13 Cara Menyelesaikan Masalah yang Rumit Agar Cepat Selesai

Berbicara tentang masalah yang selalu ada di dalam setiap kehidupan manusia memang tak ada habisnya. Selalu saja ada masalah yang menghampiri setiap orang dengan berbagai alasan dan penyebab dengan takarannya masing-masing. Dan tak sedikit pula orang yang menjadi stres karena tidak mampu menyelesaikan masalah yang begitu rumit bagi dirinya, maka dari itu belajarlah cara menghadapi masalah hidup agar kita siap menghadapi berbagai masalah yang akan terjadi.

ads

Masalah  yang terasa berat dan rumit tidak akan mampu untuk kita pecahkan sendiri, kita pasti butuh bantuan dan pencerahan dari orang lain untuk menemukan titik terang dari masalah yang kita alami. Dan berikut beberapa cara menghadapi masalah yang berat agar kita bisa menemukan jalan keluarnya.

  1. Hilangkan pikiran negatif, tapi cobalah untuk selalu berpikir secara positif dalam memandang setiap detail masalah.

Setiap masalah yang datang orang akan selalu berpikir yang negatif dan tidak baik pada masalah itu sendiri. Ya memang, yang namanya masalah itu nggak ada yang positif dan yang baik, karena kehadirannya hanya membawa kekacauan dalam kehidupan kita. Tapi meski kenyataannya demikian bukan berarti kita harus selalu berpikir negatif. Tak jarang ditemukan sisi baik yang terjadi dibalik permasalahan itu, misalnya karena adanya suatu masalah ternyata ada keuntungan dan kebaikan lain yang kita dapatkan sehingga kita jadi sadar bahwa “Ternyata inilah hikmah dibalik semua kejadian itu”. Saya yakin banyak dari kita yang telah merasakan adanya hikmah dibalik sebuah  masalah atau peristiwa.

  1. Berusahalah agar hati dan pikiran tetap tenang walaupun itu sulit untuk dilakukan.

Menenangkan hati dan pikiran dalam keadaan kalut dan panik memang susah sekali, tapi kita harus bisa untuk tenang agar bisa berpikir dengan baik dan jernih untuk menemukan solusi dari permasalahan yang sedang di hadapi. Maka dari itu kita harus tahu cara menghadapi masalah dengan tenang.

  1. Minta bantuan orang yang bisa dipercaya dalam menyelesaikan masalah.

Tak ada salahnya kita meminta bantuan orang lain untuk meringankan beban dan masalah kita, jika kita berbagi masalah yang kita hadapi dengan orang lain mungkin kita bisa menemukan titik terang dari orang lain itu. Karena setiap orang memiliki pengalaman dan perjalanan hidup yang berbeda, dan siapa tahu orang yang kita minta bantuan itu memiliki jalan keluar yang bagus.

  1. Tidak mudah menyerah dan berputus asa.

Jika belum menemukan jalan keluar dan solusi yang tepat, janganlah kita langsung putus asa dan merasa bahwa semuanya telah hancur. Ini akan membuat masalah semakin terasa rumit karena tidak ada penyelesaiannya dan akan membuat kita semakin panik dan stres.

  1. Yakinkan diri bahwa pasti ada cara penyelesaian yang baik dari permasalahan yang kita hadapi.

Kita harus yakin bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya, hanya saja mungkin kita belum menemukan solusi yang baik dan tepat. Untuk itu kita juga harus selalu berupaya untuk menemukan jalan keluar terbaik dan banyak belajar cara menyelesaiakn masalah dengan baik dari orang yang bisa membimbing kita dengan benar.

  1. Hindari untuk melibatkan orang yang berpotensi akan membuat masalah semakin keruh.

Hati-hati jika ingin berbagi masalah dengan orang lain, karena jika bercerita dengan orang yang tidak tepat hanya akan membuat kita makin panik dan bisa juga orang itu memberikan solusi yang kurang tepat yang hanya membuat keruh suasana. Untuk itu kita harus benar-benar tahu orang yang akan bisa memberikan jalan keluar untuk kita.

  1. Temukan solusi dari berbagai arah.

Jangan hanya mencari jalan keluar dari satu arah saja, tapi cobalah untuk mencari solusi dari berbagai sudut dan arah. Sehingga nantinya kita bisa memiliki banyak pilihan jalan keluar untuk dipertimbangkan.


  1. Pilih solusi yang dirasa paling baik dan minim resiko untuk sekarang dan masa mendatang.

Dalam menyelesaikan masalah harus tuntas hingga ke akarnya agar tidak menimbulkan masalah baru dikemudian hari, untuk itu pertimbangkan dengan matang keputusan yang kita ambil sebagai solusi terbaik.

  1. Kuatkan diri agar tetap tegar dalam menghadapi masalah hidup.

Untuk menghadapi masalah dalam kehidupan kita harus kuat dan tegar agar kita tidak lemah dan rapuh oleh masalah-masalah yang pasti akan menghampiri.

  1. Pertimbangkan terlebih dahulu solusi yang ditawarkan orang lain.

Jika ada orang yang menawarkan solusi untuk masalah kita jangan langsung diterima dan ditelan bulat-bulat begitu aja, tapi kita harus pikirkan dan pertimbangkan apakah ini jalan keluar yang benar. Banyak juga orang yang mau membantu orang lain karena mungkin saja ia melihat ada celah untuk mengambil keuntungan dari kita tanpa memikirkan dampaknya untuk diri kita.

  1. Ambil sebuah keputusan dengan memikirkan dampaknya juga dikemudian hari.

Dalam membuat keputusan kita harus memikirkan juga dampaknya dikemudian hari agar nantinya kita tidak menyesali karena telah salah dalam membuat keputusan. 


  1. Harus tetap sabar walaupun terasa pahit.

Sabar adalah sifat yang harus dimiliki orang agar selalu tegar dalam menghadapi banyak permasalahan dalam hidupnya agar kita bisa menanamkan sifat ini dalam diri maka kita harus banyak mengetahui tentang cara menghadapi masalah dengan sabar.

  1. Fokuskan pikiran pada penyelesaian masalah.

Selalu fokus pada penyelesaian masalah dan jangan terlalu menghakimi atau menyesali penyebab terjadinya masalah itu agar masalah cepat terselesaikan.

Dari penjelasan poin-poin di atas semoga bisa membantu dan kita bisa menghadapi dan menyelesaikan masalah rumit yang sedang kita hadapi. Tapi kita juga harus selalu siap agar nantinya lebih kuat untuk menghadapi masalah lainnya dengan lebih banyak mengetahui cara menghadapi masalah yang bertubi-tubi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Tips Kehidupan