11 Cara Mengenalkan Pacar pada Orang Tua

Anda mungkin sudah menjalin hubungan yang cukup lama dengan pacar, namun sayangnya Anda belum mengenalkan pacar Anda kepada orang tua. Padahal, Anda dan juga pacar Anda sudah merasa cocok satu sama lain dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius seperti melakukan persiapan pernikahan. Namun, untuk melanjutkan ke jenjang yang lebih serius tentu Anda harus memulai dengan mengenalkan pacar Anda kepada orang tua. Akan tetapi Anda sendiri merasa bingung bagaimana mengenalkan pacar kepada orang tua. Mungkin Anda takut jika orang tua tidak menyukai pacar Anda, atau bisa jadi Anda juga takut jika pacar Anda tidak bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan keluarga Anda. Jika Anda bingung harus mengenalkan pacar kepada orang tua dengan metode seperti apa.

Beberapa tips berikut Cara Mengenalkan Pacar pada Orang Tua ini bisa Anda terapkan sebagai bahan pertimbangan mengenalkan pacar kepada orang tua :

1. Memberikan Info yang Membantu

Ada baiknya sebelum Anda mengenalkan pacar kepada orang tua, Anda memberikan informasi kepada pacar Anda mengenai berbagai hal tentang keluarga Anda. Misalnya kebiasaan-kebiasaan orang tua, saudara, dan lain sebagainya. Informasi tersebut bisa menjadi referensi awal sekaligus pengenalan awal agar pacar Anda bisa menyesuaikan diri dengan baik ketika harus berada di lingkungan keluarga Anda. Informasi-informasi tersebut juga bisa menjadi pedoman bagi pacar Anda agar tahu bagaimana harus berperilaku baik di depan orang tua.

2. Mencari Timing yang Tepat

Sebelum mengenalkan pacar kepada orang tua, terlebih dahulu Anda harus mengetahui kondisi ataupun mood kedua orang tua Anda. Pilihlah waktu yang tepat dan juga “aman” sehingga orang tua juga akan memberikan sambutan hangat bagi pacar Anda. Jika orang tua sedang memiliki suasana hati yang kurang baik, misal karena pekerjaan yang terlalu padat, maka hindari pertemuan orang tua dengan pacar karena bisa jadi sambutan orang tua tidak sebaik yang diharapkan.

3. Sering Membicarakan Pasangan Sebelum Membawanya

Sebelum membawa pasangan ke hadapan orang tua ada baiknya Anda menceritakan beberapa hal mengenai pacar Anda. Metode seperti itu akan membuat orang tua Anda paham mengenai kedekatan yang sedang Anda jalin bersama pacar. Selain itu, menceritakan berbagai hal tentang pacar akan membuat orang tua Anda tidak terkejut jika nantinya bertemu dengan pacar. Orang tua juga akan merasa lebih nyaman saat bertemu dengan pacar Anda.

4. Jangan Lupa Bersalaman

Bersalaman adalah hal yang terkesan sepele namun memiliki dampak yang sangat besar bagi hubungan orang tua dan pacar. Jangan sampai pacar Anda melupakan hal yang satu ini. Meski terkesan hal mudah, namun bersalaman akan menunjukkan bagaimana sikap sopan santun pacar Anda kepada orang tua. Bisa jadi hanya dengan bersalaman saja bisa memberikan kesan pertama yang berkesan bagi orang tua Anda.

5. Tahu Kapan Harus Berbicara dan Kapan Harus Diam

Saat berbincang-bincang dengan orang tua atau anggota keluarga yang lain libatkanlah pacar Anda dalam setiap pembicaraan. Bukalah interaksi antara pacar dengan orang tua dan juga anggota keluarga agar hubungan menjadi semakin intens. Meskipun berada di dalam lingkungan keluarga Anda, namun Anda harus bisa mengontrol diri, kapan harus diam dan kapan harus berbicara. Jangan terlalu mendominasi pembicaraan. Berikanlah kesempatan kepada pacar Anda untuk ikut berbicara sehingga orang tua juga memiliki kesempatan untuk menilai apakah pacar Anda pintar berinteraksi atau tidak.

6. Hal-hal yang Dibenci Keluarga

Sebelum menemui orang tua dan juga anggota keluarga, ceritakanlah kepada pacar Anda mengenai berbagai hal yang dibenci oleh anggota keluarga. Jangan sampai pacar Anda melakukan sesuatu yang dibenci oleh orang tua sehingga hal tersebut justru akan mencoreng nama pacar Anda di mata keluarga. Pada dasarnya, pacar Anda harus menjaga etika dan juga sopan santun saat bertemu orang tua Anda. Hal tersebut akan membuat orang tua Anda merasa lebih dihargai dan dihormati.

7. Jaga Penampilan

Meskipun dalam keseharian saat berpacaran pasangan Anda sering terkesan cuek dengan penampilan, namun usahakan agar pacar Anda berpenampilan menarik saat bertemu dengan orang tua. Beri tahu pacar Anda untuk berpenampilan rapi sehingga orang tua Anda juga akan terkesan dengan hal tersebut. Bisa jadi penilaian pertama orang tua berasal dari apa yang dilihatnya dari pacar Anda.

8. Jangan Sampai Bertengkar di Depan Orang Tua

Jika Anda berhasil mempertemukan pacar dengan orang tua, maka langkah selanjutnya adalah berusaha untuk tidak berselisih paham di depan orang tua. Hindari berbicara dengan pasangan menggunakan intonasi tinggi. Dengan berselisih paham di depan orang tua, bisa jadi orang tua akan menangkap sinyal negatif dari kedekatan Anda dengan pacar.

9. Makan Malam

Salah satu metode paling efektif untuk mengenalkan pacar kepada orang tua adalah dengan melibatkan pacar dalam acara makan malam. Makan malam adalah waktu paling tepat karena biasanya seluruh keluarga berkumpul dan saling bercerita tentang kegiatan-kegiatan mereka.

10. Membawa Buah Tangan

Membawa buah tangan bisa jadi seperti sogokan. Namun, metode ini bisa jadi sangat efektif untuk memikat orang tua Anda agar memberikan penilaian positif kepada pacar. Berikan saran kepada pacar Anda untuk membawa buah tangan yang tidak terlalu mahal, namun tetap berkesan sehingga orang tua Anda tidak akan merasa disogok. Misalnya, dengan membawakan makanan kesukaan orang tua.

11. Pertemuan Lebih Lanjut

Jangan jadikan pertemuan dengan orang tua sebagai satu-satunya waktu perkenalan. Rencanakan waktu lebih lanjut untuk mengadakan pertemuan dengan anggota keluarga yang lain agar pacar Anda lebih akrab dengan anggota keluarga.

Merencanakan pertemuan lebih lanjut akan membuat orang tua dan juga pacar Anda lebih melebur dan merasa lebih nyaman satu sama lain. Anda bisa mengajak pacar Anda makan malam bersama keluarga atau bahkan liburan bersama keluarga. Ceritakan hobi ataupun kesukaan setiap anggota keluarga sehingga pacar Anda bisa membaur dengan cepat. Lebih banyak melibatkan pacar dalam berbagai kegiatan dalam keluarga akan membuat pacar Anda merasa menjadi bagian yang sangat penting dalam hidup Anda.

Demikian beberapa metode yang bisa Anda terapkan untuk mengenalkan pacar kepada orang tua. Pertimbangkan secara mendalam apakah Anda benar-benar serius menjalani hubungan dengan pacar ataukah hanya sekedar main-main saja. Jika Anda memang sudah yakin dan serius menjalani hubungan dengan pacar, maka tidak ada salahnya untuk segera mengenalkan pacar kepada orang tua.

Baca juga artikel cinta lainnya :