7 Mitos Bunga Sedap Malam yang Bernilai Mistis di Tengah Masyarak

Selain adanya mitos menanam bunga kenanga di depan rumah, juga ada mitos lainnya seputar bunga yang juga mengandung cerita mistis, yakni bunga sedap malam. Padahal bunga sedang malam memiliki kuntum bunga yang indah di luar negeri dijadikan sebagai bunga potong hias, namun di sini malah dikaitkan dengan mitos atau cerita mistis walau tidak semuanya yang mengerikan. Tapi cukuplah untuk membuat bulu kudung merinding. Langsung saja yuk, simak mitos bunga sedap malam ini dan misteri yang ada disekitarnya.

1. Memberikan Ketenangan dan Kenyamanan

Mitos bunga sedap malam yang pertama adalah, jika di tanam di belakang atau di pekarangan rumah, bunga ini bisa memberikan energi yang membuat penghuni rumah merasa nyaman dan tenang. Karena itu pula bunga ini sering muncul di tengah suasana duka dan bergabung dalam upacara kematian.

2. Penangkal Sihir dan Ilmu Hitam

Sama halnya dengan bunga kenanga, bunga sedap malam ini katanya juga mampu menangkal segala macam jenis sihir dan ilmu hitam yang ditujukan kepada penghuni rumah. Nah, orang yang berhubungan dengan dunia sihir dan ilmu hitam mungkin akan menanam bunga ini yang di pekarangannya?

3. Penanda Keberadaan Makhluk Halus

Pernah dengar ya kalau keberadaan makhluk halus di sekitar kita di tandai dengan adanya aroma bunga? Kalau tiba-tiba saja mencium aroma bunga yang wangi semerbak apalagi di tengah malam di jalanan yang sepi, berarti ada yang datang atau lewat. Salah satunya adalah aroma bunga sedap malam ini. Ih, bikin merinding kan ya? Tak kalah merindingnya dengan mitos saat magrib dan mitos keluar saat Maghrib yang tampaknya kini sudah banyak diabaikan.

Faktanya adalah aroma bunga sedang malam muncul di malam hari karena hasil foto sintesis. Juga, tanaman bunga sedap malam ini mengandung minyak atsiri pada daun dan batangnya juga. Jadi nggak heran ya kenapa bunga ini bisa menghasilkan aroma yang semerbak.

4. Media untuk Memanggil Makhluk Halus

Dalam dunia supranatural, bunga sedap malam ini sering dijadikan sebagai media untuk memanggil makhluk halus yang menjadikan image dari bunga ini makin melekat dengan mistis. Benarkah demikian? Secara ilmiah belum ada yang bisa membuktikan bahwa aroma bunga ini bisa memanggil makhluk gaib.

Namun kini, aroma sedap malam yang khas banyak digunakan juga untuk menghias dan menebarkan aroma wangi saat lebaran tiba. Semoga hal ini bisa menghapus image mistis dari bunga sedap malam yang cantik ini ya.

5. Bisa Mengundang Datangnya Malaikat

Mitos bunga sedap malam lainnya nih, juga ada yang mengatakan bahwa bunga ini bisa mengundang datangnya malaikat. Jika di tanam di pekarangan rumah berarti bisa mengundang hal baik juga, kah? Meski mitos ini kedengarannya baik, tapi tetap saja tidak ada buktinya. Dan hati-hati bisa jadi dosa syirik ya.

Jika ingin menanam bunga yang sarat mitos, sebaiknya tanam dengan niat untuk memperindah dan mempercantik pekarangan. Jangan ada niat-niat lain sesuai mitosnya ya.

6. Dapat Memperpanjang Usia

Katanya kalau bunga ini ditanam di pekarangan rumah, bisa memperpanjang usia penghuni rumah tersebut. Menurut mitos yang ada, bunga ini dapat menghidupkan dan menghindari kematian serta menjauhkan pemiliknya dari marabahaya hingga maut. Jelas sekali jika mitos ini dipercaya akan membuat kita mendapat dosa syirik, karena kehidupan dan kematian hanyalah kuasa Allah SWT.

7. Pembawa Rezeki

Bunga sedap malam ini juga dianggap sebagai pembawa rezeki. Katanya, jika seseorang melihat bunga ini sedang mekar, maka ia akan memperoleh rezeki, kemuliaan dan kebahagiaan dan kemenangan dalam kehidupannya. Ingat! Rezeki Allah yang ngatur dan memintalah kepada-Nya dan haruslah diiringi dengan usaha.

Bicara tentang rezeki, simak nih alasan kenapa rezeki suami seret yang perlu disimak agar tidak selalu berpikiran negatif dan mengaitkannya dengan hal-hal mistis. Juga ketahuilah apa saja yang termasuk pada sifat istri penghambat rezeki suami, ciri suami pembawa rezeki, serta ciri istri penghambat rezeki.

Bunga Sedap Malam di Luar Negeri

Makna negatif tentang bunga sedap malam ini tidak berlaku di banyak negara lainnya. Bunga sedap malam ini justru sering dijadikan sebagai dekorasi. Di Hawai, bunga sedang malam hadir dalam upacara pernikahan dalam menghiasi gaun pengantin wanita. Sementara di India, bunga sedap malam jadi hiasan saat upacara pernikahan.

Demikianlah 7 mitos bunga sedap malam yang ada di tengah masyarakat Indonesia. Bunga lainnya yang idektik dengan mitos mistis lainnya adalah mitos bunga wijaya kusuma dan mitos makan bunga melati. Jagan terlalu percaya mitos ya jika tidak ingin menanggung beban dosa syirik.


, ,
Oleh :
Kategori : Mitos dan Fakta