pada hari Jum’at tanggal 13. Tepatnya pada Jum’at, 13 Agustus 1926.
  12. Thomas Gilovich, Ketua Departemen Psikologi dari Cornell University, mengatakan bahwa tahayyul mengenai Jum’at tanggal 13 begitu lekat di pikiran kita karena otak yang terlalu baik untuk membuat suatu asosiasi.
  13. Franklin D. Roosevelt, Mantan Presiden Amerika Serikat, ditengarai pernah menghindari melakukan perjalanan pada tanggal 13 bulan apapun. Dia juga tidak mau menjadi tamu yang ke-13 dalam sebuah jamuan makan.
  14. Napoleon Bonaparte dan mantan Presiden Herbert Hoover dikabarkan menderita triskaidekaphobic atau takut angka 13.
  15. Penulis ternama Amerika Serikat, Mark Twain, pernah diperingatkan temannya agar tidak pergi ke sebuah acara, di mana dia menjadi tamu ke-13. Sialnya, setelah datang acara tersebut Twain tidak kebagian menu makanan karena menu makanan yang disediakan hanya untuk 12 orang.
  16. Seorang Broker saham dan penulis, Thomas W. Lawson, dalam novelnya pada tahun 1907 yang berjudul Friday the Thirteenth, mencatat para pialang saham untuk mengambil saham Wall Street pada hari tersial dalam bulan tertentu.
  17. Kekuatan akan hari Jum’at tanggal 13 ternyata menjadi sumber bisnis yang begitu menggiurkan, sebagaimana diungkapkan oleh pihak Stress Management Center and Phobia Institute, Nasheville, Amerika Serikat, di mana aneka macam binis ditawarkan mulai dari terapi untuk membantu mengatasi ketakutan terhadap Jum’at tanggal 13 yang diklaim menakutkan.



Kasus Dunia Mengenai Angka 13

Berbagai peristiwa atau kasus juga banyak terjadi di saentaro dunia yang di dalamnya melibatkan angka 13. Adapun peristiwa-peristiwa atau kasus-kasus tersebut, antara lain:


1. Menghilangnya 13 Aktivis Menjelang Reformasi

Menjelang Reformasi di tahun 1998 silam, ada 13 orang aktivis yang diculik paksa oleh militer. Bahkan hingga saat ini keberadaan mereka masih terbilang misteri. Kalaupun mereka dikatakan meninggal, lantas mengapa tidak ada seorang pun yang bisa menemukan makam atau kuburan mereka. Apalagi belum diketahui jelas alasan militer menculik paksa 13 orang aktivis tersebut. Adapun ketiga belas aktivis tersebut, antara lain:

  1. Yanni Afri.
  2. Sonny.
  3. Herman Hendrawan.
  4. Dedy Umar.
  5. Noval Alkatiri.
  6. Ismail.
  7. Suyat.
  8. Ucok Munandar Siahaan.
  9. Petrus Bima Anugerah.
  10. Widji Tukul.
  11. Hendra Hambali.
  12. Yadin Muhidin.
  13. Abdun Nasser.

Pasukan Kopassus dari tim mawar dianggap bertanggung jawab atas peristiwa hilangnya ke-13 aktivitis tersebut, di mana yang diculik sebenarnya ada 24 orang namun 9 orang berhasil bebas, 1 orang ditemukan meninggal dunia, dan 1 orang lagi tidak diketahui keterangannya. Proses pengadilan yang dilakukan untuk mengusut hilangnya 13 orang aktivis ini tetap saja tidak memberikan kepastian perihal di mana sebenarnya mereka ditahan dan jikalau memang sudah meninggal dunia, di mana sebenarnya letak kuburan mereka.


2. Kematian Arnold Schoenberg

Arnold Schoenberg mungkin salah satu dari sekian banyak orang yang mengalami kesialan karena angka 13. Apalagi Arnold Schoenberg yang merupakan seorang penyanyi juga sangat mempercayai bahwa angka 13 adalah angka yang membawa kesialan. Bahkan dia rela merubah judul lagu yang telah dikarangnya agar tidak berjumlah 13 huruf. Arnold percaya bahwa dia akan mati di tahun yang merupakan kelipatan dari angka 13.

Kemudian Arnold pun mendatangi seorang ahli astronomi, yaitu Dane Rudhyar, untuk meramal hidupnya. Dane pun berkata kepada Arnold bahwa bukan tahun kelipatan 13 yang harus ditakutinya, tetapi umur yang apabila dijumlah angkanya akan sama dengan 13. Sehingga akhirnya Arnold pun meninggal dunia beberapa hari kemudian di tempat tidurnya, setelah mendatangi Dane, tepatnya pada tanggal 13 Juli 1951 di usianya yang 76 tahun. Ramalan Dane pun benar bahwa Arnold akan meninggal ketika angka dalam usianya ditambah akan menghasilkan angka 13, yaitu 7 + 6 = 13!

Pendapat mengenai mitos angka 13

Pendapat lainnya terkait mitos angka 13 yang dinilai merupakan angka sial disampaikan oleh Phillips Stevens, seorang professor antropologi dari University of Buffalo di New York. Beliau berpendapat bahwa angka 13 itu angka sial juga terdapat di dalam keyakinan non-Kristiani, ini meluas ke Euro-Amerika dan tertanam ke dalam budaya. Dia menambahkan bahwa menurutnya pengasosiasian hari Jum’at tanggal 13 dengan nasib buruk ada hubungannya dengan apa yang disebut sebagai prinsip-prinsip “pemikiran magis”, di mana dapat diketemukan dalam berbagai macam kebudayaan di seluruh dunia.

Sementara itu, Newark Thomas Fernsler yang merupakan seorang ilmuan asosiasi kebijakan di Mathematics and Science Education Resource Center at the University of Delaware, mengatakan bahwa angka 13 merupakan angka yang “menderita” karena posisinya berada tepat setelah angka 12. Hal ini karenakan menurutnya angka 12 adalah angka yang sempurna. Alasannya, angka 12 biasanya digunakan dalam satuan tertentu, seperti 12 bulan, 12 zodiak, 12 dewa Olympus, 12 buruh Hercules, 12 suku Israel, dan 12 rasul Yesus.


Demikian beberapa fakta, misteri, dan mitos angka 13, di mana angka ini diyakini sebagai angka kesialan. Namun sebenarnya itu tergantung dari diri kita sendiri, apakah kita percaya atau tidak akan misteri dan mitos yang tersimpan di balik angka 13. Namun kalau menilik fakta yang ada, itu benar ada. Hanya kalau masih misteri dan mitos, itu masih belum pasti kebenarannya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 26th, February 2016 / 09:45 Oleh :
Kategori : Mitos dan Fakta