Ada 4 Mitos Gunung Slamet via Guci yang Bikin Merinding Para Pendaki

Para pencinta alam yang hobi melakukan pendakian pastilah tidak asing lagi dengan kegiatan mendaki gunung. Menjadi hobi tersendiri, mendaki gunung menjadi aktivitas olahraga sekaligus petualangan yang sangat menyenangkan dilakukan bersama tim. Meski terdengar menyenangkan, namun kegiatan mendaki tidaklah semudah dan seindah yang dibayangkan bagi kita yang belum pernah mendaki.

Berdasarkan cerita para pendaki, banyak cerita misteri dan mitos yang menemani perjalanan pendakian mereka. Yah, yang namanya gunung dan di dalamnya berisi semak pepohonan dan rimba tentulah jadi tempat yang menyenangkan bagi makhluk halus. Salah satu mitos yang beredar di antara para pendaki gunung adalah mitos gunung Slamet via Guci. Seperti apa mitos dan cerita misterinya? Cari tahu, yuk!

1. Adanya Makhluk Kerdil Gunung Slamet

Mitos atau cerita misteri ini sangat populer di antara para pendaki gunung Slamet yang masuk dari Guci, Tegal. Menurut ceritanya, di sekitar pelawangan gunung Slamet ini ada sosok makhluk kerdil yang berkeliaran. Yang terkadang suka mengambil makanan milik pendaki jika tidak sengaja meninggalkannya di depan tenda. Namun makhluk kerdil ini akan menghilang sebelum para pendaki menyadari bahwa makanan mereka telah di ambil.

Cerita dibalik adanya mahluk kerdil ini adalah konon katanya dulunya ia adalah seorang pendaki gunung Slamet yang tersesat. Karna tak tahu jalur untuk kembali, akhirnya ia bertahan hidup dengan memakan makanan yang ada di hutan, seperti dedaunan dan buah-buahan. Karena sudah terlalu lama hidup dengan liar pada akhirnya ia kehilangan jati diri sebagai manusia. Dikatakan juga bahwa makhluk kerdil ini sangat ketakutan jika tidak sengaja bertemu dengan para pendaki.

2. Pasar Hantu Gunung Slamet

Mitos gunung Slamet via Guci lainnya yang tak kalah menarik dan seram adalah tentang adanya pasar hantu dibagian punggung bukit gunung Slamet. Dinamakan demikian karena lokasi ini merupakan tempat angin bertiup kencang dari bawah sehingga menghasilkan suara riuh layaknya pasar. Lokasi yang dinamakan pasar hantu ini pun katanya sering memakan korban.

Logikanya karena lokasi yang dekat dengan puncak serta udara yang dingin bisa menyebabkan pendaki menderita hipotermia saat cuaca memburuk, seperti terjadinya hujan dan badai.

3. Terbelahnya Pulau Jawa jika Gunung Slamet Meletus

Gunung Slamet masuk dalam daftar gunung tertinggi di pulau Jawa dan terletak di tengah-tengah pulau Jawa. Namun gunung berapi ini diketahui sangat jarang terbatuk. Meski begitu, beredar mitos di tengah masyarakat yang mengatakan bahwa jika gunung ini meletus besar, maka pulau Jawa akan terpisah. Letusan gunung Slamet akan membuat selat baru yang menghubungkan laut utara dan selatan.

4. Sarang Siluman Naga di Air Terjun Gunung Slamet

Mitos gunung Slamet via Guci lainnya adalah tentang keberadaan air terjun dibagian lereng gunung ini. Konon katanya lokasi air terjun ini menjadi sarang siluman naga yang dikenal dengan nama Naga Cerek. Selain itu, air dari air terjun ini diketahui memiliki banyak manfaat sehingga banyak pengunjung yang datang kesini.

Yangmana katanya dengan berendam di air terjun ini, bisa meningkatkan daya tarik seksual para wanita. Selain itu juga memberikan khasiat yang dapat menyembuhkan penyakit kulit. Lokasinya yang sejuk dan asri juga kerap digunakan sebagai tempat pesugihan bagi banyak orang atau yang dikenal dengan ngalap berkah. Tak hanya itu, lokasi air terjun ini juga kerap dijadikan sebagai tempat olah batin atau kanuragan.

Itulah 4 mitos gunung Slamet via Guci yang populer diantara pendaki Indonesia. Masih ada misteri dan mitos lainnya yang menyeramkan lho. Salah satunya adalah kisah misteri yang ada pada pos Samarantu yang ada di jalur Bambangan.

Pintu Menuju Kerajaan Gaib

Katanya pada jalur ini ada satu pos yang angker dimana para pendaki sering diganggu disini. Katanya ada hantu yang menyamar jadi manusia untuk mengganggu. Dimana di sekitar pos ini dikatakan terdapat pintu menuju kerajaan gaib. Ditandai dengan adanya dua buah pohon besar berdampingan yang menyerupai sebuah gerbang.

Demikianlah cerita misteri dan mitos gunung Slamet via Guci yang menarik sekali untuk disimak. Gimana, apakah cerita seram ini menyiutkan nyali kamu yang sudah berniat untuk mendaki ke gunung Slamet? Yang jelas jagalah alam saat kita berada di dalamnya dan alam pun akan menjaga kita. Janganlah membuat kerusakan seperti membuat sampah disembarang tempat.

Simak juga berbagai mitos yang mengandung misteri lainnya seperti mitos menanam bunga kenanga di depan rumah, mitos bunga sedap malam, pertanda masak nasi gosong, mitos melihat angka jam sama, mitos burung gagak, mitos burung hantu di depan rumah, dan mitos mencuci baju di malam hari.

, , ,
Oleh :
Kategori : Mitos dan Fakta