Inilah 7 Akibat Tidak Menjaga Lisan dengan Baik

Tiada hari yang kita lewati tanpa sepatah kata pun. Berbicara merupakan cara berkomunikasi dan berinteraksi bagi semua orang dalam kehidupan. Namun, lisan kita tidak hanya jadi sebatas cara untuk berkomunikasi dengan orang lain. Cara kita bertutur kata juga mencerminkan pribadi kita yang sesungguhnya. Lewat lisan kita juga bisa menilai seseorang, apakah ia orang yang baik, sopan, ramah atau tipe orang yang galak dan pemarah. Lewat lisan kita juga bisa menilai apakah seseorang termasuk ciri-ciri orang baik hati atau tidak.

Lain dari itu, lisan juga bisa menjadi senjata yang bisa menyakitkan hati orang lain. Lisan bisa membuat orang marah, sedih dan kecewa bahkan lisan juga bisa menimbulkan permusuhan, pertengkaran, perselisihan dan yang lebih menyedihkan lisan bisa menyebabkan seseorang tega untuk menghilangkan nyawa seseorang. Meski tidak berwujud, namun lisan berdampak sangat besar dalam mempengaruhi kehidupan banyak orang. Alangkah baiknya jika kita mengetahui lebih banyak mengenai akibat tidak menjaga lisan kita.

1. Dapat Menggugurkan Amal Kebaikan

Salah satu tujuan manusia hidup di dunia adalah untuk mencari amal kebaikan agar nantinya bisa hidup bahagia di surga. Sayangnya, salah satu akibat tidak menjaga lisan kepada sesama adalah gugurnya segala amal kebaikan yang telah di dapatkan dengan susah payah. Sia-sialah orang yang setiap harinya beribadah dan menunaikan banyak amalan namun semua terhapuskan karena tidak mampu menjaga lisan.

2. Mendapat Dosa dan Balasan Api Neraka

Umat Islam pasti tahu dengan kebenaran tentang api neraka sebagai balasan bagi orang-orang yang ingkar kepada Allah SWT dan tidak menjalankan perintah-Nya. Orang yang tidak menjaga lisannya dengan baik, maka akibat tidak menjaga lisan yang ia dapat ialah dosa dan api neraka di akhirat nanti sebagai balasannya. Disini bisa dilihat betapa pentingnya bagi seseorang untuk menjaga lisan agar tidak menyakiti orang lain.

3. Bisa Memicu Fitnah

Selanjutnya akibat tidak menjaga lisan adalah bisa memicu timbulnya fitnah. Lisan yang suka membicarakan aib dan keburukan orang lain bisa beralih menjadi fitnah jika tersebar dari mulut ke mulut dan tidak berasal dari sumber yang valid.

Bahkan sesungguhnya meski berasal dari sumber yang dipercaya atau bahkan mendengar langsung tentang keburukan orang lain, tidak sepantasnya kita menyebarkannya. Dari lisan kita, berita yang tersebar bisa jadi tak lagi orisinil karena ada yang melebihkan dan menguranginya sehingga terjadilah fitnah.

4. Jadi Penyebab Pertengkaran

Hal yang sudah sering terjadi dari akibat tidak menjaga lisan adalah timbulnya pertengkaran. Lisan bisa mengundang perselisihan pada banyak orang. Banyak pula berbagai pertengkaran terjadi berawal dari lisan yang tidak terjaga sehingga membuat orang lain marah ataupun sakit hati. Seperti melontarkan ucapan yang menyakitkan hati.

5. Bisa Membahayakan Diri Sendiri

Kenapa lisan bisa membahayakan diri sendiri? Lisan yang tidak dijaga bisa saja membuat orang lain sakit hati, tersinggung, marah, atau sedih. Bagi sebagian orang, ada yang bisa memaafkan atau bahkan memahami jika lisan terdengar kasar dan menyinggung tanpa disengaja.

Namun bagi sebagian orang lagi, lisan bisa membuat mereka khilaf, mendendam tanpa mau memaafkan karena sudah terlanjur sakit hati. Tentu saja hal ini bisa membahayakan diri sendiri, jika seseorang yang sakit hati dan terluka karena lisan kita, bisa saja ia berbuat nekat untuk melampiaskan rasa sakit hatinya.

6. Tidak Disenangi Orang Lain

Satu lagi akibat tidak menjaga lisan dalam kehidupan adalah membuat diri kita sendiri dijauhi oleh orang lain. Lisan yang keluarnya tidak dijaga, bisa saja membuat banyak orang tersinggung sehingga malas dekat dengan kita. Seperti berbicara yang suka menyindir orang lain atau lisan yang terdengar kasar. Contohnya bisa dilihat pada ciri-ciri pria kasar yang bicaranya sesuka hati tanpa memikirkan perasaan orang lain. Salah satu cara agar teman menyukai kita adalah dengan menjaga lisan.

7. Mengundang Banyak Musuh

Terakhir, akibat tidak menjaga lisan juga bisa mengundang banyak musuh dalam kehidupan. Lewat lisan seorang teman bisa berubah menjadi musuh, karena lisan, orang lain bisa jadi terluka dan akhirnya berbalik marah kepada kita, karena lisan pula, orang-orang disekitar kita bisa menjadi musuh jika keluarnya selalu membuat orang sakit hati.

Itulah 7 akibat tidak menjaga lisan yang tidak dijaga dengan baik. Tak jarang lisan juga jadi penyebab suami istri sering bertengkar dan penyebab pacar marah tanpa sebab. Namun jangan hanya menjaga lisan hingga terdengar manis namun tidak demikian di hati dan perbuatan layaknya seorang yang munafik karena bahaya menjadi orang munafik itu sangatlah buruk.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan