13 Masalah Rumah Tangga yang Sering Terjadi dalam Kehidupan

Di dalam sebuah rumah tangga pasti akan ada yang namanya masalah. Masalah yang hadir ke dalam rumah tangga ini tidak akan pandang bulu, semua orang yang menjalani kehidupan rumah tangga pasti akan menemukan permasalahan. Penyebabnya sangatlah banyak dan beragam, ada yang hanya persoalan kecil yang bisa diselesaikan dengan mudah, ada pula masalah yang begitu berat dan runyam sehingga ketabahan seseorang sangat teruji. Cara menghadapi masalah rumah tangga ini juga bergantung pada diri kita sendiri. Berikut masalah-masalah yang sering terjadi dalam rumah tangga yang bisa menjadi penyebab keluarga tidak harmonis.

ads
  1. Finansial.

Masalah ekonomi merupakan faktor utama yang banyak menjadi problema dalam rumah tangga. Permasalahan ini bisa berupa penghasilan suami yang tidak mencukupi atau pasangan suami istri yang tidak pandai dalam mengatur keuangan rumah tangga serta istri yang terlalu boros dalam membelanjakan uang. Cara mengatasi masalah ekonomi dalam keluarga bisa dengan membuat perencaan keuangan dengan pasangan dan gunakan juga tips mengatur keuangan rumah tangga.

  1. Mertua yang terlalu ikut campur.

Masalah kedua yang sering kali terjadi adalah hubungan antara menantu dan mertua yang kurang akur. Banyak juga yang mengeluh karena sikap mertuanya yang selalu ambil andil dalam rumah tangga, mertua yang galak atau mertua yang bersikap tidak adil dan selalu menyalahkan menantunya. Salah satu cara menghadapi mertua yang selalu ikut campur adalah dengan tinggal terpisah dengan mertua.

  1. Perselingkuhan dan kecemburuan.

Perselingkuhan dan cemburu juga merupakan masalah yang sering terjadi dalam berumah tangga. Perselingkuhan bisa dilakoni oleh suami atau pun istri begitu juga dengan kecemburuan terhadap pasangan. Namun yang dominan terjadi adalah suami yang selingkuh dan istri yang cemburuan. Sebaiknya ketahui cara menghindari perselingkuhan dalam rumah tangga sebelum semua itu terjadi.

  1. Kurangnya perhatian kepada keluarga.

Kesibukan dalam bekerja juga bisa menimbulkan masalah dalam rumah tangga karena berimbas pada kurangnya perhatian kepada keluarga. Kurangnya perhatian bisa karena suami dan istri yang sama-sama bekerja sehingga satu sama lain sibuk dengan urusan masing-masing.

  1. Sulit dalam mendapat momongan.

Sulit dalam mendapat anak juga banyak terjadi pada pasangan yang berumah tangga. Bertahun-tahun menikah belum juga mendapat momongan sehingga ada yang berputus asa karenanya. Hal ini juga bisa menjadi penyebab rumah tangga tidak bahagia.

  1. Kurangnya tanggung jawab suami atau istri.

Kurangnya rasa tanggung jawab dari suami atau istri bisa menimbulkan masalah dalam keluarga. Rumah tangga akan menjadi berantakan dan bisa memicu keretakan karena tidak menyadari tanggung jawab masing-masing dalam berumah tangga.

  1. Tidak menghargai pasangan.

Sifat arogan yang dimiliki salah satu pasangan suami istri juga membuat kehidupan rumah tangga menjadi bermasalah dan tidak harmonis. Suami atau istri akan merasa dilecehkan dan direndahkan karena tidak ada rasa menghargai dari pasangan.

  1. Anak yang pembangkang.

Anak yang nakal dan sulit di atur juga kerap menjadi masalah dalam rumah tangga. Cara menghadapi anak nakal juga bergantung pada bagaimana cara kita mendidik dan membuatnya mau patuh kepada orang tua, ketahui juga tips menghadapi anak nakal.


  1. Hubungan ranjang yang dingin.

Hubungan ranjang yang dingin akan memicu munculnya masalah perselingkuhan dalam rumah tangga. Jika salah satu pasangan selalu bersikap dingin maka yang satunya lagi bisa mencari kepuasan di luar rumah.

  1. Terlalu sibuk dengan urusan masing-masing.

Suami sibuk bekerja dan istri sibuk dengan urusan diluar rumah bersama teman-temannya dan anak juga sibuk dengan pergaulannya sendiri juga termasuk dalam masalah rumah tangga karena akan menimbulkan rasa tidak peduli dengan keluarga.

  1. Kurangnya kesadaran akan peran masing-masing dalam rumah tangga.

Di dalam keluarga sudah ada peranan dari masing-masing anggotanya. Namun suami dan istri memiliki peranan sangat penting dalam mendidk anak-anak. Jika orang tua tidak menyadari peranannya ini maka keluarga akan menjadi berantakan dan tidak terurus.

  1. Perbedaan pendapat.

Perbedaan pendapat dan keinginan antara suami dan istri paling sering terjadi karena keduanya yang sama-sama tidak mau mengalah sehingga sulit untuk mendapatkan jalan keluar dari sebuah persoalan.

  1. Ego yang sama-sama tinggi antara suami dan istri.

Hal ini biasanya sering terjadi pasangan suami istri yang baru menikah karena masih dalam tahap penyesuaian antara yang satu dengan yang lainnya. Namun masalah ego ini biasanya akan bisa dikendalikan seiring berjalannya waktu. Dan biasanya makian lama menjalani rumah tangga maka keegoisan pun juga akan berkurang.

Itulah permasalahan dalam rumah tangga yang sering kali muncul dan akan dengan mudah bisa kita temukan dalam lingkungan sekitar kita atau malah kita sendiri yang pernah mengalaminya. Selain permasalahan diatas ketahui juga penyebab retaknya rumah tangga dan tips menjaga keharmonisan rumah tangga.

, ,
Oleh :
Kategori : Keluarga