13 Tips Mengatasi Rasa Malas Yang Berlebihan Paling Mudah Dilakukan

Selamat datang kembali di web cintalia.com ya guys.. Kali ini kita akan membahas mengenai apa saja sih tips untuk menghilangkan rasa malas yang berlebihan. CIntalia yakin, kalian pasti pernah kan merasa sangat malas hingga rasanya tak ingin melakukan apapun seharian penuh kan? Nah ini ternyata sangat merugikan loh guys. Secara tidak langsung jika kemalasan ini terjadi berulang-ulang juga dapat menyebabkan kalian kecanduan. Pola hidup yang malas akan semakin terbentuk dan kalian akan jauh dari kata sukses deh. Karena itu, untuk menghilangkan rasa malas diperlukan beberapa usaha keras dan cintalia.com punya tips-tips jitunya untuk kalian..

ads
  1. Membuat Daftar dan Jadwal Harian

Untuk menghindari yang namanya rasa malas, kalian harus berupaya untuk memaksa diri kalian agar tidak jatuh ke dalam lubang kemalasan. Poin pertama, kalian bisa menghindarinya dengan cara membuat daftar dan jadwal harian anda. Hari ini anda harus sudah mulai merencanakan hari esok. Buatlah jadwal sedetail mungkin yang ingin dan yang harus anda lakukan di keesokan hari setelah bangun tidur hingga sebelum tidur. Begitu juga hari setelahnya. Lakukan rutin setiap hari dan berusahalah untuk menepati jadwal yang telah anda tetapkan sendiri sebaik mungkin agar jadwal dapat terlaksana dengan tepat waktu.

  1. Membuat Target

Jika kalian telah membuat jadwal harian dan daftar mengenai apa saja yang akan kalian lakukan di keesokan harinya. Pada poin kedua ini kalian disarankan untuk membuat target atas apa yang kalian kerjakan. Misalnya, kalian harus menyelesaikan tugas kuliah/ sekolah, nah disini kalian harus memiliki target menyelesaikan tugas dengan tuntas, jika tidak kalian akan memiliki beban karena tugas akan semakin menumpuk keesokan harinya. Dengan begitu kalian akan jadi lebih bersemangat jika anda belum menyelesaikan tugas kalian.

  1. Hindari Kata Menunda

Segala macam pekerjaan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda, namun kesulitan terbesar adalah ketika pekerjaan itu tidak pernah dimulai untuk diselesaikan. Ketakutan akan mengerjakan suatu hal yang sulit dan rumit membuat kita seringkali berpikir untuk menundanya dan menyelesaikan di lain waktu, padahal hal ini akan sangat merugikan diri kita sendiri.

Kesulitan yang dihadapi pasti akan dapat diselesaikan dengan perlahan, namun jika kesulitan tersebut dihindari, maka kita tidak pernah akan belajar untuk menyelesaikannya karena kita belum memulai. Jika kalian merasa ingin menunda, cobalah untuk memaksa diri sekuat tenaga menyelesaikannya saat ini juga. Mulailah dari tugas/ pekerjaan yang ringan, kemudian biasakanlah untuk melakukannya setiap hari, selesaikan pekerjaan-pekerjaan berat hingga kalian akan merasa risih jika tidak menyelesaikan sesuatu dengan segera (menunda).

(Baca Juga: Cara Menghilangkan Rasa Takut)


  1. Memberi Motivasi Kepada Diri Sendiri

Katakan kepada diri kalian di depan kaca, bahwa kalian bukanlah seorang pemalas, katakat berkali-kali setiap kalian merasakan kemalasan dan rasa ingin menunda. Tanamkan pikiran bahwa kemalasan merupakan jurang perusak masa depan kalian. Dengan begitu motivasi yang kalian lakukan ini akan secara otomatis membawa energy positif kedalam pikiran dan hati anda. Perlawanan untuk bersikap malas pun akan tertolak dengan otomatis.

  1. Hiduplah Dengan Pola Hidup Teratur

Hiduplah dengan cara yang baik, makanan yang baik dan lingkungan tempat tinggal yang baik. Lingkungan tempat tinggal kalian usahakan untuk diatur dengan baik dan tidak berantakan, agar dapat meningkatkan niat dan usaha kalian agar tidak malas.  (Baca Juga: 10 Tips Gaya Hidup Sehat)

  1. Melakukan Olahraga Teratur

Malas juga dapat disebabkan oleh nutrisi yang terkandung di dalam tubuh. Setiap pagi usahakan untuk mengkonsumsi makanan-makanan yang bergizi dan berprotein. Dan yang paling penting adalah melakukan olahraga pagi secara teratur agar dapat menjaga tubuh tetap segar dan bersemangat dalam menjalani berbagai aktivitas.

  1. Menghadiahi Diri Sendiri

Sesekali berikan penghargaan terhadap diri sendiri jika telah melakukan berbagai aktivitas yang jauh dari rasa malas. Hadiah yang diberikan untuk diri sendiri bukanlah barang mewah, kalian dapat menghadiahi diri sendiri dengan hadiah kecil-kecilan seperti keluar rehat sejenak/ berlibur sebagai hadiah karena kalian telah berusaha dengan baik menghindari rasa malas dan melakukan banyak hal. (Baca Juga: 15 Cara Membahagiakan Diri Sendiri)

  1. Menghindari Tempat Tidur dan Sofa Malas

Perlu kalian ingat, tempat-tempat yang nyaman seperti tempat tidur dan sofa dapat menimbulkan efek malas dan nyaman ketika digunakan. Oleh karena itu, jika kalian ingin menghindari rasa malas, kalian juga harus rela menghindari sofa maupun tempat tidur agar tubuh tidak tersugesti untuk lebih banyak melakukan santai dibandingan menyelesaikan berbagai macam pekerjaan. Untuk sementara, hindari tempat-tempat ini jika kalian ingin menjadi seseorang yang berhasil melawan rasa malas. Gunakan diwaktu yang tepat (pada saat tidur, dan beristirahat).

  1. Mencari dan Menemukan Penyemangat

Menemukan penyemangat dalam melakukan berbagai aktivitas sama saja dengan memberikan motivasi kepada diri sendiri namun sumbernya bukan berasal dari diri sendiri namun dari pihak lain. Penyemangat biasanya bisa dari orang tua, sahabat, teman dan kaka/ adik. Orang-orang yang berpengaruh di lingkungan kalian biasanya dapat menjadi penyemangat. Misalnya, orang tua yang akan bahagia jika melihat kalian berhasil.

Nah, motivasi ini juga dapat menjadi penyemangat kalian guys, atau bisa juga sahabat. Sahabat kalian memiliki nilai yang sangat baik di kelas karena dia rajin belajar, nah kalian juga ngga akan mau dipandang remeh kan, jadikan dia sebagai rival hanya untuk memotivasi nih guys. Jadi kalian akan lebih bersemangat dalam belajar dan meraih nilai yang lebih tinggi dari sahabat kalian.

  1. Menentukan Tujuan Hidup

Di dalam hidup setiap orang pasti menginginkan hal baik di masa mendatang yang dirancang dan dibentuk mulai dari saat ini. Dengan begitu setiap orang pasti akan terarah dan memiliki tujuan hidup. Kalian juga pasti memiliki tujuan hidup atau cita-cita yang kalian impikan kan? Oleh karena itu, cintalia.com akan mencoba membantu kalian untuk lebih fokus. Kalian mulai dengan mencatat tujuan hidup anda dan tempelkan di tempat yang mudah anda lihat setiap harinya.

Ketika kalian malas, usahakan kalian langsung melihat impian dan tujuan hidup yang pernah kalian tulis agar muncul kembail harapan dan keinginan untuk mengatasi rasa masal dan segera menuntaskan pekerjaan-pekerjaan kalian. Baca berulang-ulang dan tanamkan di dalam pikiran maupun benak anda. (Baca Juga: Tujuan Hidup Menurut Islam dan Al-Qura’n)

  1. Bayangkan Sakitnya Ketikan Tujuan Hidup dan Harapan Tidak Tercapai

Ketika kalian bermalas-malasan, cintalia jamin deh kalian bakalan ngerasa nyaman banget. Namun kalian juga harus ingat dan mempertimbangkan rasa nyaman yang saat ini kalian rasakan, karena ketika kalian merasakan kenyamanan di dalam kemalasan maka di masa mendatang kalian akan kesulitan untuk meraih apa yang kalian cita-citakan. Kalian bisa memakai cara dengan sering membayangkan bagaimana nanti jika kalian menjadi seseorang yang sukses karena tujuan kalian sudah tercapai, dengan begitu rasa malas akan menjauh dari anda. 


  1. Menjauhlah Dari Penyebab Kemalasan

Kemalasan bisa disebabkan karena berbagai macam hal, sebelum ini berlanjut dan menjadi keseharian kalian, kalian harus cepat-cepat untuk mengubahnya. Hal-hal yang bisa meningkatkan rasa malas antara lain: (1) Sering bergaul dengan lingkungan pemalas, jauhi sumbernya dan gantilah pergaulan kalian dengan pergaulan yang sehat dan orang-orang yang giat bekerja agar tertular aura positifnya. (2). Sering menghabiskan waktu untuk stalking FB/ Instagram, pada jaman sekarang kemalasan dapat juga disebabkan karena terlalu banyak bermain gadget. Sebaiknya berikanlah waktu-waktu khusus kapan kalian perlu bermain gadget dan kapan kalian saatnya bekerja. Tahan diri kalian hingga pekerjaan selesai dan buatlah prioritas

  1. Paksa Diri Kalian Untuk Menghindari Kemalasan

Jika kalian memiliki kemalasan tingkat dewa yang dengan poin 1 – 12 tidak berhasil mempengaruhi kalian, itu artinya memang tidak ada keniatan yang benar-benar kalian tanamankan di pikiran dna benak kalian. Jika memang sudah niat, kalian harus membiasakannya selama 40 hari untuk tidak malas, dengan begitu kalian akan membawanya menjadi pola hidup dan kebiasaan yang baik. Cara terakhir jika semua cara tidak berhasil yakni dengan memaksa. Paksakan saja melakukan pekerjaan yang sebenarnya malas anda lakukan, paksakan saja untuk mengerjakan tugas meskipun kalian tidak bisa, katakan pada diri kalian bahwa kalian bisa melakukannya. Lama-lama kalian akan terbiasa dengan hal tersebut.

Nah, itu tadi merupakan beberapa tips untuk menghindari kemalasan yang berlebihan. Namun ada yang terpenting yang harus kalian cermati nih guys, ingat dengan benar tujuan hidup kalian. Jika kalian tetap malas kalian tidak akan pernah menyelesaikan apapun. Karena sebuah pekerjaan berat akan tetap menjadi berat jika tidak dimulai untuk mengerjakan. Dan seseorang yang berhasil melawan kemalasan dapat dikatakan dia sudah dewasa dalam menjalani kehidupannya.  (Baca juga: Cara Merubah Sikap Menjadi Dewasa)

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 22nd, September 2017 / 07:47 Oleh :
Kategori : Perbuatan Salah