Sering Tidak Disadari, Inilah 8 Penyebab Istri Banyak Hutang Tanpa Sepengetahuan Suami

Salah satu penyebab rumah tangga sering cekcok adalah masalah keuangan. Dimana istri tidak mampu mengontrol pengeluaran rumah tangga atau terlalu boros dalam membelanjakan uang untuk keperluan rumah tangga. Ditambah lagi jika ternyata sang istri juga memiliki hutang dengan orang lain tanpa sepengetahuan suaminya. Jika hutang tersebut jumlahnya kecil, tentu tidak terlalu masalah dan bisa dengan mudah dilunasi oleh suami atau pun si istri sendiri. Tapi jika istri berhutang dalam jumlah besar dan tidak mampu membayarnya sendiri dengan menyisihkan sisa uang belanja, maka dipastikan bisa menimbulkan pertengkaran dengan suami. Berikut adalah penyebab istri banyak hutang tanpa sepengetahuan suami.

ads

1. Terlalu berambisi dengan gaya hidup serba ada

Wanita mana yang tidak ingin hidup serba ada dan berkecukupan? Segala yang diinginkan bisa dibeli tanpa memikirkan seberapa banyak uang yang harus dikeluarkan? Tapi tidak semua wanita bisa seberuntung itu. Dan salah satu penyebab istri banyak hutang tanpa sepengetahuan suami adalah untuk memenuhi ambisi untuk gaya hidup yang serba ada ini. Sehingga tanpa disadari si istri membeli ini dan itu dengan uang pinjaman dari orang lain. Hal ini bisa menjadi penyebab keluarga tidak harmonis setelah suami mengetahui ternyata istrinya memiliki banyak hutang.

2. Tidak mampu antara barang kebutuhan dan keinginan

Hal kedua yang menjadi penyebab istri banyak hutang tanpa sepengetahuan suami adalah ketidakmampuan istri dalam membedakan mana yang barang kebutuhan dan mana yang hanya keinginan saja. Sehingga ketika si istri menginginkan suatu barang, ia tidak bisa mempertimbangkan seberapa butuh ia terhadap barang tersebut. Pada akhirnya untuk mendapatkan barang tersebut ia memilih untuk mengkreditnya dari orang lain, yang apabila tidak tercicil akan menjadi hutang.

3. Tidak terbuka dalam masalah keuangan dan kebutuhan rumah tangga

Tidak hanya karena boros dalam membelanjakan uang, adakalanya juga penyebab istri banyak hutang tanpa sepengetahuan suami adalah karena tidak ada keterbukaan. Suami yang terlalu tempramental akan membuat istri takut untuk terbuka dalam banyak hal sehingga menanggung dan mencoba menyelesaikannya sendiri, salah satunya adalah dalam masalah keuangan.

Disini seorang suami harus paham dan tahu betul apakah uang untuk belanja rumah tangga yang diberikan kepada istri cukup atau tidak. Tak jarang suami marah-marah kepada istri saat uang keperluan dapur menipis, sementara ia tidak tahu bahwa uang yang telah ia berikan tersebut tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dapur untuk waktu yang telah ia tentukan. Cara menghadapi masalah keuangan seperti ini bagi seorang istri adalah dengan berani membicarakannya dengan suami.

4. Ingin membeli barang yang tidak dipenuhi oleh suami

Ketika suami tidak mampu memenuhi barang yang diinginkan oleh istri atau tidak mau membelikan barang tersebut karena dianggap mubazir, maka istri yang tidak mau bersabar dan sudah berambisi ingin memiliki barang tersebut akan memilih jalan berhutang untuk mendapatkannya. Tentu saja hal ini dilakukan tanpa sepengetahuan suami agar tidak dimarahi. Pada akhirnya, hutang menjadi penyebab suami istri sering bertengkar.

5. Ingin tampil wah dengan barang-barang terbaru

Meminta uang tambahan hanya untuk membeli barang-barang keluaran terbaru tentu tidak mudah bagi mereka yang bersuami pegawai dengan gaji pas-pasan. Agar tetap bisa tampil stylish dengan berbagai fashion item terbaru dan hits, maka salah satunya jalan adalah dengan berhutang untuk memenuhi keinginan tersebut. Keinginan tidak ingin ketinggalan mode ini yang bisa menjadi penyebab istri banyak hutang tanpa sepengetahuan suami.


6. Ikut-ikutan gaya hidup mewah

Gaya hidup mewah yang dimiliki orang lain ternyata juga bisa menjadi penyebab istri banyak hutang tanpa sepengetahuan suami. Istri yang juga ingin hidup seperti istri-istri lain yang dipenuhi kemewahan bisa membuat seorang istri gelap mata. Tanpa disadari ia jadi ikut-ikutan bergaya hidup mewah seperti membeli barang branded atau nongkrong di cafe dan restoran mahal. Hindarilah sikap seperti ini sebagai cara menjadi istri idaman suami.

7. Mengikuti gengsi yang tidak mau terlihat hidup pas-pasan

Jika seorang istri bertipe gengsian dan tidak mau terlihat hidup pas-pasan dimata orang lain, maka sifatnya inilah yang menjadi penyebab istri banyak hutang tanpa sepengetahuan suami. Seorang istri yang terlalu gengsi untuk tampil dan hidup apa adanya tidak akan malu untuk berhutang kepada orang lain agar bisa terlihat berada dimata orang lain. Hutang juga merupakan akibat dan bahaya hidup boros.

8. Nafkah suami yang tidak cukup untuk pengeluaran hangout dengan ibu-ibu lainnya

Seorang istri harusnya bisa bersyukur dan menyesuaikan gaya hidup serta pengeluaran dengan kemampuan suami. Jika suami bergaji besar atau berpenghasilan besar tentu tidak masalah. Tapi jika suami hanya bergaji pas-pasan tentu istri pun harus bisa menyesuaikan dan mendahulukan kepentingan rumah tangga. Istri yang egois akan memilih jalan berhutang agar bisa ikut berbagai kegiatan ibu-ibu lainnya. Penting bagi seorang istri untuk mengikuti tips mengatur keuangan rumah tangga.

Itulah 8 penyebab istri banyak hutang tanpa sepengetahuan suami yang sering berakhir pada pertengkaran. Jika terlanjur berhutang, hindarilah ciri-ciri orang lari dari hutang ini karena bisa membuat hidup tidak tentram.

, ,
Oleh :
Kategori : Suami Istri