10 Ciri Mertua yang Baik pada Menantu

Pernikahan merupakan penyatuan antara dua insan tanpa memandang perbedaan yang ada pada keduanya, namun pada dasarnya sebuah pernikahan tak hanya menyatukan dua cinta saja tapi ini juga merupakan penyatuan dua keluarga yang mungkin saja memiliki perbedaan latar belakang. Dan di balik sebuah pernikahan ada peran penting dari masing-masing pihak yang dinamakan mertua, yang merupakan orang tua dari kedua mempelai, tanpa restu dari mereka sebuah pernikahan tidak akan berjalan dengan baik.

ads

Dan masalah yang sering kita dengar adalah seringnya terjadi konflik dan ketidakcocokan antara seorang istri dan mertuanya, yang sering membuat suasana rumah tangga menjadi keruh dan tak nyaman bahkan karena hal sepele sekalipun. Entah itu berasal dari istri atau malah berasal dari mertuanya sendiri yang bisa menjadi pemicu pertengkaran dalam rumah tangga. Untuk menghindari hal ini terjadi, sebagai sorang istri dan menantu kita harus tahu tips menjaga hubungan dengan mertua. Namun tidak semua mertua pula yang berlaku demikian terhadap menantunya, banyak juga mertua yang baik dan sayang pada menantunya, seperti  ciri-ciri yang dijabarkan dibawah ini.

  1. Tidak mau ikut campur dalam rumah tangga anak menantunya.

Sebagian dari mertua kadang juga sering untuk selalu ingin ikut campur dalam berbagai permasalahan yang sedang terjadi di dalam rumah tangga anaknya. Dan untuk mertua yang baik mereka tidak akan mau ikut campur di setiap masalah yang ada dalam rumah tangga anaknya, bukannya mereka tidak sayang tapi mereka tidak mau membuat keadaan makin runyam dan keruh. Mereka lebih memilih untuk mengawasi dan akan ikut ambil andil jika memang dibutuhkan atau keadaan sudah tak terkendali.

  1. Bisa memberikan solusi terbaik jika terjadi perselisihan dalam rumah tangga.

Mertua yang baik akan bisa memberikan jalan keluar yang terbaik dari setiap permasalahan yang di hadapi anak menantunya. Mereka akan ikut membantu menemukan jalan tengah dan memberikan arahan yang benar dalam menhadapi permasalahan dalam rumah tangga anaknya. Mereka juga akan berusaha untuk menjaga kebaikan dan keutuhan rumah tangga anaknya.

  1. Mau membantu menantunya yang sedang kesusahan.

Ada juga mertua yang siap membantu jika anak menantu mereka sedang ditimpa kesusahan dalam segi apapun tanpa mengharapkan apa-apa selain kebahagian rumah tangga anak mereka. Dan mereka akan ikhlas membantu tanpa menyalahkan menantunya atas segala cobaan yang melanda rumah tangga.

  1. Memperlakukan menantunya seperti anak sendiri.

Seorang mertua yang baik akan menganggap dan memperlakukan menantunya seperti anak sendiri tanpa membedakan perlakuannya. Mereka juga akan memberikan kasih sayang mereka untuk menantunya. Perbuatan yang salah akan ditegur dengan cara yang baik tanpa penyinggung perasaan menantunya.

  1. Tidak cerewet dan selalu mencari kesalahan menantu.

Terkadang ada mertua yang terlalu cerewet dalam mengomentari setiap tingkah laku menantunya, dan selalu ada saja yang akan ia ributkan untuk mencari kesalahan menantunya. Tapi tidak untuk mertua yang baik, mereka tidak akan terlalu mempermasalahkan segala sesuatu yang masih bisa di anggap wajar. Mereka tahu bahwa menantu mereka adalah orang pilihan terbaik dari anaknya sendiri.


  1. Bisa memaafkan kesalahan menantunya.

Seorang menantu pun tidak akan luput dari kesalahan, mungkin karena lupa, tidak sengaja bahkan khilaf sekalipun, sang mertua yang baik akan mau memaafkan kesalahan tersebut. Karena mereka sadar bahwa tidak ada manusia di dunia ini yang sempurna, terlebih jika mereka telah menganggap menantunya anak sendiri.

  1. Tidak ikut dalam mengatur rumah tangga.

Mertua yang baik akan membiarkan anak menantu mereka untuk mengatur dan mengurus segala kebutuhan dan keperluan rumah tangga mereka. Karena mereka sadar bahwa anak dan menantunya telah membangun rumah tangga sendiri dan harus bisa untuk belajar mandiri.

  1. Tidak menuntut banyak hal.

Sang mertua tidak akan menuntut banyak hal dari anak menantunya karena mereka tidak ingin membuat anak menantu mereka merasa terbebani dengan semua keinginan mereka yang belum tentu sanggup dipenuhi oleh anak menantunya. Dan mungkin mereka juga paham dengan situasi dan kondisi rumah tangga anak mereka. 


  1. Tidak membandingkan antara menantu yang satu dengan yang lainnya.

Sang  mertua tidak akan membanding – bandingkan segala kebaikan atau keburukan antara menantu yang satu dengan menantunya yang lain. Mereka akan menganggap semua menantunya itu sama dengan menerima segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki dari masing – masing menantunya.

  1. Berlaku adil terhadap semua menantunya.

Sang mertua akan memperlakukan semua menantunya secara adil tanpa membeda-bedakannya. Mereka akan berusaha untuk menjaga perasaan menantu mereka agar tidak ada yang merasa tersisih.

Jika mertua kita memiliki ciri-ciri yang tersebut di atas maka bersyukurlah karena kita mendapatkan mertua yang baik dan sayang pada kita serta bisa menghargai kita sebagai menantunya. Mereka akan menganggap kita sebagai bagian dari anggota keluarga mereka. Untuk itu hormatlah kepada mereka seperti kita menghormati orang tua kita sendiri dan temukan cara membahagiakan mertua sebagai ungkapan kasih sayang kita karena mereka telah berlaku baik pada kita.

, , ,
Oleh :
Kategori : Pernikahan