6 Akibat Kurang Komunikasi dalam Rumah Tangga

Komunikasi merupakan salah satu bagian penting didalam berlangsungnya kehidupan rumah tangga. Adanya kondisi komunikasi yang lancar, maka akan banyak manfaat yang dapat diperoleh nantinya bagi kehidupa rumah tangga yang dijalani itu sendiri. Sebagai contoh bahwa komunikasi juga berperan dalam salah satu cara menjaga keharmonisan rumah tangga, menurunkan resiko adanya pertengkaran, dan lain sebagainya.

ads

Walaupun sudah menjadi hal umum bahwa komunikasi itu penting didalam suatu rumah tangga, namun pada kenyataannya masih banyak juga yang sering menganggap remeh komunikasi. Padahal, ketika komunikasi tidak lancar atau kurangnya komunikasi didalam rumah tangga dapat menyebabkan munculnya beberapa masalah didalam rumah tangga. Beberapa akibat kurang komunikasi dalam rumah tangga diantaranya seperti:

  • Hilangnya kepercayaan

 Akibat kurang komunikasi yang pertama adalah adanya hilang kepercayaan, baik antara pasangan suami istri maupun antara orang tua dengan anak. Tanpa adanya komunikasi yang lancar maka dapat menyebabkan munculnya pikiran-pikiran negatif terhadap satu sama lain, sehingga kepercayaanpun akan semakin memudar. Sebagai contoh, saat komunikasi terhambat dan tidak ada kabar satu sama lain, maka dapat menyebabkan munculnya pikiran bahwa sudah tidak ada rasa perduli satu sama lain atau pikiran negatif lainnya. Oleh sebab itulah, komunikasi penting adanya agar dapat mencegah hilangnya kepercayaan maupun agar kepercayaan didalam kehidupan rumah tangga dapat selalu terjaga.

  • Timbulnya perasaan tidak nyaman

Ketika rasa kepercayaan dalam rumah tangga mulai memudar, pastinya akan muncul perasaan tidak nyaman pula. Ketika setiap anggota keluarga tidak memiliki komunikasi yang lancar, maka rasa nyaman didalam keluarga mereka pun akan ikut memudar. Perasaan tidak nyaman yang timbul dalam kehidupan rumah tangga nantinya dapat berakibat pula pada keberlangsungan rumah tangga itu sendiri. Mengapa demikian? Karena perasaan nyaman merupakan salah satu kunci setiap individu dalam mempertahankan hubungan, selain rasa kepercayaan satu sama lain. Maka dari itu penting untuk tetap menjaga komunikasi dalam kehidupan rumah tangga.

  • Timbulnya perasaan bosan dengan pasangan

Tidak hanya menimbulkan perasaan tidak nyaman, namun komunikasi yang tidak lancar juga dapat menyebabkan perasaan bosan muncul didalam rumah tangga, terutama bagi pasangan suami istri. Hal ini banyak terjadi saat komunikasi sudah tidak seintim sebelum menjalin rumah tangga, sehingga rasa bosan tidak dapat dihindari lagi. Oleh sebab itu, apabila perasaan bosan dalam kehidupan rumah tangga sudah mulai dirasakan, cobalah untuk merubah cara komunikasi yang dilakukan.

  • Hubungan asmara hancur

Komunikasi juga dapat menjadi suatu ancaman dalam hubungan asmara yang berlangsung didalam kehidupan rumah tangga. Ketika akibat-akibat diatas terjadi karena suatu komunikasi yang tidak lancar atau terhambat, maka akan berdampak buruk terhadap hubungan asmara yang berlangsung. Mengapa demikian? Karena beberapa akibat diatas merupakan bagian penting dalam menjalin hubungan asmara, sebagai contoh seperti kepercayaan dan rasa nyaman, tanpa adanya kedua aspek tersebut maka akan semakin susah suatu hubungan asmara berlangsung. Oleh sebab itu, ketika komunikasi yang tidak lancar berdampak negatif pada kehidupan pasangan, maka hubungan asmara juga tidak dapat dihindari dari akibat negatifnya.

  • Menimbulkan konflik dalam rumah tangga

Selain menghancurkan hubungan asmara, komunikasi yang kurang juga dapat menimbulkan adanya konflik dalam rumah tangga yang disebabkan banyaknya petanyaan-petanyaan didalam pikiran yang tidak tersampaikan, maupun permasalahan yang tidak dibicarakan. Oleh sebab itu, konflik dapat lebih mudah tumbuh saat komunikasi tidak lancar, sehingga cara mengatasi konflik dapat dibantu dengan menjaga komunikasi yang baik.

  • Anak menjadi korban

Akibat kurang komunikasi dalam rumah tangga yang terakhir dalam ulasan kali ini adalah adanya anak sebagai korban. Ketika suatu hubungan dari pasangan suami istri sudah tidak harmonis disebabkan oleh beberapa akibat negatif diatas dari komunikasi yang tidak lancar, maka tidak menutup kemungkinan akan keretakan rumah tangga. Ketika keretakan rumah tangga terjadi maka anak-anak pun kemudian menjadi korban.


Itulah beberapa akibat dari kondisi kurang komunikasi yang memungkinkan terjadi didalam kehidupan rumah tangga. Perlu diperhatikan kembali bahwa komunikasi merupakan suatu aspek yang sangat penting didalam berlangsungnya hubungan, baik dari pasangan suami istri maupun juga bagi orang tua dan anak-anaknya. Oleh sebab itu penting untuk  tetap menjaga kelancaran komunikasi didalam kehidupan rumah tangga, beberapa cara yang dapat dilakukan seperti:

  • Selalu memberi kabar satu sama lain
  • Apabila terdapat hal yang mengganjal maupun perlu untuk ditanyakan maka lebih baik langsung ditanyakan daripada menimbulkan pikiran-pikiran negatif
  • Membicarakan secara baik-baik semua masalah rumah tangga yang sering terjadi maupun keputusan yang menyangkut kehidupan rumah tangga
  • Selalu menjaga komunikasi secara lancar dan mencari cara komunikasi yang sesuai agar tetap nyaman dan tidak membosankan

Beberapa cara diatas dapat anda coba untuk mencegah akibat negatif dari kurang komunikasi yang terjadi didalam kehidupan rumah tangga anda, dna juga cara menghilangkan rasa jenuh dalam rumah tangga. Demikian ulasan terkait akibat kurang komunikasi dalam rumah tangga, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan mengingatkan untuk selalu menjaga komunikasi baik dalam menjalin kehidupan berumah tangga anda.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Suami Istri