Ini Nih 5 Perbedaan Pacaran Main-main dan Serius!

Pacaran merupakan proses untuk mengenal lebih lanjut antara dua orang yang saling jatuh cinta. Dengan berpacaran, artinya keduanya memiliki keterikatan untuk bisa saling mencintai dan menyayangi. Pacaran juga anggap sebagai hal yang wajar dilakukan yang padahal dalam Islam sendiri telah dilarang. Hubungan pacaran ada yang serius dan ada juga yang main-main. Pacaran pada anak remaja sering dianggap sebagai pacaran main-main dikarenakan umur mereka yang masih terlalu dini dan belum memahami apa itu sebuah hubungan beserta komitmen di dalamnya.

Sementara, pacaran pada pasangan yang telah dewasa sering kali menjadi hubungan yang serius dimana selanjutnya mereka siap memasuki jenjang pernikahan. Meski sama-sama berstatus pacaran, jelas di dalamnya ada perbedaan. Berikut perbedaan pacaran main-main dan serius dalam sebuah hubungan.

Pacaran main-main

  1. Berpacaran hanya sekedar status

Pada pacaran main-main, berpecaran hanya dijadikan sebagai status saja. Dari pada jomblo, lebih baik menerima lamaran cinta dari seseorang meski belum apakah ada rasa cinta atau hanya sekedar rasa suka biasa. Kamu juga tidak memusingkan apakah hubungan akan langgeng atau tidak.

  1. Tidak ada komitmen yang jelas di dalamnya

Tidak ada komitmen yang jelas pada pacaran main-main. Semua berjalan begitu saja mengikuti kemana arah perasaan kamu dan dia. Apakah sama-sama memiliki rasa cinta yang dalam atau tidak, kamu dan dia tidak akan merasa terbebani. Kamu juga masih merasa bebas untuk menentukan apakah akan melanjutkan hubungan atau tidak. Meski demikian, kamu atau dia hanya berpikir untuk menyenangkan pacar dengan cara menjadi pacar yang baik dan cara membuat pacar makin sayang.

  1. Belum memikirkan masa depan dari hubungan

Pada pacaran main-main, kamu dan dia belum berpikr jauh akan hubungan kalian. Kamu dan dia hanya bisa melihat dan mengikuti waktu apakah hubungan kalian bisa bertahan hingga tua nanti atau akan kandas saat sudah merasa bosan.

  1. Tidak terlalu pusing terhadap sikap pacar

Kamu yang masih pacaran main-main seringkali tidak terlalu ambil pusing dengan sikap pacar kamu. Kamu akan berpikir bahwa apa pun yang ia lakukan adalah hal yang biasa. Meski kamu berkata dan merasa sangat cinta padanya dan sakit saat dilukai, namun akan mudah bagi kamu untuk melepaskannya. Hati-hati, laki-laki yang tidak serius dalam menjalin hubungan bisa menjadi ciri-ciri lelaki hidung belang, lho.

  1. Belum ada tahap pengenalan pada keluarga dan orang tua

Meski kamu telah jalan beberapa bulan pacaran dengan si dia, kamu belum berkeinginan untuk mengenalkannya kepada keluarga dan orang tua, begitu juga dengannya. Yang mana artinya kamu atau pun si dia belum merasa yakin pada cinta yang kalian miliki.

Pacaran serius

  1. Pacaran untuk menemukan pendamping hidup.

Pada pacaran serius, proses berpacaran memang telah diniatkan untuk dijadikan sebagai pendamping hidup kekal. Di tahap pengenalan ini kamu akan mulai mencocokkan sifat antara kamu dan si dia. Jika kamu menemukan pasangan yang tepat, maka kemungkinan hubungan akan terus berlanjut.

  1. Ada komitmen yang jelas di dalamnya

Dalam hubungan yang serius akan tercipta suatu komitmen di dalamnya. Dimana kamu dan si dia merasa saling terikat dan harus bisa memenuhi komitmen itu. Pelanggaran pada komitmen yang telah dibuat bisa sangat melukai perasaan pasangan. Pelajari juga tanda-tanda pacar setia agar kamu semakin yakin dengannya.

  1. Berkeinginan untuk melanjutkan hubungan ke jenjang pernikahan

Kamu yang serius dalam berpacaran akan berpikir dan berkeinginan untuk melanjutkan hubungan ke sebuah pernikahan. Tidak hanya kamu saja, tapi juga pacar kamu. Hal ini akan terlihat dari pembicaraan kalian tentang masa depan yang kalian inginkan.

  1. Merasa khawatir jika pacar tidak serius

Saat pacar kamu mulai berulah, kamu akan merasa sangat khawatir dan berpikir keras apakah si pacar layak untuk dijadikan calon suami atau tidak. Apakah tingkahnya akan berlanjut hingga menikah nanti atau apakah si pacar benar-benar serius dengan kamu atau tidak. Kamu yang serius dalam berpacaran akan tahu cara menghindari masalah dengan pacar agar tidak berdampak pada hubungan.

  1. Sudah saling mengenal keluarga dan orangtua masing-masing

Kamu yang pacaran serius, akan mengenalkan pacar kamu pada orang tua dan keluarga. Begitu juga dengan pacar kamu yang akan mengenalkan kamu pada keluarganya. Hal ini karena kamu dan si dia sudah merasa yakin dan memantapkan hati untuk saling mencintai dan setia. Kalian juga ingin hubungan kalian direstui dan didukung oleh keluarga.

Itulah 5 perbedaan pacaran main-main dan serius yang bisa kamu rasakan dalam hubungan kamu dan dia. Simak juga cara menghilangkan rasa cemburu berlebihan kepada pasangan yang kerap kali menjadi pemicu pertengkaran. Bahayanya, pacaran serius justru malah menjadi alasan wanita rela melepas keperawanan sebelum menikah.

, ,
Oleh :
Kategori : Pacaran