5 Manfaat Wudhu Bagi Psikologis dan Kesehatan

Umat Islam pasti sangat mengenal apa itu wudhu, yang merupakan salah satu bagian dari ibadah yang paling penting. Wudhu yang merupakan cara mensucikan diri sebelum menjalankan kewajiban kepada-Nya juga menjadi syarat sah atau tidaknya ibadah shalat seseorang. Wudhu dilaksanakan dengan membasuh beberapa anggota tubuh dengan air, juga ada niat yang harus dibaca saat memulainya.

ads

Ternyata tidak hanya sebagai cara untuk membersihkan diri, wudhu juga memiliki manfaat psikologis lho. Tentu saja semua ini diketahui dalam bidang medis setelah dilakukan beberapa penelitian. Mau tahu apa saja manfaat wudhu bagi psikologis yang luar biasa ini? Yuk simak!

1. Menghilangkan Rasa Cemas

Manfaat wudhu bagi psikologis yang pertama adalah dapat menghilangkan rasa cemas dalam diri seseorang. Hal ini terjadi dikarenakan saat membasuh tangan hingga siku, disana terdapat titik-titik untuk akupuntur yang mampu menyembuhkan beberapa penyakit, termasuk kecemasan. Selain itu, ujung jari yang dialiri air juga akan membuat energi buruk keluar dari dalam tubuh seseorang. Jadi, salah satu cara menenangkan diri saat panik bisa dengan berwudhu lebih dulu.

2. Menenangkan Jiwa

Selanjutnya, manfaat wudhu bagi psikologis adalah mampu membuat jiwa seseorang menjadi tenang. Saat berwudhu, air yang membasuh otot-otot wajah akan memberikan kesegaran sekaligus menguatkan otot-otot wajah yang turut menenangkan jiwa. Ada baiknya kenali lebih lanjut ciri-ciri depresi ringan yang terjadi pada seseorang atau malah diri kita sendiri.

3. Mengurangi Depresi pada Wajah

Wajah juga bisa terkena depresi, nah salah satu untuk menghilangkan depresi pada wajah tersebut adalah dengan air wudhu. Dengan berwudhu, tidak hanya depresi yang berkurang, namun juga dapat membantu proses peremajaan pada kulit wajah, kulit wajah jadi lebih mudah bernapas dan juga terlindungi dari masalah yang biasa menyerang wajah seperti jerawat dan komedo.

4. Pikiran Jadi Jernih

Percaya atau tidak, air wudhu yang membasuh sebagian kepada dapat membuat otak dan pikiran kita jadi lebih jernih. Tidak hanya itu ssaja, namun juga akan mempertajam daya ingat seseorang dan jauh dari penyakit pikun. Hal ini karena saat membasuh kepala dengan air ada beberapa titik yang berhubungan langsung dengan syaraf di otak. Itulah mengapa manfaat wudhu bagi psikologis seseorang bisa membuat pikirannya menjadi jernih.

5. Memberikan Perasaan Tenang dan Nyaman

Selesai berwudhu, seseorang akan merasa lebih nyaman dan tenang. Dikarenakan saat berwudhu dan membasuh bagian kaki dan melakukan sedikit pijatan saat membersihkannya membuat aliran pembuluh darah pada area tersebut aktif kembali. Itulah mengapa seseorang yang berada dalam kondisi marah dan emosi yang buruk dianjurkan untuk berwudhu agar emosi bisa reda dan lebih tenang. Sementara itu simak pula
penyebab orang sering marah dan penyebab marah menurut islam, ya!

Itu adalah 5 manfaat wudhu bagi psikologis seseorang. Masih ada manfaat wudhu untuk kesehatan yang tak kalah menarik untuk disimak, beberapa diantaranya,

Mencegah Sakit Gusi dan Gigi

Berkumur saat berwudhu akan membantu menghilangkan kuman dan bakteri yang bersarang di mulut. Sisa makanan dan kotoran yang tertinggal akan dibersihkan oleh air saat berkumur sehingga membuat mulut lebih bersih dan sehat. Tentunya hal ini dapat mencegah masalah penyakit pada mulut.


Mengurangi Sakit Kepala

Panas sinar matahari ditambah dengan tekanan psikologis yang bisa menimpa seseorang dapat jadi pemicu munculnya sakit kepala. Namun air wudhu yang membasuh sebagian kepala akan memberikan efek segar pada otak. Nah, hal ini ternyata dapat mengurangi sakit kepala yang dipicu oleh stress lho!

Mencegah Penyakit Kulit

Berwudhu sama dengan membersihkan permukaan kulit dari segala kotoran dan kuman yang menempel. Berwudhu 5 kali sehari akan membuat kulit jadi bersih, sehat dan lebih mudah bernapas karena minyak dan kotoran jadi terangkat. Kulit yang sehat dan bebas kotoran akan terhindar dari berbagai penyakit kulit seperti jamur, panu, kadas, kurap dan berbagai penyakit kulit lainnya.

Mencerahkan Penglihatan

Saat berwudhu dan membasuh muka, area mata akan ikut terbasuh dan terkena air wudhu. Ternyata ini juga bagus untuk kesehatan mata karena memberikan sensasi relaks dan segar sehingga penglihatan bisa jadi lebih cerah kembali setelah sebelumnya ikut lelah karena aktivitas.

Itulah beberapa manfaat wudhu bagi psikologis dan kesehatan seseorang. Jadi mulai sekarang jangan anggap wudhu hanya sebagai cara untuk mensucikan diri, namun juga membuat tubuh jadi lebih sehat. Wudhu juga dapat menjadi cara menenangkan hati dan pikiran saat sedang kalut dan gelisah. Hal ini tak jarang hal ini jadi penyebab seseorang menjadi temperamental dan juga penyebab bad mood.

, ,
Oleh :
Kategori : Kehidupan