Simak 10 Cara Agar Betah di Tempat Kerja Baru dan Lebih Menyenangkan

Berada dilingkungan baru terkadang membuat kita sedikit merasa canggung. Terutama ketika memasuki tempat kerja yang baru dimana kita akan akan menghabiskan banyak waktu disana. Terlebih saat kita bekerja, kita tentu menginginkan suasana yang nyaman agar bisa melakukan setiap pekerjaan dengan baik.

Nah, bagaimana jika berada di tempat bekerja baru dengan lingkungan baru dan rekan kerja baru? Tentu kita pun harus berusaha agar bisa nyaman dan betah. Baiknya, simak cara agar betah di tempat kerja baru berikut ini.

  1. Mulailah beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru.

Beradaptasi itu penting saat kita berada di lingkungan baru. Kita harus bisa menempatkan diri dan membawa diri dilingkungan baru. Selain itu kita juga harus banyak mempelajari hal-hal yang belum di ketahui tentang lingkungan kerja yang baru.

Seperti mengenali kebiasaan karyawan yang lain dan mengenali sifat mereka dan juga atasan. Dengan mengetahui hal tersebut kamu juga akan lebih mudah untuk menempatkan dan membawa diri saat bergaul dengan mereka.

  1. Pandai-pandai membangun hubungan yang baik dengan rekan kerja.

Mulailah untuk menjalin hubungan yang baik dengan rekan kerja. Hubungan yang baik dan berjalan lancar akan membuat kita merasa nyaman dan betah dengan lingkungan kerja baru. Pandai-pandailah dengan rekan kerja dan jangan terlihat seperti orang yang sombong atau sifat dan perilaku tidak menyenangkan lainnya yang akan membuat kamu dikucilkan sebagai karyawan baru.

  1. Bangun hubungan yang akrab dengan rekan kerja.

Cobalah untuk membangun hubungan yang akrab dengan teman kantor agar suasana kantor terasa lebih santai. Hubungan yang lebih akrab bisa membuat lebih relaks selama berada dikantor. Selain itu, bukankah hari-hari terasa lebih menyenangkan saat dilalui dengan teman akrab?

  1. Atasi konflik dengan baik.

Dalam dunia kerja pasti ada konflik yang muncul. Entah itu antar sesama karyawan atau dengan atasan sendiri. Jika itu terjadi, segera selesaikan masalah secepat mungkin agar tidak berlarut dan menimbulkan kesalahpahaman. Adanya hubungan yang tidak baik akan membuat kita risih dalam bekerja.

  1. Bekerja secara profesional.

Bekerjalah layaknya seorang profesional yang bisa memilah-milah antara pekerjaan, masalah pribadi atau masalah dengan orang kantor. Jangan biarkan kinerja kamu dalam bekerja terganggu dan memutus konsentrasi kamu sehingga pekerjaan tak kunjung selesai dan menjadi berantakan. Pekerjaan yang tidak selesai dengan baik akan menambah masalah baru, yakni dimarahi atasan. Masalah ini bisa membuat kamu stres dan tertekan di tempat kerja yang pada akhirnya bisa membuat kamu tidak betah.

  1. Jadikan masalah sebagai tantangan.

Jangan melihat masalah sebagai beban yang terus mengusik hari-harimu di tempat kerja. Tapi jadikanlah masalah itu sebagai tantangan dan harus segera diselesaikan. Tantangan yang terselesaikan dengan baik akan membuat kamu lega dan merasa lebih baik ditempat kerja yang baru. Maka dari itu banyaklah belajar cara menyelesaikan masalah yang rumit dari pengalaman orang lain.

  1. Tata meja kerja senyaman mungkin.

Meje kerja merupakan ruang tempat kita bekerja dan beraktivitas. Sering kali kita melihat seorang karyawan menata meja kerja sesuai keinginannya. Lakukan hal yang serupa dengan menata meja kerja kamu sesuai keinginan yang bisa membuat kamu merasa lebih nyaman saat berada di tempat kerja. Tatanan yang nyaman dan apik bisa membuat betah dalam bekerja dan juga menjadi salah satu tips mengatasi rasa malas yang berlebihan.

  1. Perbanyak bersyukur.

Jika ada sesuatu yang membuat kamu tidak betak berada di lingkungan kerja yang baru. Cobalah untuk lebih banyak bersyukur karena setidaknya kamu masih memiliki pekerjaan yang layak. Pikirkan seberapa banyak orang yang masih pengangguran dan berharap mendapatkan pekerjaan seperti dirimu saat ini. Beryukur adalah cara memotivasi diri yang terbaik.

  1. Bekerja sambil belajar.

Jika kamu berpikir tempat bekerja hanya untuk bekerja, itu salah. Justru kamu bisa menemukan banyak hal baru yang selama ini belum kamu ketahui. Pelajari banyak hal dari rekan kerja atau atasan bisa menambah pengetahuan dan wawasan kamu. Jadi jangan hanya terjebak dengan rutinitas pekerjaan namun temukan juga hal-hal baru yang menyenangkan sebagai cara menghilangkan rasa malas bekerja disaat suntuk dan lelah.

  1. Jangan melanggar aturan di tempat kerja.

Berusahalah untuk mematuhi aturan di tempat kerja agar kamu terhindar dari masalah pelanggaran. Sering membuat masalah dan melanggar aturan, seperti sering terlambat bisa membuat atasan marah. Teguran dari atasan bisa membuat kamu merasa tidak nyaman berada di tempat kerja dan menjadi penyebab malas kerja. Tidur tepat waktu dan tidak bergadang bisa membuat kamu tidak lagi terlambat dan lebih segar saat bekerja yang merupakan cara menghilangkan rasa malas dan ngantuk saat bekerja.

Itulah 10 cara agar betah di tempat kerja baru. Setidaknya ingat kembali alasan memilih pekerjaan yang dilamar saat pertama kali. Sehingga kamu akan sadar kenapa kamu harus betah berada ditempat kerja saat ini.

 

, ,
Oleh :
Kategori : Aktivitas