10 Penyebab Istri Selingkuh dari Suami

Kepercayaan merupakan kunci utama dalam suatu hubungan antara pria dan wanita apalagi yang terikat dengan pernikahan. Tanpa adanya rasa saling mempercayai maka bisa terjadi banyak kerumitan dalam menjalani rumah tangga. Ketika salah satu pihak mulai berbuat tidak jujur maka itulah awal dari keretakkan suatu rumah tangga yang sedang dibangun bersama. Membangun rumah tangga ibarat kata seperti berlayar di sebuah kapal di tengah lautan. Apabila tidak terjalin kerjasama yang baik maka bisa – bisa kapal yang kita naik jatuh dan karam di tengah lautan. Seperti kapal yang karam itulah, sebuah rumah tangga yang telah diliputi kebohongan yang dilakukan suami maupun istri.

ads

Ramainya kasus perselingkuhan

Banyak kasus kebohongan yang bisa saja terjadi dalam suatu hubungan, salah satunya ialah perselingkuhan. Banyak orang yang meyakini bahwa pria atau suami merupakan pihak yang perlu disalahkan karena doyan selingkuh. Namun faktanya banyak wanita atau istri yang juga selingkuh. Bahkan menurut sebuah penelitian di Inggris, ditemukan banyak wanita atau istri yang masuk ke dalam situs kencan untuk mencari para pria yang mampu memenuhi hasrat seksualnya karena tidak terpuaskan jika berhubungan dengan suaminya. Ya, para wanita pada masa sekarang sudah tidak lagi malu – malu untuk melakukan perselingkuhan, bahkan ada sebuah kasus dimana suami menemukan istrinya menjadi pekerja seks komersial via online karena ia menganggap suaminya tidak dapat memenuhi hasrat seksualnya yang tinggi.

Dengan semakin canggih teknologi dan semakin maraknya media sosial membuat para wanita dan istri semakin berani menjalin hubungan terlarang dengan orang lain. Terlebih jika para wanita dan istri tersebut kekurangan perhatian, tentu akan meningkatkan resiko terjadinya perselingkuhan dan penyelewengan. Maka dari itu para pria dan suami diharapkan waspada dan perhatikanlah pasangan anda, agar mereka tidak mudah terjerat hubungan perselingkuhan. Namun apa sebenarnya faktor yang menyebabkan para wanita atau istri melakukan perselingkuhan? Berikut akan dibahas mengenai perselingkuhan yang dilakukan oleh para istri.

Pengertian selingkuh

Selingkuh dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai perbuatan yang suka menyembunyikan sesuatu untuk kepentingan sendiri, tidak berterus terang, tidak jujur, curang, serong, suka menggelapkan uang, bahkan diartikan korup. Menurut Hamidulloh Iba, penulis buku Stop Pacaran, Ayo Nikah, mengatakan bahwa selingkuh itu ibarat menyembunyikan sesuatu yang pasti itu tidak baik dalam kehidupan rumah tangga. Biasanya, faktor karena broken home, ketidakpuasan salah satu pihak baik dalam hal jasmani maupun rohani, serta adanya pengganggu atau orang ketiga dalam suatu rumah tangga. Sedangkan dalam sudut pandang agama, selingkuh merupakan hal yang dilarang karena selingkuh menjurus kepada zina. Jadi selingkuh merupakan sebuah perbuatan yang melenceng dan harus dihindari. Menurut Vaughan perselingkuhan merupakan keterlibatan seksual seseorang dengan orang lain yang bukan merupakan pasangan resminya. (baca : dampak broken home terhadap anak )

Berikut adalah beberapa penyebab istri selingkuh :

  1. Balas dendam

Ada yang mengatakan bahwa jangan sekali-kali menyakiti wanita karena sekali tersakit kau akan menanggung akibatnya hingga mati. Rupanya perkataan tersebut mengacu pada sifat para wanita yang suka memendam dan membalas perbuatan setiap orang yang telah menyakitinya. Ya wanita lebih suka memendam perasaannya, ketika ia sedang kecewa ataupun marah. Begitu pula para pasangan wanita ketika tahu pasangan prianya telah melakukan perselingkuhan. Ia pasti akan memendam sebuah perasaan sakit, kecewa dan benci.

Ada yang memendamnya dan mereda ketika pasangan prianya minta maaf, namun ada juga yang memendamnya dan menjadikannya sebuah dendam. Jadi jangan salahkan bila anda yang telah melakukan perselingkuhan, suatu saat menangkap basah istri anda telah selingkuh. Mungkin alasan utama mereka adalah ingin membalas dendam kepada anda. Karena perbuatan dibalas dengan perbuatan begitulah pemikiran mereka.

2. Langkah penyelamatan sebelum hubungan berakhir

Biasanya para pria atau suami akan mencari pengganti para wanita atau istri jika mulai sadar bahwa hubungan akan berakhir. Hal seperti itu ternyata juga terjadi pada wanita atau para istri. Mereka mencari pria lain yang akan menggantikan posisi pasangannya jika sadar suatu hubungan tersebut tidak lagi dapat diselamatkan. Bahkan mereka mencari pasangan ketika hubungan tersebut masih terjalin dan belum benar – benar berakhir (selingkuh). Ini merupakan langkah penyelamatan yang mereka lakukan agar ketika suami atau pria pasangan mereka benar – benar menginggalkan mereka, mereka sudah mempunyai pengganti dan tidak perlu berlarut dalam kesedihan.

3. Mencari yang terbaik

 Jangan kira hanya para pria yang bisa bertindak playboy atau suka memainkan perasaan wanita. Para wanita pun bisa melakukannya. Bahkan para wanita idaman ada yang sengaja melakukan perselingkuhan untuk mencari pasangan yang terbaik. Ketika terjadi ikatan pernikahan pun hal ini tidak menutup kemungkinan wanita untuk tetap mencari yang terbaik. Maka dari itu saran bagi para pria dan suami, perlakukanlah istri anda dengan baik dan jadilah yang terbaik baginya.

Dengan begitu anda bisa menghindari istri anda dari perselingkuhan dan juga menjaga keharmonisan rumah tangga anda. Selain itu bagi para istri,cobalah untuk mensyukuri hidup dan pilihan anda sekarang. Jika anda terus berusaha mencari yang terbaik, hingga kapan pun anda tidak akan menemukan yang terbaik karena perasaan anda tidak akan pernah terpuaskan. (baca : cara mencegah selingkuh dan cerai)

4. Kebosanan bisa menimpa pada setiap manusia

 Tidak pria maupun wanita dan juga tidak memandang golongan. Semua ini kehidupan bisa ditimpa oleh rasa kebosanan, tak terkecuali hubungan rumah tangga. Terkadang para istri merasakan kebosanan dalam menjalin hubungan dengan suami dan hidup rumah tangganya. Tak sedikit pula yang berusaha menghilangkan perasaan tersebut dan berusa mencari kesenangan lain, termasuk dengan mencoba menjalin hubungan dengan orang lain. Teknologi yang semakin maju mendukung para istri untuk menjalin hubunga gelap melalui media sosial.

Hal ini tentu akan menjadi penyebab tingginya jumlah perselingkuhan dalam suatu hubungan rumah tangga. Oleh karena itu buatlah hubungan yang tidak monoton dengan istri anda. Dan bagi para istri lebih banyak mensyukuri dan terima suami anda. Janganlah berharap mendapat sesuatu tapi berikanlah sesuatu untuk suami anda dengan cara menjaga rumah tangga yang baik. Dengan demikian anda akan lebih bergairah untuk menjalani rumah tangga dan suatu hubungan antara suami dan istri.

5. Adanya jarak dengan suami

 Dalam hubungan rumah tangga komunikasi dan kepercayaan adalah hal penting yang patut dijaga. Dengan hilangnya komunkasi maka kedekatan pun akan merenggang. Kerenggangan inilah yang menyebabkan berbagai kemungkinan perpecahan rumah tangga bisa masuk termasuk selingkuh. Para istri yang mengalami hubungan yang kaku dan berjarak dengan suami akan mengalami kebingungan dalam menumpahkan perasaannya.

Maka ia pun berusaha mencari alternatif dengan mencari pengganti suami. Dalam hal ini selingkuh ringan bisa menjadi jalan yang dipilih oleh para istri yang bingung tersebut. Karena itu jagalah komunikasi dengan istri anda. Bangunlah suasanan rumah tangga yang cair dan menyenangkan agar istri anda nyaman dan tidak ingin mencari pengganti anda dan sebagai istri harus memiliki Cara Menjaga Hubungan Jarak Jauh Dengan Suami agar rumah tangga tetap harmonis .


6. Merasa tak dihargai

Perasaan adalah hal yang paling menonjol dari para wanita. Oleh karena itu banyak wanita dan istri yang bertindak gegabah karena suka mengandalkan perasaan merekan yang berlebih. Rasa curiga, sakit hati, dan harga diri tinggi juga mampu mendominasi perasaan yang dimiliki wanita. Oleh karena itu terkadang suami harus bersikap hati – hati terhadap istri. Bisa jadi istri merasa tak dihargai dan membalas dengan cara berselingkuh. Itulah mengapa suami diharapkan dapat menghargai istri agar hubungan yang terjalin menjadi baik. (baca : tips menjaga keharmonisan rumah tangga)

7. Wanita memang memiliki perasaan yang lebih dominan

Oleh karena itu ketika mereka marah, banyak hal yang bisa mereka lakukan sebagai bentuk pelampiasan dan upaya balas dendam. Terkadang para istri yang gelap mata akan melakukan perselingkuhan demi membalas sang suami. Untuk itu jika istri marah, maka segera selesaikan permasalahan dan jangan dibiarkan berlarut. Jika tidak maka bisa jadi istri anda akan berselingkuh dengan orang lain.

8. Kurang sex

Setiap orang membutuhkan seks dan juga pemuasannya. Ketika suatu hubungan suami istri tidak terjalin dengan baik, maka pemenuhan kebutuhan akan seks pun akan menjadi kurang baik. para istri pun akan menuntut tentang hal itu. Maka selingkuh bisa jadi jalan yang mereka pilih dalam pemenuhan akan kebutuhan seks tersebut.

9. Terkadang istri suka mencoba-coba hal baru

Terlebih istri-istri yang relatif masih memiliki umur yang terbilang muda. Mereka pasti akan suka mencoba – coba hal baru. Disinilah biasanya rasa ingin selingkuh bisa masuk, ditambah lagi jika ada faktor dari luar yang bisa mempengaruhi istri semisal ajakan dari teman pria yang tampan atau tajir. (baca : tips menjadi istri yang baik dan disayang suami)

10. Kebutuhan akan ekonomi

Bisa menjadi alasan yang cukup kuat untuk terjadinya perselingkuhan. Banyak wanita yang memilih selingkuh dengan pria kaya karena kekurangan dalam bidang ekonomi.

Faktor Penyebab Perselingkuhan

Hal ini mengindikasikan bahwa perselingkuhan bisa dilakukan siapa saja, baik pasangan pria maupun wanita. Selingkuh juga tidak mengenal golongan, karena menurut data yang diperoleh, ditemukan bahwa perselingkuhan terjadi hampir di semua kalangan. Hal ini bisa terjadi karena perselinguhan bisa dipengaruhi oleh banyak faktor. Selingkuh dibagi dua menurut perbuatannya, yaitu :

  1. Selingkuh ringan

 Selingkuh ringan merupakan perbuatan mendekati arah perzinaan seorang pasangan yang orang yang bukan merupakan pasangannya. Jadi perbuatan ini dilakukan hanya bermesreaan tanpa adanya perbuatan yang mengarah ke arah seksual. Perbuatan yang didefinisikan sebagai selingkuh ringan antara lain : saling bertukar pesan yang mesra, melakukan chatting mesra, saling telpon mengucapkan kata – kata yang mesra, bertemu atau berduaan dengan orang yang bukan pasangannya tanpa ijin pasangan resmi kita, dan juga merayu orang yang bukan merupakan pasangan kita.

Perselingkuhan yang seperti ini cenderung cepat diselesaikan karena tidak adanya perbuatan fisik secara langsung yang dilakukan oleh pasangan. Biasanya pasangan yang melakukan selingkuh model seperti ini beralasan kesepian atau kurang perhatian. Maka dari itu sering – seringlah anda mengawasi pasangan anda dan juga beri perhatian agar pasangan tidak mencari perhatian pada orang lain. Komunikasi yang baik serta rasa percaya merupakan kunci untuk menghindari terjadinya perselingkuhan semacam ini.


2. Selingkuh berat

Merupakan sebuah perbuatan selingkuh yang tidak lagi hanya bertukar pesan atau pun rayuan namun juga sudah terjadi hubungan secara seksual. Selingkuh seperti ini selalu berakibat fatal. Banyak pasangan yang akan meminta pisah dan cerai ketika menemukan pasangannya selingkuh, karena hal ini bukanlah perkara kecil lagi. Setiap orang pasti tidak ingin diduakan karena itulah selingkuh pada tingkat ini selalu berakibat fatal bahkan bisa terjadi tindak kekerasan dan pembunuhan. Banyak kasus pembunuhan dan kekerasan yang tejadi karena alasan perslingkuhan. Jadi lebih baik anda hindari perselingkuhan karena hanya membawa dampak buruk.

Selain itu dalam sudut pandang agama perselingkuhan bisa dikategorikan sebagai zina dan akan mendapat balasan baik di dunia maupun di akhirat kelak. Selingkuh berat bisa terjadi karena adanya ketidak puasan secara lahiriah pada pasangan. Atau mungkin itu merupakan sifat asli pasangan yang suka berfantasi melakukan hubungan secara seksual dengan orang lain. Langkah yang bisa diambil untuk menghindari perselingkuhan seperti ini ialah dengan memuaskan pasangan anda secara seksual. Selain itu banyak bersyukur juga bisa menjadi cara mencegah hati kita agar terhindar dari perselingkuhan. Berpikir panjanglah sebelum anda melakukan perselingkuhan karena selingkuh merupakan gerbang awal menuju kehancuran rumah tangga dan hubungan sosial. Jadi lebih baik anda menghindari perselingkuhan daripada mencoba – cobanya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 12th, May 2016 / 09:36 Oleh :
Kategori : Suami Istri