4 Mitos Burung Hantu di Depan Rumah yang Bikin Merinding!

Burung termasuk salah satu hewan yang dekat dan berkeliaran disekitar kita. Bersuara merdu dipagi hari menemani kesibukan kita mengawali pagi. Beberapa jenis burung sering bermain di pepohonan depan rumah, halaman, tiang listrik dan atap rumah. Hal ini sudah menjadi pemandangan yang biasa bagi kita di pagi dan sore hari. Bahkan sebagian dari kita ada yang sengaja memeliharanya.

ads

Apa jadinya jika yang hadir adalah seekor burung hantu? Mungkin muncul perasaan takut ketika burung yang tak biasa hadir disekitar rumah ini malah muncul dihadapan kita. Dan ternyata, mitos burung hantu di depan rumah juga beredar ditengah masyarakat. Seperti namanya, burung ini dikatakan memiliki kaitannya dengan hal-hal mistis. Apa saja ya? Simak yuk!

1. Lambang Kematian

Dalam masyarakat Jawa, burung hantu dikatakan sebagai lambang kematian. Konon, menurut mitos burung hantu di depan rumah jadi pertanda bahwa akan ada orang yang meninggal dari rumah yang dihampirinya dalam waktu dekat. Ada juga yang mengatakan bahwa jika seseorang menirukan suara burung hantu, namun burung tersebut tidak menyahut, artinya orang tersebut akan meninggal dalam waktu dekat.

Tidak hanya di Indonesia ada mitos tentang burung hantu. Di India pun, suara burung hantu pun di anggap sebagai tanda akan datangnya kematian pada seseorang. Eits, perlu diingat kembali, ini hanya mitos ya, datangnya kematian seseorang hanya Allah SWT yang tahu.

2. Burung Pemanggil Roh dan Pertanda Adanya Hantu

Menurut mitos burung hantu di depan rumah yang beredar, burung hantu dikatakan juga sebagai burung pemanggil roh, seseram namanya ya. Sepertinya, inilah alasan banyak paranormal, orang sakti atau orang yang berkemampuan berhubungan dengan alam gaib memelihara burung ini.

Kehadiran burung hantu ini dikaitkan dengan kehadiran sosok makhluk gaib disekitanya. Jadi bisa diartikan bahwa disekitar burung hantu, juga ada makhluk halus. Selain itu, simak pula tanda-tanda orang akan meninggal dunia dan berbagai cerita hantu yang menyeramkan seperti cerita hantu di sekolah, cerita hantu di rumah sakit angker, dan mitos keluar saat magrib yang juga tak kalah menyeramkannya.

3. Pengirim Berita Duka

Ada juga juga yang mengatakan bahwa kedatangan burung hantu di depan rumah jadi pertanda atau firasat buruk, dinana berkaitan dengan berita duka. Tidak selalu dari penghuni rumah, namun juga bisa pertanda akan ada kematian dari sanak kerabat yang jauh. Konon, katanya suara burung hantu yang terdengar disekitar rumah juga jadi pertanda akan adanya malapetaka.

4. Mencuri Keberkahan yang Ada di Dalam Rumah

Ada pula yang mengatakan bahwa mitos burung hantu di depan rumah dan sampai masuk ke dalam rumah, itu artinya burung tersebut akan membawa serta keberkahan dari dalam rumah tersebut saat keluar rumah. Maka dari itu ada yang mengatakan bahwa burung hantu yang masuk rumah harus dibunuh karena konon katanya jadi penyebab hilangnya keberkahan dalam rumah tersebut.

Nah, Itulah 4 mitos burung hantu di depan rumah yang ada ditengah masyarakat. Simak juga mitos tentang burung hantu lainnya yang juga ada ditengah masyarakat dunia berikut ini ya.


Pertanda Kemenangan bagi Pasukan Perang

Di Yunani, burung hantu malam bermakna sebaliknya. Dipercayai bahwa burung hantu yang terbang disekitar pasukan perang, itu artinya pasukan tersebut akan menang dalam pertempuran. Jadi disana burung hantu adalah lambang kemenangan.

Bulu Burung Hantu Bisa Memudahkan Bayi Tertidur

Mitos yang beredar ditengah masyarakat Inggris beda lagi, yang mana katanya bulu dari burung hantu akan membuat bayi lebih mudah terlelap jika diletakkan disamping tempat tidurnya.

Obat Penyakit Jantung

Di India, burung hantu juga jadi lambang kematian sama halnya dengan mitos yang berkembang ditengah masyarakat Roma. Hanya saja di India, konon katanya burung hantu juga bermanfaat dalam menyembuhkan penyakit jantung. Kok bisa ya?

Nah itulah mitos seputar burung hantu yang mendunia. Apakah burung hantu menakutkan? Tidak semua ya, karena burung hantu memiliki banyak jenis. Memang, ada yang memiliki rupa yang menyeramkan, namun juga ada yang imut dan malah berkesan lucu.

Simak juga mitos menarik lainnya yang tak kalah menyeramkan seperti mitos melihat kelabang, mitos makan bunga melati, mitos mencuci baju di malam hari, mitos dan pertanda ular hitam masuk rumah serta pertanda kupu-kupu hingga di tangan kiri.

, ,
Oleh :
Kategori : Mitos dan Fakta