14 Cara Sabar Menjadi Istri Kedua dalam Berumah tangga

Apakah menjadi istri kedua adalah sebuah pilihan ataukah takdir yang harus anda jalani? Apa pun itu alasannya sebagai istri kedua anda sangat dituntut untuk bisa bersabar dalam menghadapi pernikahan dan harus tahu cara menjaga rumah tangga yang baik. Berikut ada beberapa cara agar bisa tetap sabar dalam menjalani kehidupan rumah tangga untuk istri kedua.

ads
  1. Harus bisa dalam menahan amarah dan emosi dalam rumah tangga.

Berstatus sebagai istri kedua bisa mendatangkan banyak masalah dalam kehidupan anda yang berhubungan keluarga dari istri pertama suami anda. Sehingga anda harus bisa menahan emosi dengan cara menghilangkan rasa marah.

  1. Sadari posisi anda sebagai istri kedua yang menyakiti perasaan orang lain.

Sebagai istri kedua anda harus menyadari bahwa posisi anda saat ini telah menyakiti keluarga dari suami anda, yaitu istri dan anak-anak bahkan keluarga dari mereka yang juga menentang kehadiran anda.

  1. Kendalikan diri dengan situasi dan keadaan.

Anda harus pandai dalam menempatkan diri sebagai istri kedua dalam keadaan apapun dengan cara mengendalikan diri karena bagaimana pun juga anda lah yang membuat ketidaknyamanan dalam rumah tangga orang lain.

  1. Pandailah dalam memposisikan diri sebagai istri kedua.

Sebagai istri kedua tentu akses anda terbatas dalam segala hal. Apalagi jika status anda belum diketahui atau malah tidak disetujui oleh istri pertama suami anda. Jadi pandailah memposisikan diri dihadapan suami maupun keluarga dari istri pertama.

  1. Terima semua keadaan dengan ikhlas.

Apapun yang anda alami dan dapatkan dalam menjalani pernikahan dengan suami orang lain, anda harus bisa menerimanya dengan ikhlas. Dengan bisa ikhlas menerima keadaan maka anda akan lebih mudah untuk bersabar.

  1. Lihatlah ke bawah, kepada orang-orang yang lebih kurang beruntung dari pada anda.

Jika anda merasa terlalu tertekan dengan keadaa rumah tangga, cobalah untuk melihat kehidupan orang lain yang berstatus sama dengan anda. Mungkin ada yang keadaannya lebih sulit dari pada anda saat ini. Dengan melihat semua itu anda akan lebih mudah untuk bersabar.

  1. Jika menerima perlakukan yang kurang mengenakkan, tetap jalani dengan lapang dada.

Salah satunya cara bersikap sabar dalam menjalani status sebagai istri kedua adalah dengan tetap berlapang dada jika anda mengalami hal dan perlakuan yang kurang mengenakkan dari pihak istri pertama.

  1. Jangan terlalu banyak menuntut agar keadaan sesuai dengan keinginan.

Sebagai seorang istri yang rela menjadi madu tentu anda juga mempunyai keinginan dan harapan dalam menjalani rumah tangga dengan suami. Namun jangan biarkan semuanya itu mengendalikan anda sehingga membuat anda sualit untuk bersabar karena adanya dorongan dari dalam diri anda.

  1. Selalu ingat bahwa saat memilih menjadi istri kedua anda sudah siap dengan konsekuensinya.

Memutuskan untuk menjadi istri kedua tentu anda telah mengetahui semua konsekuensi yang akan terjadi kelak. Ketika kesabaran anda merasa teruji, kembali ingat saat-saat dimana anda memutuskan untuk mau menjadi istri kedua.


  1. Jika istri pertama marah anda harus maklum karena ia dalam posisi tersakiti sebagai istri pertama.

Selalu mendapatkan perlakukan yang kurang baik tentu lama-lama juga akan mengganggu kesabaran anda. Namun anda harus segera menyadari dan memaklumi posisi istri pertama karena ia yang tersakiti oleh kehadiran anda.

  1. Jika anda marah dan cemburu dengan istri pertama, rasakan kembali jika anda yang berada diposisi istri pertama.

Disaat suami anda sibuk dengan keluarga dari istri pertama anda harus bisa mengendalikan rasa cemburu dengan cara menghilangkan rasa cemburu yang anda miliki. Rasakan jika anda yang berada diposisi istri pertama, cemburu  yang ia rasakan lebih sakit dari pada anda.

  1. Jangan berbuat seenaknya untuk mendapatkan semua hak yang anda inginkan, karena semuanya butuh proses.

Setelah anda sah menjadi istri kedua baik di depan atau tanpa sepengetahuan istri pertama anda harus bisa tenang dan tidak berbuat seenaknya untuk mendapatkan semua yang anda mau. Ingatlah, semuanya butuh proses dan jalani saja.

  1. Aktif dalam melakukan kegiatan lain agar tidak terlalu fokus dengan masalah rumah tangga.

Masalah yang sering kali di alami oleh istri kedua adalah suami yang jarang pulang dan hanya memiliki sedikit waktu bersama karena suami yang lebih fokus pada istri pertama atau tidak ingin istri pertama mengetahui pernikahan keduanya. Agar tidak terlalu mengganggu pikiran anda sebaiknya lakukan kegiatan-kegiatan lain yang bisa mengalihkan pikiran anda sehingga anda bisa untuk lebih sabar.

  1. Jadilah pribadi yang baik dan terbuka.

Jadilah pribadi yang baik yang bisa menilai semuanya dengan lapang dada dan bersikaplah terbuka dalam segala hal. Dengan demikian akan lebih mudah bagi anda dalam menjalani semuanya dengan ikhlas dan sabar. Maka ketahuilah cara merubah diri menjadi lebih baik.

Demikianlah cara sabar menjadi istri kedua dalam menjalani kehidupan rumah tangga. Ketahui juga cara menghadapi masalah dalam keluarga dengan baik dan bijak.

, ,
Oleh :
Kategori : Pernikahan